Question #25853

views

2155

Dok Saya Mohon Aprove pertanyaan soal HIV ini.

Dok saya Mohon Approve Pertanyaan Ini saya Mohon Penjelasannya. Mohon dengan sangat
Dok Saya adalah HIV Negative, Non Reactive, Saya Bukan Kaum Sex Menyimpang dan Pengguna Narkoba, pada tanggal 17 November Kemarin saya Terpajan Oleh cairan HIV dan ada bekas luka belum kering saat kecelakaan, kemudian saya segera menghubungi Keluarga saya, dan saya diberikan Informasi untuk segera Mendatangi Rumah sakit dan mendapatkan saran untuk menemui Dokter Spesialis, sebelumnya saya diminta untuk ke bagian VCT saat dibagian VCT saya segera dites HIV dan hasilnya Non Reaktif kemudian saya diberikan beberapa Obat pencegahan untuk Satu Bulan, namun setelah saya menemui dokter spesialis saya Diminta untuk cek Imunitas CD4 dan CD8 agar diketahui kekuatan imun saya dan diberikan resep obat pencegahan untuk 3 bulan, Pertanyaan saya
1. Hasil Tes jumlah CD4 saya 586 dan CD8 886, Normal namun Rasio cd4 saya rendah dibanding cd8, apakah ini tandanya saya ada potensi terinfeksi Dok ?
2. Awalnya saya diberikan obat pencegahan HIV untuk 1 bulan di vct namun kemudian ditambah menjadi 3 bulan, manakah yang benar dok ? Dan apakah karena Potensi maka ditambah ?
3. Apakah Obat Pencegah ini efektif dok berapa besar efektivitasnya ?
4. Apakah jarum pada saat sampel pengambilan darah pasti Steril dok karena saya sedang Paranoid dan Shock berat ?
5. Pada Bulan ke 3 atau ke 6 kah hasil Finalnya jika saya Non Reactive atau Negatif dengan mengkonsumsi obat pencegah setelah terpapar ini dok ?
Mohon Penjelasannya dan approvement dok

Answer

Salam mas/mbak 

  1. Diagnosa HIV tidak ditentukan dari jumlah CD4 dan rasio CD4 dengan CD8 karena pada awal infeksi hasilnya masih bagus. Bila terjadi penurunan ada banyak penyebabnya.
  2. Umumnya pencegahan paska pajanan diberi obat untuk 1 bulan lalu di cek kembali di bulan ke 3. Namun dokter yang memeriksa anda lebih tahu dan memiliki alasan mengapa anda diberikan 3 bulan. Anda bisa menanyakan langsung pada dokter yang merawat anda. 
  3. Pencegahan Paska Pajanan (PPP) menurunkan potensi penularan. Memang masih ada kemungkinan anda tertular namun peluangnya sangat kecil.
  4. Standar operasional setiap fasilitas kesehatan adalah harus menggunakan peralatan steril. Khusus jarum harus menggunakan yang sekali pakai.
  5. Bila hasil pemeriksaan berikutnya terbuti anda tidak tertular maka anda berhenti mengkonsumsi obat tersebut.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.