Angsamerah dan Tanggal 15

Angsamerah tutup di hari kerja? Dan kenapa di setiap tanggal 15? Adakah makna tersendiri?

Dimulai sejak tanggal 15 Juli 2016, Tim Angsamerah telah sepakat untuk menjadikannya hari bagi tim Angsamerah keluar dari rutinitas. Apakah itu artinya Tim Angsamerah meliburkan diri dari memberikan layanan (kesehatan) kepada masyarakat dan para Sahabat Angsamerah?

Tentu tidak.

Setiap tanggal 15 Tim Angsamerah melakukan berbagai kegiatan, yang meningkatkan fokus serta kinerja, baik sebagai individu maupun tim, untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi untuk para Sahabat Angsamerah. Misalnya saja, pada tanggal 15 Maret 2017 lalu kami memulai hari dengan, kegiatan yang menyegarkan fisik dan pikiran tim Angsamerah. Bertolak dari Klinik Angsamerah di Jalan Johar, Menteng, seluruh tim Angsamerah berjalan kaki hingga MONAS dan kembali ke Klinik.

Kegiatan olah fisik ini juga turut menyegarkan pikiran dan memunculkan ide-ide baru karena Tim Angsamerah berkesempatan menikmati suasana di luar kantor. Selain itu, Tim Angsamerah juga memberikan penyegaran materi klinisi maupun non klinis melalui presentasi yang diberikan dari dan oleh Tim Angsamerah. Tujuannya tentu saja agar Tim Angsamerah dapat memberikan layanan (kesehatan) yang makin baik lagi kepada para Sahabat.

Materi penyegaran dimulai dengan diskusi sehat Tim Angsamerah untuk membicarakan tantangan dan ide dalam memberikan pelayanan kepada para Sahabat Angsamerah. Semua anggota tim yang hadir dituntut berperan aktif dalam melontarkan ide dan tantangan yang mereka miliki. Dimulai dari staf administrasi dan manajemen, hingga staf medis (perawat, laboran, hingga dokter) semua mendapat kesempatan memberikan masukan untuk kebaikan dan kemajuan Angsamerah.

Pada kegiatan tanggal 15 Maret 2017, Tim Angsamerah membahas pengetahuan umum mengenai Kewaspadaan Universal dan Pajanan. Topik ini dibawakan oleh para perawat, yakni Ibu Murli S dan Ibu Fithrie. Materi ini mengingatkan seluruh Tim Angsamerah tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan dalam bekerja di lingkungan medis. Selain itu kami juga diingatkan untuk selalu memberikan layanan yang terbaik bagi tiap pasien. Pengetahuan dasar dan lanjutan yang disampaikan terentang mulai dari cara mengolah limbah kesehatan hingga prosedur pelayanan kesehatan, misalnya cara memberikan suntikan kepada pasien, sterilisasi jarum, segel alat medis, hingga tata laksana dalam mencuci tangan dan/ataupun memasang sarung tangan dan masker.

Salah satu pengisi kegiatan di tanggal 15 Maret 2-17 adalah dr Budiarto. Ia merupakan salah satu konsultan Angsamerah untuk Telekonsultasi DR2DR, yang didaulat untuk membawakan materi pembelajaran tentang Tuberkulosis dan Program TB (yang dijalankan di Indonesia). Proses ini memungkinkan Tim Medis Angsamerah untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan lebih lanjut mendalami mengenai temuan kasus dan penanganan pasien dengan TB.

Pada sesi terakhir di tanggal 15 Maret 2017, dr. Ratna Mardiati SpKJ (K) memberikan pengarahan kepada seluruh Tim Angsamerah mengenai cara berkomunikasi yang baik. Melalui sesi ini dr. Ratna memberikan pengarahan dan edukasi tentang bagaimana memulai, menjembatani, hingga mengakhiri sebuah komunikasi dengan baik. Tentunya pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi Tim Angsamerah  sebagai sebuah unit layanan maupun sebagai individu. Pengetahuan tentang komunikasi yang baik dapat diterapkan dalam relasi Angsamerah dengan para Sahabat Angsamerah, maupun dalam kehidupan pribadi dari masing-masing individu tim Angsamerah.

Tim Angsamerah berusaha untuk terus belajar dan meningkatkan mutu layanan bagi para Sahabat Angsamerah. Mungkin saja prosesnya belum berjalan sempurna, namun Tim Angsamerah terbuka menerima segala masukan dan saran dari para Sahabat. Segala pemikiran Sahabat Angsamerah sangat berharga bagi kami dan untuk menyampaikannya dapat melalui blog di angsamerah.com atau kuesioner yang tersedia di klinik Angsamerah.

Angsamerah is Angsamerah, Angsamerah is Family.

Tidak ada perbedaan layanan dari Klinik Angsamerah di Jalan Johar Menteng dengan Klinik Yayasan Angsamerah di Panglima Polim Raya. Pelayanan yang kami berikan sama, dengan standar prosedur layanan yang sama.

Angsamerah, Klinik Kesehatan, Bukan Biasa. Terus memberikan peluang kepada seluruh tim Angsamerah, untuk terus belajar dan berkembang hingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi.

Happy Team, Happy Doctor, Happy Patient

Happier you get, healthier you’ll be.

 

You may also like

Leave a comment