Berat badan

Answered

Selamat malam Dok,
saya mau tanya, umur saya 24th dan saya dinyatakan positif HIV oktober 18-2017 dgn CD4 saya 310 dan saya ternyata ada sifilis juga 1:128 , semua berawal dari seringnya saya sakit panas ,batuk sembuh dalam jangka lama, dan pasangan saya ternyata sebelumnya di nyatakan HIV tanpa saya tau, akhirnya saya di bantul untuk cek dan hasil positif. Dan yang ingin saya tanyakan dari saya sakit di awal sebelum cek hiv berat badan saya sudah turun hingga saya sekarang konsumsi ARV berat badan saya susah naik dok , kesehatan saya sudah stabil makan teratur dan konsumsi Arv tepat waktu. Sudah 2 bulan saya konsumsi ARv tapi butuh berapa lama waktu untuk berat badan saya naik ya dok ? Apa memang odha itu akan selalu kurus ?
terima kasih

1 answer

Selamat malam. Terima kasih atas pertanyaannya.
Berat badan yang turun pada seorang dengan HIV positif bisa terjadi karena nafsu makan yang kurang akibat mungkin ada infeksi opurtunistik seperti jamur Candida atau mungkin adanya batuk kronis yang belum diobati. Umumnya berat badan turun disebabkan karena nutrisi pasien juga sudah diambil oleh virus yang ada didalam tubuhnya.
Bagus anda sudah konsumsi ARV yang artinya bisa meningkatkan CD4 sehingga tubuh mampu melawan infeksi yang ada dalam tubuh dan tentunya lambat laun membantu pasien untuk bertambah nafsu makan. Kadang ada pasien yang segan makan, untuk pasien demikian baiknya memaksakan diri untuk makan baiknya 3 kali sehari dan utamakan makan karbohidrat dan protein agar berat badan naik. Perlu juga dilihat kenaikan berat badan awalnya tidak bisa cepat dan melebihi berat badan maksimum yang pernah dialami pasien , tetapi umumnya bila CD4 sudah naik ada kemungkinan berat badan makin naik.
Demikian tanggapan saya, semoga membantu.

#1

Please login or Register to Submit Answer

You may also like