Program HAPPY

ENGLISH VERSION

Program Social Enterprise di Layanan Kesehatan

HAPPY adalah singkatan “Happy Physician, Happy Patient” dan merupakan inisiatif Angsamerah yang berfokus pada pemberdayaan para dokter umum yang bekerja di sektor swasta di Indonesia. Judul inisiatif ini berangkat dari keyakinan bahwa dokter-dokter yang memiliki pengetahuan luas, bermotivasi dan sukses secara finansial akan memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik bagi pasien-pasien mereka, sehingga akan membuat pasien mereka “happy”.

Program Happy adalah pendekatan inovatif yang bertujuan memperkuat sistem kesehatan di Indonesia dengan menciptakan jejaring 100 praktek pribadi dan klinik swasta kecil di kota-kota besar seluruh Indonesia, yang dimiliki oleh dokter-dokter yang mengoperasikannya, dan menyediakan layanan yang sesuai dengan pedoman nasional dan program kesehatan masyarakat, serta mengacu pada lima prinsip Angsamerah 1) Kualitas medis yang teruji dan terstandar; 2) Layanan berorientasi klien; 3) Personel yang bermotivasi dan terampil; 4) Sistem manajemen yang efisien dan transparan; dan 5) Sistem pemasaran yang efisien dan inovatif. Program Happy didisain sebagai suatu model inovasi yang memberikan dampak bermakna pada layanan kesehatan, akan memperbaiki aksesibilitas, keterjangkauan biaya, dan kualitas dalam pelayanan kesehatan Indonesia.

Beragam manfaat yang diraih yaitu:

Manfaat bagi Masyarakat

Program Happy, terdiri dari jaringan yang mencapai 100 praktek pribadi dan klinik, akan meningkatkan perluasan ketersediaan jumlah layanan dengan pendekatan yang holistik dan bersahabat terhadap seksualitas bagi masyarakat. Peningkatan aksesibilitas akan mengarah kepada penurunan morbiditas dan mortalitas terkait masalah-masalah kesehatan seksual dan reproduksi.

Manfaat bagi Dokter

Program Happy akan meningkatkan profil para dokter umum di Indonesia. Inisiatif ini akan menyediakan semua dukungan teknis yang dibutuhkan dokter umum untuk membangun dan menjalankan praktik pribadi atau klinik mereka sendiri.

Dukungan ini dapat termasuk pengembangan keterampilan klinis, dukungan manajemen, bantuan sistem pengolahan data pencatatan-pelaporan, kendali mutu, promosi dan pemasaran, dan dukungan pendanaan.

Dokter yang bergabung akan turut berkontribusi menginvestasikan modal pribadi mereka sendiri, demi meningkatkan komitmen dan rasa memiliki.

Manfaat bagi Pemerintah

Ruang lingkup yang luas dari Program Happy, yang melibatkan hingga 100 praktek swasta dan klinik, akan memperbaiki akses keserapan dan cakupan pelayanan kesehatan yang efektif dan berkualitas, sehingga sangat mendukung agenda kesehatan masyarakat dari pemerintah. Saat ini, lebih dari 50% pengeluaran kesehatan masyarakat dibelanjakan pada sektor kesehatan swasta. Peningkatan koordinasi dan kolaborasi antara sektor publik dan swasta akan menguntungkan masyarakat dan memperkuat sistem kesehatan Indonesia.

Manfaat bagi Investor

Investasi pada Program Happy adalah investasi masa depan yang lebih sehat bagi Indonesia, sementara pada saat yang sama memungkinkan perolehan keuntungan pendapatan yang baik selama periode lima tahun. Investasi ini sangat ideal bagi investor yang juga peduli akan aspek sosial, yang tengah mencari solusi inovatif baru layanan kesehatan yang berpotensi dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan manfaat bagi masyarakat.

Di mana Angsamerah berdiri?

Sejak awal, Institusi Angsamerah telah menerapkan prinsip-prinsip Happy pada dua klinik Angsamerah. Bertahun-tahun lamanya Angsamerah tanpa lelah terus berusaha meningkatkan kualitas dan kelayakan program ini. Elemen inti dari Program Happy telah diterapkan dalam setiap kemitraan Angsamerah dengan institusi lain, seperti ASHM, USAID-SUM II, dan UNFPA. Sampai sekarang, divisi kemitraan Angsamerah telah bekerja dengan 28 praktek swasta dan klinik berdasarkan lima prinsip utama dalam mengoperasikan bisnis layanan kesehatan swasta yang sehat dan sukses, dan 16 dokter umum telah dibimbing secara intensif. Saat ini, Angsamerah tengah berproses mengembangkan rencana bisnis untuk Program Happy dan mencari mitra dan investor yang tertarik, yang memiliki visi dan keyakinan sama pada kelayakan dari kesuksesan program ini.

Saat ini, Angsamerah sedang dalam proses mengembangkan rencana bisnis untuk Program Happy dan mencari mitra yang tertarik dan investor, yang memiliki visi yang sama dan kepercayaan kelayakan dari kesuksesan program. Program ini dikelola oleh Felix Neuenschwander, untuk informasi lebih lanjut silahkan jangan ragu untuk e-mail kami.

Angsamerah Institution Profil

You may also like

Leave a comment