Pusat Pelatihan dan Pembelajaran Angsamerah: Penguatan Tenaga Kerja Kesehatan Indonesia

ENGLISH VERSION.

Pusat Pelatihan dan Pembelajaran Angsamerah: Penguatan Tenaga Kerja Kesehatan Indonesia.

Angsamerah Institusi telah menetapkan dirinya sebagai Pusat Pelatihan dan Pembelajaran dan “Bank Ide yang Inovatif” untuk para penyedia layanan kesehatan profesional diseluruh Indonesia, khususnya untuk para Dokter Umum yang tertarik ingin mengembangkan kapasitas profesional mereka terkait dengan manajemen klinis HIV dan AIDS, IMS, Hepatitis, TBC dan penyalahgunaan zat adiktif, serta dari mereka yang ingin belajar bagaimana merancang dan menjalankan sebuah klinik pribadi yang sukses. Semua kami kembangkan berdasarkan keahlian dan pengalaman Angsamerah di lapangan.

Paket Pelatihan dan Pendampingan yang diberikan adalah penggabungan antara teori dan komponen praktek yang terdiri dari pengembangan keterampilan klinis, aspek strategi bisnis dan pengembangan personil. Kegiatan disampaikan melalui lokakarya, study tours, pelatihan pendampingan langsung ke pasien dan praktek kerja di klinik Angsamerah.

Sejak 2010 Angsamerah telah berhasil menciptakan dua model klinik swasta yang inovatif, yang memberikan layanan berdasarkan Lima Prinsip Utama Angsamerah untuk menjalankan sebuah klinik swasta yang sukses: 1) Kualitas medis yang teruji dan terstandar; 2) Layanan berorientasi pada klien; 3) Personel bermotivasi dan terampil; 4) Sistem manajemen yang efisien dan transparan; dan 5) Sistem pemasaran yang efisien dan inovatif. Kedua model klinik tersebut memiliki potensi sebagai inkubator bagi klinik swasta lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan mereka dan mengembangkan bisnis mereka agar dapat dikelola dengan baik dan terus bertumbuh secara sehat.

Pada bulan Juli 2014, Angsamerah berkolaborasi dengan ASHM dan IDI menyelenggarakan lokakarya dua hari berjudul “Pelajaran Praktis: Manajemen Klinis (SEX, HIV & Obat), Komunikasi Interpersonal, dan Strategi Bisnis Jasa Pelayanan Kesehatan Primer untuk Dokter Umum di Sektor Swasta “. Lokakarya ini bertujuan untuk melahirkan dokter umum, yang bekerja di sektor swasta, memiliiki  pengetahuan dasar yang komprehensif terkait dengan manajemen klinis HIV dan AIDS, IMS, hepatitis, TBC dan penggunaan Narkoba. Dokter yang berpartisipasi juga belajar mengenal dasar-dasar konseling, komunikasi interpersonal, dan strategi bisnis, dan mereka menghadiri sesi bagaimana meningkatkan motivasi diri. Lokakarya ini melibatkan berbagai ahli di tingkat Nasional terkait HIV dan AIDS, IMS, HIV dan koinfeksi hepatitis, HIV dan TBC koinfeksi, adiksi, gender dan seksualitas, konseling, komunikasi dan motivasi diri.

Menyusul keberhasilan lokakarya pada tahun 2014, Angsamerah kemudian mengembangkan paket dukungan yang lebih komprehensif untuk dokter umum yang tertarik pada aspek praktis. Pada 2015 Angsamerah telah melakukan dua lokakarya serupa untuk para dokter dari sektor swasta dan dokter dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Selain tiga hari lokakarya, paket pelatihan juga didukung dengan pilihan; satu hari belajar praktek lapangan di klinik Angsamerah.

Paket Pelatihan dan Dukungan yang diusulkan untuk Dokter Umum terkait dengan visi jangka panjang Angsamerah memberikan kontribusi bagi reformasi sistem kesehatan Indonesia dengan menciptakan jaringan 100 klinik swasta dan praktek pribadi di seluruh Indonesia (HAPPY Initiative), menyediakan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas demi merespon jumlah pasien yang terus meningkat. Program pelatihan yang Angsamerah selenggarakan sejalan dengan program HIV nasional, telah disahkan oleh IDI, Kementrian Kesehatan, dan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN).

Program Pelatihan Angsamerah dikelola oleh Adhe Zam Zam Prasasti, untuk informasi lebih lanjut silahkan jangan ragu untuk e-mail kami.

Profil Institusi Angsamerah

Tautan dengan beberapa pelatihan Angsamerah

You may also like

Leave a comment