Clinical Talks: Interaksi Obat ARV dan NAPZA

Clinical Talks Clinical Talks are a series of half-day events for doctors and other healthcare professionals at Angsamerah. Each clinical talk is about a different topic related to SEX, HIV, and Drugs, presented and facilitated by an expert in the respective field. This Clinical Talk session features dr. Ayie Sri Kartika, who is an Indonesian [...] Read More

Clinical Talks: TB & HIV

Clinical talks are a series of half-day events for doctors and other healthcare professionals at Angsamerah. Each clinical talk is about a different topic related to SEX, HIV, and Drugs, presented and facilitated by an expert in the respective field. This time, we have the honor to announce dr. Adria Rusli, an experienced pulmonologist and [...] Read More

Menggenggam angin

Aku terjaga. Jarum jam di dinding kamar masih menunjukkan pukul 02.00. Badanku terasa sakit semua. Di luar rumah sesekali terdengar suara jangkrik mengusir heningnya malam. Deru kendaraan bermotor sudah tak terdengar lagi. Orang-orang mungkin lebih nyaman melewatkan malam yang dingin di tempat tidur dengan mimpi masing-masing. Sudah hampir tiga bulan diriku terbaring lemah di kamar […]

Read More

Angsamerah dan Tanggal 15

Angsamerah tutup di hari kerja? Dan kenapa di setiap tanggal 15? Adakah makna tersendiri? Dimulai sejak tanggal 15 Juli 2016, Tim Angsamerah telah sepakat untuk menjadikannya hari bagi tim Angsamerah keluar dari rutinitas. Apakah itu artinya Tim Angsamerah meliburkan diri dari memberikan layanan (kesehatan) kepada masyarakat dan para Sahabat Angsamerah? Tentu tidak. Setiap tanggal 15 […]

Read More
Angsamerah Articles Anal Pap

Anal Pap

Anal Pap dapat disamakan dengan Pap smear serviks pada wanita. Tujuannya adalah mencari perubahan sel yang menjadi pertanda awal terjadinya kanker anal. Kanker anal diasosiasikan dengan human papillomavirus (HPV) tipe 16 dan 18, yang juga termasuk dalam penyebab kanker serviks. Dahulu kanker anal merupakan penyakit langka yang menyerang wanita manula. Tetapi saat ini, angka kejadian […]

Read More

Anda Dokter dan Ingin Punya Klinik / Praktek Pribadi Yang Sukses? (bagian 2)

Anda ingin tahu apa saja yang dibutuhkan untuk dapat memiliki klinik atau praktik pribadi yang sukses?   Berikut 4 langkah sederhana yang dapat menuntun Anda untuk memulai. Persyaratan umum mempunyai klinik/praktik pribadi yang sukses pada dasarnya sama seperti kebanyakan bentuk usaha lainnya. Berikut langkah sederhana yang bisa Anda gunakan untuk memulai merajut mimpi Anda dan […]

Read More

Anda Dokter dan Ingin Punya Klinik / Praktek Pribadi Yang Sukses? (bagian 1)

Sebagai dokter, siapa yang tidak pernah membayangkan punya tempat praktik pribadi? Eits, jangan hanya dibayangkan, tapi mari kita wujudkan. Bila Anda seorang dokter dan benar-benar ingin memiliki tempat praktik pribadi, maka saya mencoba berbagi tips dan trik untuk mulai membangun impian Anda dengan mudah. Tips praktis ini merujuk dari pengalaman kerja saya selama 25 tahun […]

Read More

Kunci Miliki Klinik Sukses

English Version Memiliki Klinik Mandiri yang Sukses ! Social Entrepreneurship dan Layanan Kesehatan Dapatkan perangkat keahlian yang mengoptimalkan kemampuan Anda bekerja lebih baik dalam menjadikan klinik yang berkualitas, ramah dengan  pertumbuhan yang sehat. Dalam lokakarya ini Anda akan terlibat dalam praktek langsung mentransformasikan pengetahuan strategi bisnis dalam mewujudkan mimpi Anda memiliki klinik mandiri yang sukses. [...] Read More

HIV Therapy: Managing Treatment Failure

Clinical talks are a series of half-day events for doctors and other healthcare professionals at Angsamerah. Each clinical talk is about a different topic related to SEX, HIV, and Drugs, presented and facilitated by an expert in the respective field. This time, we are happy to announce that a special guest, Dr. Dariusz Olszyna from the National University [...] Read More

Apa sich yang dimaksud dengan adiksi?

Memahami adiksi Belakangan ini kata kecanduan atau adiksi semakin popular. Ada yang dibilang sebagai drug addict, game addict, internet addict, bahkan sampai shopping addict. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kecanduan? Secara umum, orang mengenal istilah kecanduan bila seseorang memiliki kegilaan yang tidak dapat ditoleransi terhadap suatu hal/benda. Misalnya, anak laki-laki yang kerajingan main game di […]

Read More
Angsamerah Articles Mioma Uteri

Mioma – Benjolan rahim, atau hamil, atau kedua-duanya?

Benjolan di rahim Tumor jinak yang paling sering ditemui di rahim adalah myoma uteri (uterine fibroids atau leiomyoma). Myoma tumbuh dari bagian rahim yang disebut myometrium (lapisan otot polos rahim). Sebanyak 20-40% wanita di usia produktif memiliki myoma di rahimnya. Mereka yang memiliki riwayat myoma di keluarga biasanya lebih berisiko untuk juga memiliki myoma. Wanita […]

Read More
Angsamerah Articles Penyakit Pasca Lebaran

Penyakit Pasca Lebaran

Kalau selama bulan puasa kunjungan ke dokter dirasa kurang greget, nah berbeda nih dengan hari-hari setelah lebaran. Hari-hari pertama setelah lebaran, meski sudah sering terjadi di waktu yang lampau, kita akan menyaksikan apa yang disebut sebagai “Penyakit Pasca Lebaran”. Penyakit pasca lebaran merupakan suatu kumpulan dari berbagai penyakit yang terjadi selama dan sesudah merayakan lebaran. […]

Read More

Eid Mubarak Greetings

May this special day brings peace, happiness and prosperity to everyone. Eid Mubarak! During Eid Holiday our clinics are closed; Angsamerah Clinic24 June 2017 - 26 June 2017 Jalan Johar 6A Kebon Sirih, Menteng Jakarta Pusat 10340 +62 21 316 0251 +62 856 8445 709 (SMS/WA/Line) Klinik Yayasan Angsamerah23 June 2017 - 02 July 2017 Jl. [...] Read More
Angsamerah Articles Pap Smear

Pap Smear

Tes Pap adalah cara untuk melihat ada tidaknya perubahan yang terjadi di serviks (mulut rahim). Bila tidak cepat diatasi, perubahan ini bisa mengarah ke kanker. Jika dilakukan teratur, perubahan pada serviks bisa diketahui dan ditangani lebih dini. Setiap wanita berapapun umurnya, yang sudah pernah melakukan hubungan seks. Sebaiknya melakukan tes Pap secara teratur sejak 2 […]

Read More
Angsamerah Articles Parenting Sex

Parenting Sex

Pendidikan seks adalah pendidikan mengenai anatomi organ tubuh yang dilanjutkan dengan pengetahuan reproduksi seksual. Dengan mengajarkan pendidikan seks pada anak, dapat menghindarkan anak dari resiko negatif perilaku seksual. Melalui pendidikan seks oleh orangtua, anak akan belajar mengenai seksualitas dan akibat bila seks dilakukan tanpa mempertimbangkan secara sehat aturan hukum, agama, dan adat istiadat, serta kesiapan […]

Read More
Angsamerah Articles Perawatan Miss V

Perawatan Miss V

Di tulisan kali ini kita akan bahas tentang cara menjaga kebersihan si dia yang tersembunyi, yep, nggak lain dan nggak bukan kebersihan dari alat kelamin. Tinggal di Indonesia, negara tropis yang panas setiap saat plus kondisi udara yang lembab, belum lagi ketambahan aktifitas yang segudang bikin sibuk seharian; berkeringat dan nggak sempat bersih-bersih; bisa menimbulkan […]

Read More
Angsamerah Articles Kanker serviks

Kanker serviks

Kanker serviks merupakan kanker peringkat pertama di Indonesia dan peringkat kedua di dunia yang diderita oleh wanita. Di seluruh dunia setiap dua menit atau setiap satu jam di Indonesia seorang perempuan meninggal akibat kanker serviks. Sangat penting bagi perempuan untuk mengetahui dengan baik apa itu kanker serviks, sehingga dapat mengambil langkah pencegahan yang tepat. Serviks […]

Read More
Klinik Yayasan Angsamerah Walkway

Why You LIKE & SHARE about Angsamerah ?

ENGLISH VERSION Rangkaian kalimat di bawah ini adalah penjelasan-penjelasan yang mungkin dapat membantu Anda memutuskan untuk LIKE & SHARE tentang Angsamerah. BERMANDIRI, BERKUALITAS, DAN BERMANFAAT adalah etos kerja Angsamerah, yang kami terjemahkan dan buktikan lewat dua model klinik Angsamerah yang sudah beroperasi dan terus bertumbuh. Dua Klinik Angsamerah adalah contoh nyata penerapan konsep Strategi Sosial […]

Read More

Tips mual disaat hamil

Anda senang anda hamil, tapi bingung karena tiada hari tanpa rasa mual? Berikut beberapa tips untuk mengurangi rasa mual. Mual dan muntah pada saat hamil muda adalah hal yang wajar. Biasanya hanya akan berlangsung selama 3 bulan pertama, walau ada satu dua kasus yang mengalami mual selama kehamilan berlangsung. Pada umumnya, rasa mual ini hanya […]

Read More
Angsamerah Articles Mengenal penyakit pengentalan darah

Mengenal Penyakit Pengentalan Darah

Penyakit Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh? Penyakit Pengentalan Darah dalam bahasa medis dikenal sebagai Antiphospholipid Syndromes (APS) atau juga populer dengan nama Hughes Syndromes. Penyakit ini merupakan kelainan pada sistem imun (kekebalan tubuh), di mana sistem ini tidak mengenali sel tubuh sendiri sehingga malah merusak sel-sel tubuh (autoimun). Pada penyakit ini terdapat peningkatan risiko terbentuknya bekuan […]

Read More
Angsamerah Articles Mengenal endometriosis

Mengenal endometriosis

Di kalangan wanita usia produktif, nyeri saat menstruasi bukanlah keluhan yang dianggap aneh. Tapi, keluhan ini jangan dianggap enteng karena bisa saja merupakan pertanda kelainan alat reproduksi. Endometriosis adalah kelainan alat reproduksi yang sifatnya jinak dan sering ditemui. Untungnya, terdapat pengobatan yang efektif untuk mengatasi endometriosis. Rahim tersusun atas lapisan otot dan kelenjar. Bagian dalam […]

Read More
Angsamerah Articles Kehamilan Resiko Tinggi

Kehamilan Resiko Tinggi

Tidak semua kehamilan berjalan lancar. Beberapa wanita mengalami apa yang disebut dokter sebagai kehamilan berisiko tinggi. Sebuah kehamilan dianggap berisiko tinggi bila ada komplikasi yang berpotensi mempengaruhi ibu, bayi, atau keduanya. Kehamilan berisiko tinggi memerlukan pengelolaan oleh dokter spesialis kandungan untuk membantu memastikan hasil terbaik bagi ibu dan bayi. Kehamilan dapat dianggap berisiko tinggi bila […]

Read More

Dapatkah kebencian dipulihkan?

Siapakah diantara kita yang tidak punya rasa marah? Hampir dipastikan semua orang mempunyainya. Marah merupakan sumber rasa benci, namun kita lihat marah pada seseorang bisa mencair dan mempresentasaikan kasih, pada orang lain marah berkembang menjadi benci dan lebih dalam lagi menjadi dendam yang dilampiaskan. Dari mana benci berasal ? Marah adalah emosi manusia. Emosi berada […]

Read More
Klinik Yayasan Angsamerah Reception

Pelayanan berkualitas dimulai dengan pelayanan primer

Seorang penyedia layanan kesehatan primer, bukanlah sekedar dokter yang melayani sewaktu Anda sakit. Penyedia layanan kesehatan primer (PLKP) adalah rekan Anda dalam menata kondisi dan kesahatan Anda secara keseluruhan. Apakah Penyedia Layanan Kesehatan Primer (PLKP)? Penyedia layanan kesehatan primer adalah dokter “personal” Anda. PLKP melayani sebagai rumah medis untuk kebutuhan layanan kesehatan dasar dan lanjutan […]

Read More

Puasa Ramadhan dan Kesehatan

Ramadhan sudah datang. Disambut dengan entusiasme kuat, oleh orang tua, dewasa maupun anak-anak. Sambutan ini menggambarkan ketertarikan akan manfaat, terlepas dari berbagai harapan yang dicanangkan setiap orang. Tentu harapan orang tua, dewasa maupun kanak-kanak akan berbeda. Banyak yang menunggu sidang isbat menantikan titik hari dimulainya berpuasa dengan penuh perhatian. Puasa mempunyai makna dalam bagi penganut […]

Read More

Tes HIV anonimus (tanpa identitas) tersedia di Angsamerah

Deskripsi layanan diagnostik, perawatan, pengobatan HIV di dua Klinik Angsamerah yang berlokasi di Johar Menteng, dan Panglima Polim Apa saja jenis tes diagnostik HIV yang tersedia di kedua klinik Angsamerah ? Tes Cepat HIV Antibodi Tes HIV di klinik Angsamerah menggunakan jenis Tes Cepat yang mengacu pada standart panduan nasional Kementerian Kesehatan, dan mengikuti rujukan Badan [...] Read More

Perdarahan perimenopause dan perdarahan setelah menopause

Apa itu menopause dan perimenopause ? Menopause didefinisikan sebagai tidak adanya menstruasi selama 1 tahun. Usia menginjak menopause biasanya terjadi pada usia 51 tahun, dengan rentang normalnya dari 45 tahun sampai 55 tahun. Tahun-tahun menjelang menopause disebut perimenopause, yang berarti “sekitar menopause”. Fase ini bisa berlangsung hingga 10 tahun. Selama perimenopause, pergeseran kadar hormon dapat […]

Read More

Darah dalam air mani

Berdarah. Siapapun akan khawatir bila mengeluarkan darah, apalagi bila darah keluar bersama dengan air mani. Adanya darah dalam air mani dalam dunia medis disebut hematospermia atau hemospermia. Hal ini dapat terjadi pada pria usia berapapun setelah pubertas, seringnya pada pria usia 30-40 tahun, dan pada pria berusia di atas 50 tahun yang mengalami pembesaran prostat. […]

Read More
Angsamerah Articles Stroke

Stroke

Sebagai salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia, rasanya hampir setiap orang sudah pernah mendengar istilah stroke. Bahkan saat ini penyakit stroke tidak lagi mendominasi para lansia tapi juga orang di usia produktifnya. Hal ini berkaitan dengan pola hidup yang dianut banyak orang, yakni pola makan tak sehat, kurang olah raga, serta kegagalan mengelola stres. […]

Read More
Angsamerah - Karena kau berarti!

Karena kau berarti!

Hornet dan Angsamerah Peduli, Karena kau berarti! Kesehatan dan kebahagian Anda berarti bagi kami! Angsamerah adalah klinik umum yang juga memberikan layanan kesehatan seksual, yang modern dan tidak biasa. Kami memiliki dua klinik yang berlokasi di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Klinik kami menyediakan layanan berkualitas tinggi, ramah, dan terjangkau bagi semua anggota masyarakat, termasuk Anda! […]

Read More

Wajah stres dalam keseharian kita

“Akhir-akhir ini kepala sering terasa mau pecah, kerjaan menumpuk, berangkat harus lebih pagi karena jalanan Jakarta semakin macet, belum lagi pacar yang seolah menuntut untuk lebih diperhatikan. Ah, stres!” Berbagai tekanan memang menjadi santapan rutin dalam hidup, dan itu bukanlah sesuatu yang bisa kita hindari. Meski tidak tercantum sebagai penyebab kematian terbanyak, stres dihubungkan dengan […]

Read More
Angsamerah Articles Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Keputihan adalah gejala yang umum dialami wanita, dimana keputihan ini merupakan suatu proses alami dari vagina menghasilkan cairan bening atau putih, dimana sekret ini dengan pengaruh hormon diproduksi di bagian mulut rahim. Konsistensi dan warna sekret vagina yang dihasilkan seorang wanita bervariasi di setiap wanita dan selama proses siklus menstruasi misalnya; warna sekret kecoklatan biasanya dihasilkan […]

Read More

Memahami hasil Pap Smear

Pemeriksaan Papsmear makin popular belakangan ini. Papsmear dilakukan untuk mengetahui terjadinya perubahan kondisi serviks yang dapat mengarah ke kanker serviks. Permintaan untuk melakukan Papsmear pun mulai meningkat di tempat pelayanan kesehatan. Pertanyaannya, apakah Anda mengerti hasil Papsmear yang Anda lakukan? Apa artinya hasil pap smear yang abnormal? Hasil abnormal berarti terdapat perubahan pada sel serviks […]

Read More
Angsamerah - Promo CD4 PIMA

Promo Tes CD4 PIMA

  Berita baik untuk Sahabat! Tes CD4 Promo, dengan menggunakan mesin uji CD4 PIMA; dengan reagen bersubsidi dari Pemerintah, Suku Dinas Kesehatan Jakarta, Indonesia. Sahabat saat ini dapat melakukan tes jumlah CD4 seharga Rp. 80,000 (harga sudah termasuk biaya administrasi). Promo tes CD4 dengan alat PIMA ini berlaku sampai dengan 9 Juni 2017, di Klinik […]

Read More

Nyeri Saat Berkemih

Nyeri saat berkemih bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah infeksi saluran kemih (ISK).  Infeksi saluran kemih dapat terjadi baik di pria maupun wanita dari semua umur, meskipun diketahui bahwa wanita lebih sering menderita ISK. Hampir 60% wanita akan mengalami ISK setidaknya satu kali dalam hidup mereka. Wanita lebih rentan terkena ISK dibanding pria […]

Read More
Angsamerah Articles Infeksi organ reproduksi

Infeksi Organ Reproduksi

Infeksi pada organ reproduksi dapat terjadi bukan hanya karena penularan lewat hubungan seksual saja, namun juga karena masalah kebersihan/higiene dan perawatan yang kurang baik, disamping faktor-faktor dari luar yang mempengaruhinya. Struktur organ reproduksi yang berbeda pada perempuan dan pria menyebabkan perbedaan pula dengan gejala yang ditimbulkan. Dalam keseharian seseorang dengan infeksi organ reproduksi cenderung tidak […]

Read More

The Future of HIV and AIDS Spending in Indonesia. Symposium on HIV and AIDS Response in the Era of National Health Coverage

For the last six years the Indonesian AIDS Coalition (IAC) has been promoting transparency, accountability, and civil participation in the fight against HIV and AIDS in Indonesia. An issue of concern and ongoing advocacy for the IAC is the financing of the Indonesian HIV response. On these grounds, on Monday, April 17, 2016, the IAC […]

Read More

Healthy, well-informed, balanced criticism is the ozone of public life. Mahatma Gandhi Wahai sahabat, berikut sepenggal cerita dari dr Agung Sapta Adi tentang acara Diskusi Publik PB IDI pada tanggal 26 April 2017 dengan tema “DEFISIT DANA JKN” ANCAMAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SEHATAN DAN KEBERLANGSUNGAN PROGRAM JKN. Lewat tulisannya, dr Agung mengajak kita berpikir kritis […]

Read More

Nurlan Silitonga, B U K A N B I A S A

ENGLISH VERSION Dr. Nurlan Silitonga sang pendiri Lembaga Angsamerah adalah seorang dokter dengan keterampilan teruji dalam melahirkan karya baik bagi orang lain dan dirinya. Dengan pengalaman kerja lebih dari dua puluh lima tahun dalam bidang HIV, IMS, kesehatan seksual dan layanan kesehatan primer di sektor pemerintah, penjara, dan swasta, dr Nurlan telah belajar bahwa selalu […]

Read More
Angsamerah Articles Kurang tidur membuat anak hiperaktif

Kurang Tidur Membuat Anak Hiperaktif

Akhir pekan yang baru saja lewat merupakan sebuah akhir pekan yang panjang. Biasanya, kalau kita berjalan-jalan di pusat perbelanjaan atau sentra keramaian lainnya, kita akan menjumpai banyak keluarga muda yang sedang menghabiskan saat berkualitas untuk mendekatkan diri antar anggotanya. Di momen-momen seperti ini kita juga dapat menyaksikan beragam rupa perilaku anak dari berbagai usia. Ada […]

Read More

Memiliki usaha layanan kesehatan primer sendiri yang sukses? Mungkinkah? Bagaimana mengkombinasikan terapan keilmuan kewirausahaan dalam layanan kesehatan? Mengelola klinik swasta atau/dan praktek mandiri di Era JKN? Tantangan? atau sebuah Peluang? Jawabannya bisa anda dapatkan melalui Workshop “Pengelolaan Klinik dan Praktek Mandiri di Layanan Primer di Era JKN” Workshop ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan yang dipersiapkan [...] Read More
Angsamerah Articles Gonorrhea Bacteria

Gonore

Gonore adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang dapat menyebabkan infeksi pada uretra, serviks, anus, tenggorokan (bergantung bentuk kontak seks yang dilakukan), dan meskipun jarang infeksi dapat menyebar diluar organ reproduksi lainnya. Cara penularan Gonore disebarkan melalui seks vaginal, anal, ataupun oral tanpa menggunakan kondom. Gonore dapat ditularkan dari ibu hamil yang […]

Read More

Tampil Muda Bebas Kerutan

Wanita pada umumnya ingin selalu tampak muda dan bebas kerutan atau keriput. Mulai dari krim kulit paling mutakhir sampai suntik botox pun terkadang rela dilakukan bebas kerutan dan tampak muda. Tetapi apakah anda tahu kalau ternyata mendapatkan kulit muda dan bebas kerutan itu mudah dan dapat anda lakukan setiap hari? Dan hal-hal dibawah ini bisa […]

Read More
Tes HIV, perlukah?

Tes HIV, Perlukah?

Sebagai anak muda yang punya banyak teman yang berasal dari generasi 90-an, tentu saja saat ini saya banyak menemui teman-teman yang sedang merasakan yang namanya “quarter-life crisis”. Ada yang masih kaget akan tanggung jawab yang sekarang harus dipikul, yang masih merasa jiwanya kok kayaknya sama aja dengan waktu masih SMA, sampai yang mulai galau urusan […]

Read More

British Petroleum (BP) Indonesia and Angsamerah Joining Forces in the Fight Against HIV and AIDS

On April 5-6, 2017, British Petroleum (BP) Indonesia has conducted a Health Fair at its headquarters at Perkantoran Hijau Arkadia in South Jakarta. Angsamerah had been invited to join this year’s Health Fair with the purpose of providing free HIV counseling and testing (VCT) services to BP employees, to raise awareness about HIV and AIDS […]

Read More

ENGLISH VERSION TELAH TERSEDIA ! LAYANAN TELEKONSULTASI DOCTOR2DOCTOR (DR2DR) Dari Dokter Untuk Dokter Apa itu Doctor2Doctor? Layanan Telekonsultasi Doctor2Doctor (DR2DR) adalah layanan konsultasi klinis dan kesehatan masyarakat dari dokter untuk dokter terkait dengan HIV, infeksi menular (IMS) lainnya, infeksi oportunistik, narkoba, kesehatan reproduksi dan seksual, dengan menggunakan telepon, sms, pesan singkat, aplikasi WhatsApp, telepon video […]

Read More

Pemimpin Indonesia Masa Depan Mengunjungi Angsamerah

ENGLISH VERSION Pada Rabu, Maret 22, 2017, pemimpin dan 21 penerima beasiswa yang cemerlang dan beruntung dari Program Beasiswa USAID PRESTASI (Program to Extend Scholarships and Training to Achieve Sustainable Impact) melakukan kunjungan pembelajaran ke Klinik Yayasan Angsamerah. Kunjungan ini difasilitasi oleh Program LINKAGES USAID dan merupakan bagian dari pelatihan pra-keberangkatan PRESTASI Program, yang mempersiapkan […]

Read More

Get Up and Move

“If exercise could be put in a pill, it would be the most widely prescribed medicine in the world.” – Robert N. Butler Olah raga adalah satu dari tiga komponen penting gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat terdiri atas pola makan yang sehat, pengelolaan stres, serta olah raga. Untuk mencapai taraf hidup yang sehat, ketiga komponen ini […]

Read More
Page 1 of 912345...Last »