Di Tahun 2016 ini Angsamerah dan The Australia Indonesia Partnership for Emerging Infectious Diseases (AIP-EID) Kembali Bermitra.

Kemitraan Angsamerah dan AIP-EID terjalin sejak 2014, dan kemitraan pertama diwujudkan dalam kegiatan yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kapasitas staf Direktorat Kesehatan Hewan (DITKESWAN) – Kementerian Pertanian (Kementan). Melalui kemitraan ini, AIP-EID memberikan kepercayaan kepada Angsamerah untuk memberikan keterampilan interpersonal dan intrapersonal yang dibutuhkan oleh staf Ditkeswan Kementan. Keterampilan yang dilatihkan mencakup komunikasi, public speaking, konseling, menjadi fasilitator, mempertahankan motivasi. Hal lain yang dilatihkan termasuk juga keterampilan yang berkaitan dengan manajemen seperti mengelola pertemuan yang efektif dan produktif, serta manajemen sebuah proyek yang sukses dan berkesinambungan.

Selain memberikan keterampilan melalui pelatihan dan lokakarya, di tahun 2015 kembali Angsamerah mendapatkan kepercayaan dari AIP-EID dan DITKESWAN dalam mengembangkan modul training of trainer (ToT), yang berisikan cara untuk melatih orang agar menjadi pelatih dan fasilitator yang handal. Modul ini akan di gunakan oleh Ditkeswan kepada para Champions iSIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional) atau pengelola iSIKHNAS.

iSIKHNAS adalah sistem informasi kesehatan hewan Indonesia yang mutakhir. Sistem ini menggunakan teknologi sehari-hari dalam cara yang sederhana namun cerdas untuk mengumpulkan data dari lapangan dan dengan segera menyediakannya bagi para pemangku kepentingan dalam bentuk yang bermakna dan dapat segera dimanfaatkan. iSIKHNAS menggunakan pesan SMS dari telepon genggam di lapangan dan lembar-lembar kerja yang lebih sederhana dari kantor, guna mengambil data dengan cepat sedekat mungkin dari sumbernya, dan membuat data dapat dilihat dan dianalisis dengan cara-cara yang mudah bagi pengguna untuk siapa pun yang memerlukannya. Sistem yang cerdas dan otomatis akan memastikan bahwa data dimasukkan secara akurat, laporan dikirimkan secara otomatis, dan terdapat akses yang mudah kepada data, analisis rutin yang terprogram, dan, yang sangat penting. Oleh karena itu, penting bagi para champions atau pengelola program ini memiliki kapasitas interpersonal dan intrapersonal yang baik.

Setelah pelatihan keterampilan dan pengembangan modul, kemitraan Angsamerah dan AIP-EID kembali terwujud di tahun 2016 ini untuk memfasilitasi kegiatan team building dan kepemimpinan untuk Tim Vaksinasi Rabies dari 9 kota kabupaten di Bali. Kegiatan ini dilaksanakan pada 15 April 2016 di Desa Budaya Kertalangu – Denpasar, dengan jumlah peserta sebanyak 186 orang. Para peserta terdiri dari 31 tim vaksinasi; tiap tim beranggotakan seorang dokter hewan atau paramedis, empat orang penangkap anjing dan satu orang juru catat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam satu hari. Seluruh peserta terlibat dalam berbagai aktivitas yang membangun kerjasama tim, meningkatkan kemampuan komunikasi, serta berpengalaman dalam membantu sesama tim untuk tetap memiliki motivasi tinggi saat bekerja dan menjalankan kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan kepemimpinan, Angsamerah memberikan materi mengenai kepemimpinan, motivasi dan komunikasi dengan melakukan kegiatan yang melibatkan seluruh peserta, dan tetap menjaga agar peserta tetap fokus, menyenangkan serta mendapatkan keterampilan.

Sesi motivasi untuk Tim Vaksinasi Rabies diberikan dengan meminta peserta untuk mengisi cetak biru (blue print) kehidupan terkait dengan pengalaman dan cerita sukses yang pernah dialami dan harapan ke depan. Pada sesi komunikasi, peserta berkesempatan melakukan satu permainan pesan berantai dengan menggunakan bahasa non-verbal untuk memancing keterampilan peserta berkomunikasi tanpa menggunakan kata-kata. Pada akhir permainan, tim Angsamerah melempar diskusi pengalaman peserta dalam permainan tadi berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan kegiatan kerja. Tampak bahwa peserta terlibat secara aktif dalam kegiatan yang dilakukan.

Siapa bilang belajar itu membosankan? Bersama Angsamerah, kita belajar dengan cara yang menyenangkan.

Sampai jumpa lagi!

You may also like

Leave a comment