Angsamerah Events APRIL 2015 Dialog Muda

Anak Muda dan Seks: Penjurian Kompetisi Nasional Dialog Muda

April 2015, Angsamerah diberikan kehormatan untuk terlibat dalam proses penjurian nasional kontes Global Dialogues di Indonesia. Dalam kesempatan ini, Inez Kristanti selaku Youth Manager di Klinik Yayasan Angsamerah mewakili Angsamerah untuk kemudian bersama dengan 27 anggota juri lainnya secara kolektif memasang telinga dan belajar dari anak muda Indonesia lewat naskah-naskah yang dikirimkan.

Kontes Global Dialogues sendiri adalah kompetisi internasional yang bertujuan untuk mengajak anak muda, termasuk anak muda yang termarjinalisasi untuk bersama-sama membuka mata untuk isu kesehatan dan hak-hak seksual, terutama keberagaman seksual. Kontes ini memberikan ruang bagi anak muda dari latar belakang beragam di Indonesia untuk mengekspresikan ide dan pengalaman mereka secara bebas dalam bentuk karya yang bebas terkait topik seksualitas, obat-obatan, alkohol, kekerasan terhadap perempuan dan anak, HIV/AIDS, orientasi seksual, dan identitas gender. Di Indonesia, kontes ini diadaptasi ke dalam nama “Dialog Muda” dan diselenggarakan lewat kolaborasi antara Hivos, Pamflet, dan GWL-Muda.

Proses penjurian terdiri dari tiga pertemuan yang diselenggarakan pada 11, 18, dan 25 April 2015 di Coworkinc., Kemang, Jakarta. Anggota panel juri diundang dari berbagai ranah, termasuk di dalamnya pemerintahan, masyarakat sipil, akademik, media, dan kesenian. Mereka memberikan penilaian berdasarkan pengalaman dan keahlian mereka di bidang masing-masing. Perspektif yang diberikan anggota juri dalam proses ini bukan hanya menelurkan pemenang, tetapi juga berkontribusi terhadap pengetahuan atau insight baru dalam isu dan hak-hak anak muda.

Dari 2808 entry yang diterima, terpilih 20 naskah untuk berkompetisi dengan naskah internasional dan 3 naskah terbaik sebagai pemenang utama dari kompetisi taraf nasional. Salah satu naskah juga sedang dalam proses adaptasi menjadi film pendek yang disutradarai oleh sineas muda berbakat Indonesia, Sammaria Simanjuntak (“cin(T)a”, “Demi Ucok”).

Masih termasuk dalam rangkaian kompetisi ini adalah Youth Talkshow 2015, yang diselenggarakan pada 30 Mei 2015 di Artotel, Thamrin, Jakarta. Acara ini menjadi penutup sekaligus konklusi dari rangkaian kompetisi nasional Dialog Muda dengan mengundang anak muda untuk berdialog tentang isu seksualitas yang masih sering dianggap tabu dengan berbagai pembicara dari beragam latar belakang. Tayangan film pendek dan pertunjukan musik menjadi pelengkap manis di tengah dan akhir acara.

*Sebagian informasi dalam tulisan ini diterjemahkan dari Term of Reference National Jury Meetings yang disusun oleh Global Dialogues.

Cuplikan proses penjurian nasional Dialog Muda 2015

Film-film yang diproduksi pada tahun-tahun sebelumnya

Lebih lengkap tentang Global Dialogues

Artikel Terkait

Jubilee High School: We’re Healthy-Functioning Grown-Ups!

Sahabat Indonesia dan Brasil

New Year 2017, New Spirit !!!

2 Hati jadi 1 dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Jantung

Angsamerah Dalam Rebranding CIMSA

“Break Up” dengan Cara yang Benar

Medical Students of the University of Indonesia Commemorated World AIDS Day 2015

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.