Anal Pap dapat disamakan dengan Pap smear serviks pada wanita. Tujuannya adalah mencari perubahan sel yang menjadi pertanda awal terjadinya kanker anal. Kanker anal diasosiasikan dengan human papillomavirus (HPV) tipe 16 dan 18, yang juga termasuk dalam penyebab kanker serviks.

Dahulu kanker anal merupakan penyakit langka yang menyerang wanita manula. Tetapi saat ini, angka kejadian kanker anal mulai meningkat. Sebanyak 35 orang dari 100,000 orang lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki (LSL) diperkirakan akan terkena kanker anal. Sedangkan untuk masyarakat umum, 0,9% dari 100,000 orang diperkirakan akan terkena kanker anal. Dan orang dengan HIV positif risikonya dua kali lebih besar daripada orang dengan HIV negatif.

Risiko terkena kanker anal akan meningkat pada:
– Lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki (LSL)
– Wanita ataupun pria yang memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan HPV seperti lesi pada serviks atau kutil kelamin
– Riwayat berpasangan dengan 10 atau lebih partner seksual
– Wanita dengan abnormalitas serviks atau vulvar
– Perokok

Kapankah saya bisa melakukan Anal Pap?

Apabila anda berisiko anda dianjurkan untuk segera mengunjungi dokter anda untuk rekomendasi Anal Pap atau bila anda mulai merasakan gejala – gejala dibawah ini:
– Perdarahan di rektal
– Iritasi di kulit perianal
– Sakit saat buang air besar
– Konstipasi atau sulit buang air besar
– Perubahan ukuran feses
– Nyeri pada anus

Bagaimana persiapan & prosedur Anal Pap?

Hasil Anal Pap akan lebih baik bila 1 hari atau 24 jam sebelum pemeriksaan anda mempersiapkan diri dengan cara dibawah ini:
– Buang air besar sebelum melakukan Anal Pap
– Tidak melakukan hubungan seks reseptif anal
– Tidak memasukkan/memakai gel, cream, atau obat ke anus
– Tidak memasukkan alat bantu seks ke anus
– Tidak melakukan douche atau enema
– Tidak sedang diare

Anal Pap dilakukan dengan cara memasukkan Dacron swab yang sudah dibasahi dengan air kemudian dimasukkan ke lubang anus hingga dinding rectum. Dacron swab ini kemudian diputar dan ditarik sepanjang saluran anal dengan sedikit penekanan pada dinding anal. Kemudian hasil apusan ini akan ditempatkan di kaca slide apusan.

Dimana saya bisa mendapatkan layanan Anal Pap?

Anal Pap di Indonesia saat ini hanya dapat diperiksa di RSCM. Sedangkan untuk pengambilan sampel dapat dilakukan baik di RSCM ataupun Angsamerah Klinik.

 

Referensi
spiritia.or.id
hivandhepatitis.com

 

Angsamerah | Anal Pap.pdf

You may also like

Leave a comment