Dr. Oka adalah seorang dokter dengan kompentensi kedokteran di bidang kesehatan seksual dan reproduksi, dan secara khusus mendalami bidang keahlian seksologi (Fellow Indonesian Association of Sexology). Selain sebagai seorang klinisi, beliau juga memiliki pengalaman yang luas dalam pengembangan program pemberdayaan masyarakat terkait dengan program kesehatan seksual dan reproduksi khususnya untuk program remaja, termasuk kemitraan remaja dan orang tua dalam wadah Parents Center, bersama-sama dengan berbagai lembaga pemerintah, swasta dan lembaga swadaya masyarakat di Bali dan juga International Institusi seperti; Kisara, PKBI, KPA Bali, BNN, WWF, AusAID. Beliau sangat kreatif dalam mengembangkan ide-ide pengembangan program pemberdayaan masyarakat pada kelompok remaja dan orang dewasa.

Sejalan dengan kecintaan beliau dalam mengajar, Dr. Oka sampai dengan saat ini aktif sebagai dosen di Bagian Andrologi dan Seksologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan juga membantu Program Pascasarjana Ilmu Biomedik di Universitas Udayana.
Beliau juga berperan aktif sebagai pengurus inti yang mengelola kegiatan rutin nasional anti-aging medicine seperti National Symposium and Workshop on Anti-Aging Medicine (NASWAAM) dan beberapa simposium Nasional Seksologi lainnya. Saat ini dr. Oka menjabat sebagai Vice Secretary of INCAAM Indonesian Center for Anti-Aging Medicine (INCAAM) dan juga sebagai Sekretaris II Pengurus Pusat Asosiasi Seksologi Indonesia, sekaligus saat ini baru terpilih sebagai Ketua Asosiasi Seksologi Indonesia cabang Denpasar.Menulis dan musik merupakan kegiatan yang sangat disukai, dan memberikan banyak inspirasi bagi dr. Oka dalam mngembangkan berbagai materi edukasi untuk remaja. Beberapa karya tulisan beliau antara lain adalah: “5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang AIDS” yang diterbitkan oleh KPA Propinsi Bali, “Buka Mata Tentang Narkoba” yang diproduksi oleh BNN, “Sexual Health” diterbitkan oleh HIV Cooperation Program for Indonesia (HCPI)-AusAid. Juga dua buku tentang pedoman sebagai Kelompok Siswa Peduli AIDS. Beberapa film juga sempat dibuat, salah satunya film edukasi bahaya narkoba berjudul “3 Ruang” yang dibuat bersama Konsorsium Tiga Ruang.

Beberapa apresiasi penghargaan yang beliau terima antara lain: Blog edukasi di alamat www.okanegara.com sebagai pemenang pertama dalam PKBI Award 2008. Dalam event ilmiah, beberapa presentasi beliau mendapatkan apresiasi, salah satunya yang mendapatkan Pfizer Award for Sexology adalah tentang “Circumcision and Sexual Rights” di tahun 2009.

Dengan semangat yang tinggi untuk perubahan masa depan Dr. Oka bercita-cita untuk membangun sebuah lembaga riset dan advokasi seksualitas sehat remaja. Saat ini Dr. Oka memberikan layanan keahlian seksologinya di Klinik Indivara, Denpasar, Bali.

Praktek Beliau di Bali:
Klinik Indivara
Alamat: Jl Tukad Barito no.29, Denpasar, Bali.
Jadwal Praktek Dr. Oka Negara: Dengan perjanjian via telp klinik di 0361 8004888

 

You may also like

Leave a comment