Angsamerah’s Workshops rhyme with FUN, Productive Results and Quality.

Jakarta, 12-16 Januari 2015

“Pengayaan Praktis; Pengelolaan Strategi Bisnis di Layanan Kesehatan Primer Sektor Swasta sebagai Layanan Berkualitas, Ramah dan Terjangkau, degan layanan unggulan terkait Sex, HIV & Drugs, untuk 6 Klinik mitra Program SUM II USAID” yang berlokasi di 4 Provinsi di Indonesia.

Kegiatan terlaksana sejak tanggal 12-16 Januari 2015, yang dihadiri oleh para dokter dan tim manajemen dari 6 Klinik, Implementing Partner Proyek’ USAID – SUMII (Scaling Up for Most-at-risk Populations), serta dokter dari puskesmas terdekat klinik dan jejaring Angsamerah Associates. Kegiatan didanai sepenuhnya oleh proyek SUMII, sebagai bagian Kemitraan USAID dan Angsamerah dalam menyediakan Technical Assistances pada klinik tersebut demi menguatkan kemampuan tim klinik mengelola pelayanan kesehatan yang berkualitas, ramah dan terjangkau bagi masyarakat umum, serta financially sustainable bagi pemilik Klinik/penyedia layanan. Hasil akhir dari Angsamerah Technical Assistances bisa menjadikan keenam Klinik ini menjadi klinik model (english version) yang inovatif.

Day 1 Yen Training Room-2

Selain Lokakarya di dalam ruangan kelas peserta diajak melihat dan berdiskusi langsung sistem Penanganan Klinis dan Manajemen yang ada di dua model klinik Angsamerah. Lokakarya didisain secara stratejik untuk memenuhi kebutuhan “Goal” Klinik, sejalan dengan visi dan misi Proyek SUMII-USAID, dan disesuaikan dengan kapasitas/kompetensi Angsamerah, serta ketersediaan dukungan dana dan waktu. Selain pengayaan melalui 5 hari lokakarya ini, kegiatan akan dilanjutkan dengan mentoring atau coaching intensif dengan tim di setiap klinik, langsung di Klinik dan dikombinasikan dengan coaching melalui skyping, email, sms dan whatsapp.

Study Tour SUMII USAIDV2-2

Secara umum dengan menghadiri lokakarya ini maka peserta mendapatkan pengayaan pengetahuan medis dasar, namun menyeluruh terkait penanganan klinis kesehatan seksual, IMS, HIV, hepatitis, TBC dan NAPZA serta pengetahuan tambahan akan komunikasi interpersonal, dan strategi bisnis layanan kesehatan yang sehat.

Day 2 Photo shoot2-2

Sesi pengambilan foto

personal branding

Output dari study tour dan lokakarya ini adalah:

– Partisipan dari enam klinik terpilih mendapatkan pembelajaran tentang sistem pelayanan dan model bisnis yang diterapkan oleh Angsamerah dengan cara yang praktis.

– Partisipan dari enam klinik terpilih mendapatkan pengetahuan terapan terkait lima elemen kunci: medis, pelayanan yang berorientasi terhadap klien, penyedia layanan, manajemen, dan pemasaran.

– Masing-masing klinik akan memiliki tujuan utama dan jadwal mentoring-nya sendiri untuk fase selanjutnya yang sudah ditentukan.

– Partisipan akan diambil fotonya dan foto ini akan digunakan dalam personal branding mereka. Profil peserta dan institusi layanan (setelah mengalami pengembangan) dimuat di link media sosial Angsamerah.

– Peserta mendapatkan pilihan standard operating procedures (SOPs) medis dan pelayanan yang berorientasi kepada klien yang dimiliki oleh Angsamerah Institution untuk dapat digunakan dan/atau diadaptasi.

– Selain itu, melalui lokakarya ini peserta diperkenalkan pada pelatihan lainnya yang sudah berjalan dilaksanakan oleh Kemenkes dan institusi/oraganisasi profesi berkompenten lainnya seperti pelatihan yang lebih spesifik seperti IMS, Hepatitis Ko Infeksi, VCT dan PITC, IMAI, PDP Bekesinambungan, Adiksi dan sebagainya.

Metode yang diterapkan didisain sedemikian rupa sehingga praktis dan berdampak langsung pada kegiatan peserta di seting klinik mereka, dan juga memperhatikan pemenuhan kebutuhan pribadi para peserta terkait pengembangan karakter positif. Selain itu, pengayaan disampaikan secara interaktif oleh pembicara yang berpengalaman dan berkompenten dalam bidangnya dari berbagai institusi terpercaya lembaga pemerintahan, pendidikan, lembaga swadaya masyarakat, dan layanan kesehatan swasta.

Daftar Nama Klinik

Klinik Keluarga Kita, Batam, KEPRI

Klinik LPPSLH, Purwokerto

– Klinik Griya ASA PKBI Semarang

Klinik Keluaga YKB, Jakarta Utara

Klinik Cendrawasih Jayapura Papua

Klinik Kalvari Wamena, Papua

Video (Fun Activity) – Angsamerah’s workshops rhyme with FUN, productive results and quality

Suara komunitas: a) Video Suara Harapan Komunitas untuk Penyedia Layanan Kesehatan oleh Setia Perdana, b) Liana dari Komunitas OPSI tentang pekerja seks komersial

Ringkasan Eksekutif Kemitraan Angsamerah dan SUMII Project’s USAID

You may also like

Leave a comment