Angsamerah Articles Prostat dan penuaan

Prostat dan Penuaan

Jika mendengar kata prostat, sebagian besar pria mungkin akan langsung berpikir mengenai masalah kencing. Tidak dipungkiri bahwa prostat menjadi momok untuk banyak pria seiring bertambahnya usia mereka. Tulisan berikut akan mengenalkan Anda pada apa yang dinamakan prostat beserta permasalahannya yang tersering yaitu pembesaran prostat.

Berkenalan dengan Prostat

Prostat adalah kelenjar seukuran kacang kenari yang merupakan bagian dari sistem reproduksi pria. Kelenjar ini tersusun atas dua bagian membentuk kerucut dan luarnya dilapisi suatu jaringan. Meskipun sebagian besar merupakan kelenjar, prostat juga tersusun atas jaringan otot sebanyak 30-50%. Letaknya ada di sebelah depan rektum dan tepat di bawah kandung kemih. Hingga saat ini ilmuwan baru mengetahui sebagian fungsi prostat, yakni untuk memproduksi cairan sebagai zat makanan bagi sperma dan mengubah keasaman liang vagina. Cairan ini baru dikeluarkan saat sperma melewati uretra (saluran kencing), yang berjalan di bagian tengah prostat, ketika seorang laki-laki berada dalam fase klimaks seksual.

Prostat Juga Mengalami Pertumbuhan

Seiring bertambahnya usia, kelenjar prostat akan mengalami pembesaran. Bersama dengan kematangan seorang pria, prostat pun mengalami dua periode pertumbuhan. Pertama saat pubertas, di mana prostat membesar hampir dua kali lipat ukuran asalnya. Kedua, sekitar usia 25 tahun prostat memulai lagi episode pertumbuhannya. Pembesaran episode kedua berlangsung sepanjang hidup, dan kemudian mungkin berlanjut sebagai benign prostate hyperplasia (BPH).

BPH adalah tumor jinak pada prostat akibat sel prostat yang terus mengalami pertumbuhan. Secara mikroskopik, perubahan prostat bisa dilihat sejak seseorang berusia 35 tahun. Pada usia 60-69 tahun, pembesaran prostat mulai menimbulkan keluhan klinis pada 50% pria. Sementara pada usia 80 tahun, BPH terjadi pada hampir 100% pria. Pada tahun 2000, WHO mencatat ada sekitar 800 juta orang yang mengalami BPH di seluruh dunia.

Ketika prostat membesar, jaringan yang melapisinya di luar tidak ikut berekspansi, hal ini menyebabkan uretra terjepit. Dinding kandung kemih pun menebal dan mudah terangsang, ditandai dengan gampangnya kandung kemih berkontraksi meskipun hanya berisi sedikit urin. Lama kelamaan kandung kemih akan kehilangan kemampuannya berkontraksi sehingga tak mampu mengeluarkan urin. Hal-hal inilah yang menyebabkan keluhan klinis pada pasien dengan pembesaran prostat.

Teori Terjadinya BPH

Telah beratus tahun orang pecaya bahwa BPH terjadi terutama pada pria berusia lanjut dan tidak mungkin terjadi pada pria yang testisnya dibuang sebelum usia puber. Sehingga kemudian teori yang dikembangkan, didasarkan pada faktor yang terkait usia dan testis. Misalnya, perubahan komposisi hormon tetosteron dan estrogen yang dihasilkan pria seiring penuaan. Di usia lanjut, jumlah testosteron yang aktif berkurang dan digantikan oleh estrogen. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa peningkatan jumlah estrogen berpengaruh terhadap pertumbuhan sel pada kelenjar prostat.

Teori lain menyebutkan bahwa DHT (dihidrotestosteron) tetap diproduksi oleh pria berusia lanjut, sehingga memacu pertumbuhan sel. Normalnya DHT berkurang produksinya di usia lanjut dan mengontrol pertumbuhan sel prostat. Ada lagi yang menyebutkan bahwa BPH terjadi karena aktivasi program dari awal kehidupan. Sel yang diaktifkan di masa tua menginstruksikan sel lain di kelenjar prostat untuk sensitif pada rangsangan hormon pertumbuhan.

Gejala Yang Dirasakan

Keluhan paling sering adalah gangguan buang air kecil akibat jepitan pada uretra dan hilangnya kemampuan kandung kemih untuk mengosongkan isinya. Beberapa keluhan yang lazim ditemui dalam praktek adalah:

– Aliran kencing yang lemah, terputus, dan terkesan ragu-ragu
– Sensasi urgensi (ingin segera kencing) atau kencing menetes
– Sering kencing terutama malam hari
– Perlu mengejan untuk bisa kencing

Dokter biasanya akan bertanya dan memberi skor dengan International Prostate Score Symptoms untuk dapat mengarahkan diagnosa BPH dan menentukan tindakan yang harus diambil selanjutnya. Keparahan suatu keluhan tidak tergantung pada besarnya pembesaran kelenjar prostat yang terjadi. Kadang juga seorang pria sama sekali tidak tahu adanya hambatan pada saluran kencing, melainkan tiba-tiba tidak bisa kencing sama sekali. Keadaan ini disebut sebagai retensi urin akut. Pada pria dengan BPH harus berhati-hati mengonsumsi obat flu atau alergi yang dijual bebas, karena mengandung zat dekongestan yang berisiko memicu retensi urin.

Retensi urin dapat mengarah ke permasalahan serius seperti infeksi saluran kencing, kerusakan kandung kemih atau ginjal, batu ginjal, serta inkontinensia (tidak mampu mengontrol kencing). Jika kandung kemih mengalami kerusakan permanen, pengobatan BPH akan menjadi tidak efektif. Meski keluhan di atas juga bisa menjadi pertanda masalah medis lain, 8 dari 10 kasus mengarah ke BPH. Kondisi lain yang bisa menyebabkan keluhan serupa adalah kanker prostat. Kepastian baru bisa didapat dengan pemeriksaan dokter.

Memastikan BPH

Ketika Anda periksa ke dokter dengan keluhan kencing dan dicurigai BPH, selanjutnya akan dirujuk ke dokter ahli saluran kencing (urologis). Diperlukan beberapa pemeriksaan seperti:

Digital rectal examination. Tes yang pertama kali dikerjakan dengan cara memasukkan jari dokter ke rektum untuk meraba prostat. Dengan ini dokter dapat memperkirakan ukuran dan kondisi prostat.
– Tes Darah-Prostate Specific Antigen. Direkomendasikan untuk pria di atas 50 tahun untuk membedakan dengan kanker prostat.
– USG dan Biopsi Prostat. Prosedur ini dilakukan jika curiga ada kanker prostat.
– Evaluasi Aliran Kencing. Menggunakan sebuah alat untuk mengukur kecepatan aliran kencing, bila berkurang biasanya mengarah ke BPH.
– Sistoskopi. Memasukkan tabung kecil melalui lubang saluran kencing di penis setelah sebelumnya diberi gel untuk mati rasa. Pada tabung ini terdapat lensa dan pencahayaan agar dokter bisa melihat bagian dalam saluran kencing. Dengan begitu, dokter bisa menentukan derajat hambatan di saluran kencing akibat prostat yang membesar.

Mengatasi Pembesaran Prostat

Watchful Waiting

Untuk pasien dengan keluhan minimal, biasanya dokter tidak memberikan obat atau tindakan apapun. Hanya menunggu dan melihat perkembangan BPH. Ketika keluhan memberat baru dipertimbangkan pengobatan atau tindakan operasi.

Menggunakan Obat

Terdapat 6 obat yang disetujui oleh FDA untuk meringankan gejala akibat BPH, yaitu finasteride, dutasteride, terazosin, doxazosin, tamsulosin, dan alfuzosin. Ada yang berguna menghambat DHT dan ada yang merilekskan otot prostat sehingga mengurangi jepitan pada uretra.

Operasi

– Minimal Invasive Therapy
Dikembangkan karena tidak semua obat efektif mengatasi BPH. Metodenya beragam, yang pasti menggunakan prinsip pemanasan untuk menghilangkan bagian prostat yang membesar. Ada yang menggunakan gelombang mikro, ablasi transuretra dengan jarum berfrekuensi rendah, termoterapi yang diinduksi air, dan gelombang ultra berfokus intensitas tinggi.

– Operasi Prostat
Solusi jangka panjang yang sering disarankan dokter adalah dengan mengangkat bagian prostat yang membesar. Caranya dengan operasi transuretral, open surgery, serta operasi dengan laser (PVP dan koagulasi interstitial) 90% operasi yang dilakukan menganut model transuretra (TURP). operasi ini berlangsung sekitar 90 menit. Caranya dengan memasukkan resektoskop sepanjang 12 inci dengan diameter ½ inci melalui penis. Selama prosedur berlangsung, sedikit demi sedikit jaringan yang mendesak diangkat dan akhirnya diirigasi dengan cairan.

Meskipun semua laki-laki hampir bisa dipastikan akan mengalami pembesaran prostat, penyakit ini sifatnya jinak dan tidak mengancam nyawa. Pembesaran yang terjadi perlahan tapi pasti bisa dikontrol dengan obat. Mengatasi dengan melakukan operasi juga menjadi jalan keluar permanen dengan komplikasi yang relatif minimal.

Referensi

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease

Artikel Terkait

Story of Condom

Hepatitis B (Bagian 2)

Penting membersihkan penis dengan benar!

The Rocky Horror Picture Show

The Penis Book 2, Menu

Sunat Pada Pria Dewasa

Kegel Exercise

Sebelumnya
Selanjutnya

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.