Question #24972

views

377

Apakah DM bisa sembuh….???

Apakah DM bisa sembuh….??? karena ibu saya makin hari makin parah aja……+ komplikasi ke kolesterol tinggi, asam urat terakhir kena ginjal, padahal sudah sangat2 patuh kepada dokter baik itu makanan maupun obat2annya….. terima kasih…

Answer

DM adalah penyakit kronis yang bisa dikontrol, tapi tidak pernah bisa sembuh. Kebanyakan penyakit metabolik sifatnya demikian, sehingga perlu dikontrol dengan asupan makanan, aktifitas fisik teratur, manajemen stres, menghindari konsumsi zat yang merusak seperti rokok, ditambah pengelolaan dengan obat-obatan dari dokter.
Memang jenis penyakit metabolik kronis susah-susah gampang untuk ditangani. DM yang tidak terkontrol akan berakibat komplikasi ke berbagai organ dengan merusak fungsinya.
Kondisi sakit kronis seperti ini juga membutuhkan penerimaan psikologis yang tidak mudah, sehingga membantu dalam menjalankan manajemen pengobatannya. Selain itu, usia yang sudah lanjut juga berpengaruh terhadap respon pengobatan atau manajemen yang diberikan, maka perlu evaluasi menyeluruh dari dokter yang merawat.
Semoga kondisi Ibunda lekas membaik dan bisa melewati semua dengan lancar.
Regards,
Dr. Gina Anindyajati

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.