Institusi Angsamerah dan Layanan Klinis

ENGLISH VERSION

Institusi Angsamerah telah berhasil menciptakan dua bisnis model klinik swasta layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang sukses di Jakarta. Kedua klinik menjalankan misi untuk menyediakan layanan medis dan privacy dengan kualitas terbaik, serta ramah bagi semua anggota masyarakat apapun orientasi seks, identitas gender, profesi atau status pernikahan seseorang.

Tahun 2010 adalah awal Institusi Angsamerah membangun klinik pertama di daerah Jakarta Pusat. Klinik yang secara eksklusif didisain untuk menjangkau masyarakat kalangan atas. Klinik Angsamerah menyediakan layanan kesehatan primer dengan layanan unggulan kesehatan seksual dan reproduksi, termasuk pencegahan, perawatan dan pengobatan HIV dan AIDS. Klinik yang moderen dan tidak biasa ini sebagian besar dikunjungi oleh profesional muda Indonesia, public figure dari berbagai kalangan, dan orang asing yang senang dengan suasana yang bersih, privat, ramah dan profesional. Sebagian diantara pasien Angsamerah sebelumnya memilih berobat ke luar negri untuk cek kesehatan seksual karena merasa kurangnya kepercayaan akan kualitas, keramahan dan privacy di layanan di tempat tinggal pasien. Klinik Angsamerah ini cukup popular diantara laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

Pada pertengahan 2013, Institusi Angsamerah membuka klinik kedua, dengan nama Klinik Yayasan Angsamerah, yang dikelola oleh Yayasan Angsamerah. Klinik ini adalah contoh model suatu pendekatan yang inovatif dalam menyediakan layanan kesehatan dengan memobilisasi berbagai ide, usaha dan sumber dari pemerintah, sektor swasta dan masyarakat sipil demi meningkatkan perluasan akses akan layanan kesehatan yang berkualitas. Insiasi pengembangan dan operasional harian Klinik Yayasan Angsamerah adalah contoh model kemitraan publik dan swasta, yang menghasilkan pembiayaan bersama antara USAID (SUM II) dan Yayasan Angsamerah, dengan bantuan keuangan dan teknis dari COFRA Foundation dan Institusi Angsamerah, serta dukungan dari lembaga pemerintah setempat untuk bahan habis pakai dan obat-obatan.

Klinik Yayasan Angsamerah menawarkan secara rutin variasi promosi tes (misalnya tes gratis untuk HIV dan sifilis) sebagai usaha mengakomodasi kebutuhan dari kelompok yang paling rentan, khususnya komunitas waria dan remaja. Untuk mengakomodasi kebutuhan klien lebih baik lagi, kedua klinik Angsamerah membuka jam layanan operasional yang lebih fleksibel, dan demi meningkatkan kenyamanan dan privacy, penyediaan layanan diberikan melalui perjanjian.

You may also like

Leave a comment