hasil tes hiv

Answered

Selamat sore doktee. Ijinkan saya bertanya terkait hasil lab saya. Saya melakukan hub beresiko tgl 20 juli 2017 menggunakan pengaman. Tapi saya ketakutan luar biasa. Waktu itu saya kehilangan napsu akirnya pengaman kendor. Saya takut cairan tsb masuk pada kondisi kendor( saya melakukan anal). Setelah 1 minggu saya tes ke puskesmas utk cek antibody hasilnya nonreaktif.lanjut minggu ke 3 test di prodia antihvi metode cmia hasilnya nonreaktif.lanjut hari ke 38 saya test lgi ke prodia antihiv cmia hasil nonreaktif. Apakah saya harus mengulang lagi pada 3bln berikutnya? Saya masih selalu saja kuatir. Apakah metode CMIA otomatis merekam ag-ab ? Ataukah ada setingan manualnya? Karna hasil yg tertulis tidak detil sprti ab nonreaktif, ag nonreaktif. Namun hasil menulis dengan hasil Non Reaktif. Mohon pencerahannya..

1 answer

Salam mas/mbak, memang tes CMIA menyatakan dapat mendeteksi penularan HIV lebih cepat karena dapat melihat antigen juga. Namun untuk menegakkan diagnosa penularan maka disarankan untuk memeriksa pada minggu ke 12. CMIA sendiri dapat memberikan gambaran hasil akhir pemeriksaan pada minggu ke 12 bila dilakukan melewati hari ke 42.

#1
  1. Anonymous August 31, 2017
    Maaf Bu Dokter, maksud minggu ke 12 bila dilakukan melewati hari ke 42 itu seperti apa ya Dok? Saya masih bingung
  2. Anonymous September 1, 2017
    saya ingin menanyakan metode rapid test apa yg digunakan angsa merah dan bagaimana dengan tingkat akurasinya?
  3. Hasil pemeriksaan menggunakan metode CMIA, bila dilakukan setelah hari ke-42 maka hasilnya akan serupa dengan hasil tes yang dilakukan setelah minggu ke-12. Bila Anda masih merasa belum yakin, Anda dapat melakukan tes ulang setelah melewati masa jendela (3 bulan setelah hubungan berisiko).DI Angsamerah menggunakan metode rapid test dengan alat yang terstandar oleh dinas kesehatan pemerintah. Alat ini dianggap akurat untuk mendeteksi infeksi HIV dengan cara melihat reaksi antibodi.
  4. Anonymous September 12, 2017
    sore dok, mau tanya saya hubungan beresiko tanggal 23 Juni 17, tanggal 2 agustus 17 saya tes di puskesmas hasil NR dan saya tes lg tgl 25 agustus 17 metode Elisa hasil NR. Elisa itu sama dengan CMIA? 12minggu dari 23 juni itu klo saya hitung dikalender itu 15september (85). aapa 90 Hari dok? menurut dokter di tes elisa saya di bulan ke 2 NR bisa menggambarkan hasil sama di bulan ke 3? mohon tanggapan nya dok.
  5. Selamat sore,Pemeriksaan ELISA dan CMIA adalah dua metode pemeriksaan yang berbeda.Masa jendela (window period) bagi Anda yang melakukan tindakan berisiko di akhir bulan Juni adalah akhir bulan September. Pemeriksaan menggunakan ELISA memerlukan masa jendela antara 4 minggu-3 bulan, jadi sebaiknya memang melakukan tes 3 bulan setelah terpapar risiko untuk mendapatkan hasil akhir.

Please login or Register to Submit Answer

You may also like