Author

Pelayanan berkualitas dimulai dengan pelayanan primer

Seorang penyedia layanan kesehatan primer, bukanlah sekedar dokter yang melayani sewaktu Anda sakit. Penyedia layanan kesehatan primer (PLKP) adalah rekan Anda dalam menata kondisi dan kesahatan Anda secara keseluruhan.

Apakah Penyedia Layanan Kesehatan Primer (PLKP)?

Penyedia layanan kesehatan primer adalah dokter “personal” Anda. PLKP melayani sebagai rumah medis untuk kebutuhan layanan kesehatan dasar dan lanjutan yang dibutuhkan oleh anak-anak, dewasa dan lansia. PLKP Anda akan menjadi lini pertama dalam pertahanan Anda untuk mencegah dan mengobati penyakit.

PLKP Anda telah dilatih untuk mendiagnosa dan menatalaksana hampir semua penyakit dan kondisi medis umum yang ada, juga telah terlatih untuk mengatur kebutuhan layanan kesehatan Anda dengan spesialis bila dibutuhkan.

Penyedia layanan primer mengetahui riwayat kesehatan Anda dan mengatur kebutuhan layanan kesehatan Anda. Penyedia layanan primer terdiri dari dokter, asisten dokter atau perawat yang sudah terdaftar dengan keahlian dalam bidang:

  • Kedokteran Keluarga
  • Penyakit Dalam
  • Ilmu Kesehatan Anak
  • Kebidanan dan kandungan
  • Imunisasi dsbnya

Mengapa saya harus memiliki Penyedia Layanan Kesehatan Primer?

Memiliki PLKP menawarkan Anda hubungan yang berkelanjutan, dapat dipercaya dengan seorang profesional medis sepanjang waktu, yang dapat menghasilkan keuntungan dalam bentuk kesehatan yang signifikan.

Inilah empat alasan Anda membutuhkan Penyedia Layanan Kesehatan Primer:

1. PLKP anda mengenali ANDA

Memiliki penyedia layanan primer berarti memiliki seseorang yang mengetahui riwayat kesehatan Anda, seperti prosedur-prosedur apa saja yang pernah Anda lalui dan bagaimana beberapa obat dapat mempengaruhi Anda. Penyedia layanan primer Anda menyadari perubahan kondisi kesehatan Anda, seperti tekanan darah, kolesterol atau bahkan memori. Ia dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda – menurunkan berat badan, berhenti merokok atau menjadi cukup sehat untuk mengikuti suatu kegiatan olahraga. Seringkali penyedia layanan primer Anda mengenali keluarga Anda pula. Ini bermula bahkan sebelum kelahiran anak Anda, sebab penyedia layanan primer Anda dapat membantu Anda atau pasangan Anda untuk memiliki kehamilan yang sehat.

2. Layanan yang ter-koordinir

Penyedia layanan primer Anda adalah dokter pertama yang akan Anda temui untuk sebagian besar layanan kesehatan Anda. Di praktek atau klinik layanan primer, penyedia layanan membantu mengatur layanan Anda antara dokter, rumah sakit dan layanan di rumah. Karena penyedia layanan primer melihat Anda secara menyeluruh, ia pun dapat mengatur layanan Anda dengan spesialis yang tepat, secara khusus penyedia layanan primer akan sangat membantu untuk menatalaksana penyakit kronik seperti, tekanan darah tinggi, diabetes, asam urat dsbnya.

3. Layanan Preventif (pencegahan) yang Lebih Baik

Penyedia layanan primer akan mengingatkan Anda mengenai vaksinasi yang direkomendasikan, termasuk suntikan untuk flu, TDP (Tetanus, diphtheria dan pertussis), dan HPV vaksin. Mereka akan membimbing Anda mengenai kegiatan skrining rutin seperti mammogram, kolonoskopi, dan kolesterol dan tes gula darah. Dan mereka juga akan membantu menentukan pola makan (diet) dan rencana exercise (olahraga), yang dapat membantu Anda menghindari banyak kondisi lain (yang tidak diinginkan).

4. Hemat Waktu dan Uang

Hidup tetap dalam kesehatan yang prima dengan mengunjungi penyedia layanan primer berarti berkurangnya perjalanan yang Anda lakukan untuk menuju rumah sakit. Pasien dengan penyedia layanan primer seringkali dapat memungkinkan untuk membuat janji temu dengan dokter lebih cepat dibandingkan dengan bila Anda membuat janji temu dengan dokter yang tidak Anda kenal sebelumnya. Penyedia layanan primer Anda menjadi familiar dengan riwayat kesehata dan faktor risiko Anda, sehingga Anda tidak perlu mengulang informasi ini tiap kali Anda mengunjungi klinik.

Kapan Saya Sebaiknya Menemui Penyedia Layanan Kesehatan Primer?

Waktu terbaik untuk menemui penyedia layanan primer adalah sebelum Anda membutuhkannya. Jangan tunggu sampai Anda sakit. Mulailah hari ini. Penyedia layanan primer Anda akan membantu Anda menyusun jadwal untuk skrining, vaksinasi dan kunjungan Anda selanjutnya.

Apa yang Harus dicari Dari Penyedia Layanan Kesehatan Primer?

Orang memilih dokter untuk berbagai alasan – apa kata teman, seberapa dekat kantornya, jenis kelamin dokter, atau apakah dokter tersebut mampu berbahasa asing. Yang terpenting adalah Anda percaya dan merasa nyaman dengan sang penyedia layanan. Dalam jangka panjang tentu hal ini akan terbentuk seiring berjalannya waktu, namun Anda akan menginginkan seseorang yang dapat menjelaskan dengan jelas dan mengerti apa yang penting bagi Anda.

Komunikasi sangatlah penting dalam hubungan pasien dan penyedia layanan primer. Cobalah untuk tidak merasa rendah diri untuk menyuarakan pertanyaan maupun kekhawatiran Anda. Jika Anda menemukan penjelasan penyedia layanan primer sulit untuk dimengerti, sudah menjadi hak anda untuk menyampaikan agar penyedia layanan dapat memberikan informasi kepada Anda dengan cara yang lebih mudah dimengerti.

Bagaimana dengan Klinik Angsamerah?

Klinik Angsamerah adalah fasilitas kesehatan swasta yang menyediakan layanan primer, dimana penyedia layanan utama adalah dokter umum, dan bila dibutuhkan para dokter umum dan tim di Angsamerah akan membantu mengkoordinir kebutuhan setiap pasien supaya dapat mengakses layanan kesehatan spesialisasi lainnya yang komprehensif misalnya memberikan rekomendasi dokter spesialis yang sesuai dengan kondisi kesehatan pasien dan juga lokasi tempat.

Jenis pelayanan kesehatan yang diberikan di Klinik Angsamerah sama seperti dengan klinik umum lainnya, ditambah dengan layanan unggulan lain seperti kesehatan seksualitas, reproduksi, adiksi, HIV dan IMS lainnya sesuai kompetensi seorang dokter umum, dan mengikuti standart pelayanan kesehatan primer.

Artikel Terkait

The Silent Infection

Seks dalam Perkawinan

Bagian 1

Bagaimana aku tahu kalau terinfeksi Klamidia dan Gonore

Porn Sex vs Real Sex

Berbagi Ilmu Lintas Batas Negara: India dan Indonesia

The Big “O”

Sebelumnya
Selanjutnya

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.