Dok Saya Mohon Aprove pertanyaan soal HIV ini.

Dok saya Mohon Approve Pertanyaan Ini saya Mohon Penjelasannya. Mohon dengan sangat
Dok Saya adalah HIV Negative, Non Reactive, Saya Bukan Kaum Sex Menyimpang dan Pengguna Narkoba, pada tanggal 17 November Kemarin saya Terpajan Oleh cairan HIV dan ada bekas luka belum kering saat kecelakaan, kemudian saya segera menghubungi Keluarga saya, dan saya diberikan Informasi untuk segera Mendatangi Rumah sakit dan mendapatkan saran untuk menemui Dokter Spesialis, sebelumnya saya diminta untuk ke bagian VCT saat dibagian VCT saya segera dites HIV dan hasilnya Non Reaktif kemudian saya diberikan beberapa Obat pencegahan untuk Satu Bulan, namun setelah saya menemui dokter spesialis saya Diminta untuk cek Imunitas CD4 dan CD8 agar diketahui kekuatan imun saya dan diberikan resep obat pencegahan untuk 3 bulan, Pertanyaan saya
1. Hasil Tes jumlah CD4 saya 586 dan CD8 886, Normal namun Rasio cd4 saya rendah dibanding cd8, apakah ini tandanya saya ada potensi terinfeksi Dok ?
2. Awalnya saya diberikan obat pencegahan HIV untuk 1 bulan di vct namun kemudian ditambah menjadi 3 bulan, manakah yang benar dok ? Dan apakah karena Potensi maka ditambah ?
3. Apakah Obat Pencegah ini efektif dok berapa besar efektivitasnya ?
4. Apakah jarum pada saat sampel pengambilan darah pasti Steril dok karena saya sedang Paranoid dan Shock berat ?
5. Pada Bulan ke 3 atau ke 6 kah hasil Finalnya jika saya Non Reactive atau Negatif dengan mengkonsumsi obat pencegah setelah terpapar ini dok ?
Mohon Penjelasannya dan approvement dok

1 answer

Salam mas/mbak 

  1. Diagnosa HIV tidak ditentukan dari jumlah CD4 dan rasio CD4 dengan CD8 karena pada awal infeksi hasilnya masih bagus. Bila terjadi penurunan ada banyak penyebabnya.
  2. Umumnya pencegahan paska pajanan diberi obat untuk 1 bulan lalu di cek kembali di bulan ke 3. Namun dokter yang memeriksa anda lebih tahu dan memiliki alasan mengapa anda diberikan 3 bulan. Anda bisa menanyakan langsung pada dokter yang merawat anda. 
  3. Pencegahan Paska Pajanan (PPP) menurunkan potensi penularan. Memang masih ada kemungkinan anda tertular namun peluangnya sangat kecil.
  4. Standar operasional setiap fasilitas kesehatan adalah harus menggunakan peralatan steril. Khusus jarum harus menggunakan yang sekali pakai.
  5. Bila hasil pemeriksaan berikutnya terbuti anda tidak tertular maka anda berhenti mengkonsumsi obat tersebut.
#1
  1. Anonymous December 18, 2017
    Terimakasih banyak Dokter Semoga Keselamatan dan Kesehatan akan Selalu menjadi Nikmat dan Karunia Bagi Kita semua, saya shock dokter atas kejadian ini dan bingung, jadi Validitasnya ada pada Bulan ke 3 atau Bulan ke 6 ya dok ?Dan tes Cd4 cd8 hanya untuk mengetahui kekuatan dan kestabilan Imun saya saja bukan tolak ukur infeksi HIV ? Kemudian Fasilitas Kesehatan apalagi milik pemerintah pasti sesuai operasional prosedur ya dok ? Dan terakhir dokter Jika pada bulan 3 nanti non reaktif saya tidak perlu lagi menggunakan pencegahan ?
  2. Salam mas/mbak, benar, hasil test HIV di bulan ke 3 atau 6 sama saja. Itu yang menentukan apakah seseorang terinfeksi atau tidak. Fasilitas kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, RSUD dapat dipercaya untuk melakukan pemeriksaan HIV. Bila dalam tes tersebut anda memang tidak terinfeksi maka anda bisa menghentikan obat profilaksis pasca pajanan tersebut.

Please login or Register to Submit Answer

You may also like