Asti Widihastuti seorang dokter umum yang berpengalaman lebih dari sepuluh tahun dalam mengembangkan program-program kesehatan masyarakat di isu Kesehatan Seksual dan Reproduksi di Indonesia, bekerja sama dengan organisasi pemerintah (baik pemerintah lokal maupun pemerintah pusat); lembaga donor internasional; lembaga Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB); organisasi non pemerintah (internasional maupun lokal); organisasi berbasis komunitas; serta jaringan-jaringan nasional populasi kunci di Indonesia.

Dengan kompetensi sebagai Master of Health Counseling dari Curtin University of Technology, Perth – Western Australia, serta pengalaman kerja sebagai konselor di klinik Kesehatan Seksual Reproduksi serta klinik Konseling dan Tes HIV Sukarela (KTS), ia memiliki ketrampilan tehnik konseling yang terasah dalam bidang konseling kesehatan seksual dan reproduksi termasuk konseling motivasi, perubahan perilaku dan HIV. Ia juga mempunyai pengetahuan dan ketrampilan teknis mengenai komunikasi interpersonal; pengelolaan stress dan burnout; serta perawatan diri (self care) bagi pekerja profesional.

Asti juga mempunyai pengalaman kerja sebagai penyedia bantuan teknis untuk penguatan dan pertumbuhan kelembagaan seperti tata kelola organisasi (geovernance), perencanaan strategis, dan pengelolaan managemen proyek berorientasi dampak.

Kombinasi latar belakang pendidikan, passion, dan pengalaman kerja bertahun-tahun ini membuat Asti memiliki rangkaian pengetahuan dan ketrampilan teknis dan strategis sebagai seorang pelatih, fasilitator, mentor dan coach. Asti memiliki keahlian mengembangkan kurikulum pelatihan termasuk sesi-sesi mentoring dan coaching; mengembangkan alat-alat untuk assessment dan evaluasi; menulis modul dan panduan pelatihan; serta sebagai editor untuk buku-buku panduan dan media komunikasi, informasi dan edukasi lainnya.

Sejak tahun 2012, Asti merupakan mitra jejaring tenaga ahli utama dalam berbagai pengembangan model layanan dan program kesehatan masayarakat nan inovatif di Angsamerah Institution. Selain itu, sejak tahun yang sama, Asti juga merupakan salah satu konsultan koperasi pengembangan sumber saya masyarakat sipil CIRCLE Indonesia. Sejak 2015, Asti menjadi peneliti di pusat penelitian HIV Universitas Atma Jaya. 

Read more about her

You may also like

Leave a comment