Kaitan IMS dan HIV

Answered

Kepada tim angsamerah yg terhormat,
Sebelumny, terima kasih banyak utk kesediaannya menerima pertanyaan saya. Saya berharap utk kerahasiaan nama dan juga pertanyaan yg saya tanyakan disini bisa tersimpan dengan baik.

Berikut adalah pertanyaan saya:
Sekitar 2 bulan yg lalu, saya sempat melakukan hubungan intim dengan wanita tanpa menggunakan kondom. Ia mengakui bahwa ia sudah dicek kesehatan dan semuanya sehat alias tidak ada penyakit IMS.
Sekitar pertengahan Agustus, saya melakukan tes darah untuk mengetahui apakah benar bahwa saya tidak terinfeksi penyakit IMS apapun dan wktu itu, hasilny utk penyakit2 IMS seperti sipilis dan hepatitis, semuanya negatif. Begitu pula dengan hasil analisa darah, kolesterol, antibodi dam yg lainnya, semua dlm kondisi bagus dan sehat.
Yang menjadi pertanyaan saya adalah, apakah dgn kondisi demikian, ada kemgknan bagi saya utk terpapar HIV? Bila ada, kira2 brp besar kemgknan saya kena HIV, mengingat wanita tersebut mengakui kalau ia sudah bs dipastikan bebas dri STI?
Mohon penjelasannya.

1 answer

Salam mas, bila dapat dipastikan bahwa pasangan anda saat melakukan hubungan seks tersebut tidak memiliki infeksi menular seksual, maka memang tidak ada penularan karena kuman penyebabnya tidak ada

#1
  1. Anonymous September 28, 2017
    Dear Dokter Esti,Terima kasih atas penjelasannya.Hanya untuk sedikit info saja. Setelah kejadian itu saya sudah tidak pernah melakukan hubungan badan lagi. Tapi biar begitu, saya tetap merasakan ketakutan kalau ada kemungkinan bahwa saya terpapar HIV. Oleh karena itu, sejauh ini saya sudah melakukan test HIV menggunakan rapid test (cassette style, ambil darah) anti HIV 1+2 sebanyak 4 kali. Semuanya itu dilakukan dalam kurun waktu 8 - 11 minggu dan semua hasilnya negatif.Seperti kebanyakan orang yang jadi takut dengan kemungkinan terpapar HIV, semua penyakit-penyakit ringan yang ada pun menjadi momok tersendiri bagi saya. Beberapa hal yang saya rasakan selama itu adalah batuk ringan, demam yang naik turun selama satu hari (waktu itu saya ingat penyebabnya karena mencium bau after-shave yang bau alkoholnya cukup tajam), dan sakit di bagian lower-back (asal muasal sakit ini berasal dari kesalahan latihan ketika saya masih aktif di gym bertahun-tahun yang lalu). Selain itu, ada juga masa dimana saya kaget melihat berat badan saya turun 2kg dlm waktu 3-4 hari (tapi bbrp hari terakhir, tampaknya berat badan saya memang berkisar antara 78 - 80 kg terus dan tampaknya penyebab tiba2 saya turun 2kg karena 2 hari sebelumnya, apabila dipukul rata, saya hanya makan sekali dalam sehari. Di luar itu, tidak ada lagi penyakit lain seperti diare akut, ruam2 merah di sekujur tubuh, kutil di alat kelamin atau apapun yang biasanya bisa diasosiasikan dengan penyakit HIV.Pertanyaan saya sekarang, apakah bisa dipastikan bahwa saya bebas dari HIV?
  2. Salam mas, bila tes terakhir dilakukan 12 minggu setelah aktivitas berisiko terakhir maka hasilnya dapat diterima sebagai hasil akhir. Non reaktif artinya tidak terinfeksi HIV. Reaktif artinya terinfeksi.
  3. Anonymous October 2, 2017
    12 minggu disini apakah artiny 84 hari dok? Krn bnyk jg yg blg 3 bulan (90 hari)...
  4. Salam mas/mbak, benar 12 minggu bisa berarti 84 hari.
  5. Anonymous 3 days ago
    Dear Dr. Adiyana Esti.Terima kasih banyak atas jawabannya.Sedikit pertanyaan lebih lanjut. Sekarang ini saya sudah memasuki lebih dari 120 hari sejak terakhir perilaku beresiko. Terakhir kali saya melakukan pemeriksaan menggunakan rapid test Antihiv 1/2 (blood test) yang saya beli dari toko online itu adalah pada hari ke 87 dan hasilnya negatif.Sekarang di hari ke 120 lebih ini (tampakny sudah hampir 130 hari) dan akhir2 ini saya sedang mengalami sakit batuk2 berdahak dan kepala sering terasa agak sakit. Waktu itu saya juga sempat mengalami pilek dan demam. Untuk demamnya itu hanya sehari saja (pada hari saya terkena demam, demam saya itu naik turun) dan keesokan harinya sudah tidak demam lagi.Nah, sampai hari ini, tanggal 22 November 2017, saya masih batuk dan kepala juga masih sedikit sakit. Mungkinkah itu gejala HIV? Apakah hasil rapid test di hari ke 87 itu bisa dipastikan sebagai sebuah kepastian bahwa saya tidak terjangkit HIV?Maaf apabila saya terus menerus mengganggu dokter dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ini...

Please login or Register to Submit Answer

You may also like