Capaian CASCADE Pengobatan HIV di Klinik Angsamerah pada Tahun 2016

 

ENGLISH VERSION

MENGAKHIRI HIV 2030

Salah satu misi Angsamerah adalah turut berkontribusi dalam menanggulangi penyebaran infeksi HIV dan menyediakan pelayanan perawatan kesehatan sebaik mungkin bagi masyarakat Indonesia dan dunia. Berikut gambaran singkat, capaian cascade layanan pengobatan HIV di klinik Angsamerah.

Di tahun 2016, Klinik Angsamerah telah melakukan 1.664 tes HIV, dan 129 diantaranya terdiagnosis HIV. Hal ini menunjukkan prevalensi HIV diantara seluruh tes yang dilakukan adalah 7,8%. Tetapi seperti terlihat pada grafik di atas, mayoritas terdiagnosis HIV (111 dari 129) berada di antara laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki (LSL), dimana kelompok ini merupakan sepertiga dari seluruh yang melakukan tes. Ini bisa diartikan bahwa prevalensi HIV di kalangan klien LSL di kedua klinik Angsamerah sebesar 19,3% atau 1 dari 5.

Angsamerah telah mampu mencapai hasil yang sangat baik terkait target ambisius pengobatan 90-90-90 yang ditetapkan oleh UNAIDS untuk membantu mengakhiri epidemi AIDS pada tahun 2030.

Seperti yang terlihat pada grafik di atas. Sebanyak 96% dari orang yang terdiagnosis di klinik Angsamerah di tahun 2016 telah mengakses layanan perawatan dan pengobatan, dengan tingkat kepatuhan di atas 90%, dan 85% dari klien yang meminum ART secara teratur (> 12 bulan) memiliki viral load yang tidak terdeteksi.

Tingginya tingkat partisipasi dan kepatuhan dalam perawatan dan pengobatan HIV di Angsamerah, dimungkinkan terjadi sebagai kombinasi dari perilaku klien Angsamerah yang relatif baik dalam mencari layanan kesehatan (95% akses klinik dari inisiatif mereka sendiri, dan 5% merupakan rujukan dari mitra CSO), dan layanan di Angsamerah yang berkualitas tinggi dengan sistem pelayanan yang berorientasi kepada klien, yang memungkinkan klien untuk berkonsultasi dengan dokter hingga 1 jam, tidak adanya antrian, privasi yang terjaga, dan komunikasi berkelanjutan dengan klien yang terjaga melalui WhatsApp, sms, telepon, dan e-mail.

 

 

You may also like

Leave a comment