Angka pada hasil test hiv dengan metode hiv ag/ab combo (cmia)

Answered

Selamt malam
Saya ingin bertanya ,saya telah melakuka tes anti hiv dengan metode hiv ag/ab combo(cmia) di biomedika . Yang menjadi pertayaan kenapa hasil menujukan angka saja . Hasil test yg pertama 0.09 pada tanggal 26 Juli 2017 dan hasil test yg kedua pada Tanggal 29 January 2018 dengan metode yang sama ,dengan hasil 0.09. Dengan Nilai Rujukan < 1.00 Non reaktif dan >_ 1.00 Reaktif . Saya test karena saya takut tertular hiv,karena saya sering sekali cape dan pegal2 . Saya pun paling hanya pernah melakukan handjob,berciuman dan mengisap payudara,tetapi selama test pertama dan test kedua saya berhenti melakukan perbuatan itu. Yang menjadi pertayaan saya kenapa ada angka pada hasil tes saya dan apakah hasil test saya itu menunjukan saya negativ hiv?

1 answer

Salam mas, memang CMIA menggunakan pengukuran jumlah antibodi sehingga angka yang akan ditampilkan. Bila hasil tersebut lebih kecil atau dibawah dari nilai rujukan maka hasilnya adalah non reaktif atau negatif. Selama angka tersebut dibawah nilai rujukan maka dapat diabaikan. 

#1
  1. Anonymous February 5, 2018
    Berati hasil tes dengan metode cmia pasti akan memunculkan angka yah dok,walaupun hasil nya non reaktiv atau negativ hiv.Dan hasil dari tes hiv dengan metode hiv ag/ab combo (cmia) mendapat kan hasil /angka yang menunjukan non reaktiv atau negativ hiv yah dok?Apakah tes saya sudah dapat dinyatakan final atau dapat di nyatakan Saya negativ hiv?Karena saya sangat kwatir,akan hasil tes saya.Selama tes pertama ,sampai tes ke dua ( 6 bulan lebih 3 hari) .saya sudah berhenti total melakukan hal yg beresiko tertular virus hiv.
  2. Salam mas/mbak, CMIA atau Combo tes pasti akan memunculkan angka. Jadi yang dibaca hanya kesimpulan saja, reaktif atau non reaktif. Bila tes tersebut dilakukan melewati masa jendela terpanjang yaitu 12 minggu maka hasilnya sudah final.

Please login or Register to Submit Answer

You may also like