Hasil Tes CD4 dan CD8

Answered

Saya adalah HIV Negative namun memiliki resiko, setelah berkonsultasi dengan dokter saya diminta untuk tes HIV lagi dan hasilnya negative, kemudian saya juga diminta untuk tes kekebalan tubuh cd4 dan cd8, namun saya tidak mengerti hasilnya ada angka angka dan hanya ditulis keterangan = normal, cd4 saya 586 dan cd8 saya 886, setelah saya bertanya sana sini didapatkan Informasi bahwa rasio cd4 dan cd8 yang Normal adalah 0.9 sampai 1.9, sementara rasio cd4 saya dibanding cd8 adalah 0.66, lebih sedikit cd4 dibandingkan cd8, apakah ini artinya dok ? Bisa tolong jelaskan ? Apakah saya terinfeksi HIV ? Atau apakah saya berpotensi terinfeksi HIV ? Mohon sekali dengan sangat saya memohon pencerahan.

1 answer

Salam mas/mbak, untuk menentukan apakah seseorang terinfeksi HIV hanya dengan pemeriksaan darah khusus HIV. CD4 tidak dapat dijadikan dasar diagnosa apakah seseorang terinfeksi HIV atau tidak atau apakah seseorang akan terinfeksi HIV atau tidak. Nilai CD4 dan CD8 anda  pada saat ini masih dalam batas normal.

#1
  1. Anonymous January 15, 2018
    Mau tanya hasil tes yg baru saya jalani. CD4 absolut= 219 sel/ul, CD4 % =9.9%. CD8 Absolut 1.602 sel/ul, CD8 % = 72.21%. RASIO CD4 : CD8 = 0.14 artinya apa ya dok. Mohon penjelasannya. Terima kasih
  2. Anonymous January 16, 2018
    Hasil cd4 absolut dibawah rata2...dan persentasenya juga dibawah rata2..berarti anda terinfeksi.Apakah sudah di test antibody hiv nya pak...cd4 dibawah rata2 sebaiknya cepat dilakukan pengobatan/terapi arv sebelum terkena io..biasanya cd4 dibawha rata2 sudah terkena io..seperti jamur dan lain2...sebaiknya dikonsultasikan ke dokter spesialis hiv secepatnya sebelum trllambat..untuk melakukan langkah2 selanjutnya demi kebaikan bapak/ibu sendiri...karena rasionya pun dibawah rata2...bersabar dan jangan stress untuk tidak memperburuk keadaan..dan komsumsi makanan bergizi dan berprotein tinggi hindari makanan yang setengah matang dan mentah untuk mencegah bakteri tumbuh didalam tubuh..semoga membantu..
  3. Salam mas/mbak, bila didapati penurunan jumlah CD4 maka harus diketahui lebih dahulu penyebabnya. Tidak dapat menentukan penyakit yang diderita seseorang melalui CD4 dan CD8 saja. Jadi sebaiknya anda menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi berkaitan dengan keadaan tersebut.
  4. Anonymous January 17, 2018
    Minum ARV nya sdh rutin..awalnya tes CD4 absolutnya hanya 95 tapi sekarang meningkat menjadi 219. Pengobatan dalam waktu 6 bulan. Sdh konsultasi ke dokter juga untuk segala macam keluhan. Mulai dari salah makan kerang hijau & dara, seluruh muka saya langsung jadi merah dibagian tertentu, panas, bersisik seperti ketombe. Setelah konsul sdh mulai berkurang dan hilang.Tapi di area badan gatal dan seperti timbul warna merah mendatar dan sangat gatal. Tp saya tdk berani menggaruk. Diberi dokter bedak tabur. Tp belum ampuh. Adakah obat yg lebih manjur utk mengobatinya. Area badan gatal, merah apakah masih karena alergi kerang tersebut atau bagaimana.
  5. Salam mas/mbak, berarti sudah ada perbaikan dari jumlah CD4 ya. Memang reaksi alergi kadang muncul ketika sistem kekebalan membaik. Bila keluhan tersebut muncul sebaiknya anda mengunjungi dokter terdekat atau dokter yang menangani HIV anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
  6. Anonymous January 20, 2018
    Terima kasih penjelasannya, sangat membantu dalam sesi tanya jawab antara pasien & dokter. Sukses selalu utk blog.angsamerah.com. dan semoga teman2 ODHA selalu semangat dan berfikiran positif dlm menghadapi hidup dimasa yg akan datang

Please login or Register to Submit Answer

You may also like