Question #24937

views

5068

Apa yg hrs sy lakukan utk mengetahui kondisi rahim sy?

selamat malam dok... sy telah menikah selama 1 thn dan pada awal februari 2015 sy di diagnosis terkena adnexitis kanan/radang panggul dan diberi antibiotik utk semgg.berdasarkan informasi bhw penyakit tsb adalah PMS. Sy sendiri tdk pernah melakukan seks beresiko sebelumnya dan hasil test suami sy jg negatif. sy jg pernah dikuret seblmnya. mohon pencerahan dari dokter seberapa berbahayanya penyakit sy tsb dan apa yg hrs sy lakukan utk melakukan pengobatan. Apa yg hrs sy lakukan utk mengetahui kondisi rahim sy?Apakah karena dikuret atau apabila kita mengalami keputihan bertahun tahun dapat menyebabkan infeksi radang panggul?terimakasih utk penjelasannya. Dian

Answer

Selamat siang Ibu Dian. Mohon maaf baru memberi tanggapan atas pertanyaann yang diajukan. Adnexitis adalah salah satu bentuk infeksi pada adxexa (tuba falopii, salphinx, ovarium , fimbrae). dan bisa rmasuk penyakit menular sexual (PMS), bila disebabkan bakteri PMS. Tetapi adnexitis bisa juga disebabkan bukan karena PMS. Bila penyebabnya adalah bakteri yang ada karena wanita kurang menjaga kebersihan alat reproduksi, atau misalnya menggunakan pencuci vagina setiap hari atau menggunakan panty liner seharian bisa mengakibatkan adnexitis dengan tanda sering keputihan.
Selama infeksi tidak diobati dengan tepat, maka keputihan bisa timbul dalam jangka waktu yang lama. Dengan dilakukan kuret bisa memicu naiknya infeksi dari vagina ke uterus dan dapat berlanjut ke adnexa. Tetapi ini bisa diobati, seperti pengobatan yang sudah diberikan dokter Ibu. Apakah setelah pengobatan dengan antibiotik yang diberikan saat itu sudah menghentikan keputihan? Kalau keputihan masih berlanjut baiknya periksakan diri ke dokter kebidanan untuk dilakukan USG dan melihat apakah akibat adnexitis menimbulkan masalah dengan kandungan Ibu. Demikian saya sampaikan, semoga penjelasan saya ini bisa membantu Ibu. Salam Angsamerah.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.