Question #25750

views

3322

Ciri bayi terkena hiv

Salam,
3th sebelum menikah saya berganti2 pasangan dan melakukan hubungan beresiko, terakhir thn 2015. Lalu saya menikah dan mempunyai anak usia 1th. Minggu lalu dsa bilang dia kena campak. Tapi ada ruam di pahanya. Setelah demamnya turun, dia berkeringat dingin, siang hari sampai mlm. Setelah 4hr sembuh, mendadak bdnnya anget lg. Lidahnya tampak putih.
Dr awal tiap bulannya BB hanya naik maks 400gr. Rambutnya pirang dan tipis, pdhl saat lahir tebal hitam. Ciri2 bayi yg terkena hiv seperti apa? 6bln lalu saya tes hiv dgn hasil non reaktif, apakah itu sudah valid atau perlu diulang lg? Jika perlu dan hasilnya non reaktif juga apakah saya benar2 bebas hiv? Apakah anak saya hrs tes juga? Mohon penjelasannya secepat mungkin . Saya sangat khawatir dgn ank saya.

Answer

Salam mbak, pemeriksaan HIV pada bayi usia 6 minggu sampai 18 bulan sebaiknya memakai tes dengan menggunakan EID (early infant diagnosis) dengan metode memeriksa kode genetik virus HIV yang dilakukan di rumah sakit tertentu karena sistem kekebalan pada bayi belum terbentuk sempurna. 
Bila ibu tidak terinfeksi HIV dan tidak ada tindakan yang berisiko tertular virus HIV pada bayi maka dapat dipastikan bahwa bayi juga tidak terinfeksi HIV.
Mengenai keluhan anda terkait bayi anda sebaiknya anda menemui dokter anak untuk melakukan konsultasi mengenai tumbuh kembangnya.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.