Kunjungan Sahabat dari Kalimantan Barat, Dr. Rut Hanna

Sebuah kunjungan tidak terduga pada tanggal 11 Agustus 2016 di klinik Yayasan Angsamerah. Yang datang saat itu adalah Dr. Rut Hanna Barail, ketua Pokja HIV/AIDS RSU Bethesda Serukam yang juga bertanggung jawab sebagai dokter penanggung jawab Klinik Marjorie di Kalimantan Barat. Beliau berkunjung dalam rangka studi banding mengenai pelayanan HIV di klinik swasta.

Klinik Marjorie merupakan bagian dari RSU Bethesda Serukam yang khusus menangani HIV dan AIDS bagi masyarakat di Kabupaten Bengkayang dan sekitarnya. RSU Bethesda merupakan rumah sakit swasta yang berada di Jl. Raya Bengkayang, Singkawang, Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Awalnya klinik ini bergabung dengan RSU namun sejak 21 April 2016, resmi berdiri secara mandiri dibawah pengawasan RSU Bethesda. Tim HIV yang menjalankan klinik ini terdiri dari satu orang dokter umum, dua orang perawat dan delapan orang konselor, yang sebagian dari mereka sudah tersertifikasi.

Dalam pengadaan obat dan rapid test untuk HIV, mereka mendapatkannya dari dinas kesehatan propinsi Kalimantan Barat. Selain itu dinas kesehatan setempat juga memfasilitasi tenaga medis untuk mendapatkan pelatihan. Peningkatan kemampuan tenaga medis juga dilakukan dengan memanggil tenaga profesional yang sudah berpengalaman untuk memberi pelatihan, seperti Dr. Adria, Sp.P yang juga bagian dari jejaring ahli klinik Angsamerah untuk mengajarkan penatalaksanaan TB-HIV. Selain itu tenaga medis ini juga dikirim ke fasilitas kesehatan yang memiliki reputasi baik dalam menangani HIV seperti: RSUD Abdul Azis Singkawang, RS Soedarao Pontianak, RS Pengayoman Jakarta, RSPI Sulianti Saroso Jakarta, RS St.Carolus Jakarta, dan Klinik Angsamerah Jakarta.

Di Klinik Angsamerah mereka tertarik bagaimana penanganan pasien yang nyaman dan mekanisme menjaga kerahasiaan pasien. Saat ini stigma terhadap penderita HIV masih sangat melekat kuat di masyarakat sehingga pasien yang menderita HIV beresiko untuk dikucilkan. Dr. Ruth berharap sistem yang ada di Klinik Angsamerah bisa juga diterapkan oleh klinik Marjorie secara bertahap. Walaupun belum sempurna namun kedepannya diharapkan bisa semakin lebih baik.

Klinik Marjorie
Lokasi: Komplek RSU Bethesda Serukam
Jl. Raya Bengkayang-Singkawang, Kec. Samalantan
Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat
Jam operasional: Senin – Jumat pukul 10.00 – 16.30 WIB
Telpon: 085750007483

Artikel Terkait

Demam, Gejala atau Penyakit?

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Memahami hasil Pap Smear

Limfosit CD4 dan Perannya pada Infeksi HIV

Infeksi Menular Seksual

Gonore

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.