Kelenjar getah bening HIV

Answered

permisi dok mau tanya. Dalam kasus HIV seperti apa pembengkakan kelenjar getah beningnya ? Besar kah bengkak nya ?
Terimakasih

1 answer

Terima kasih pertanyaannya mas/mbak, saya akan mencoba menjawab pertanyaannya
Pembengkakan kelenjar getah bening pada infeksi HIV :

  • Melibatkan sedikitnya dua kelompok kelenjar getah bening;
  • Sedikitnya dua kelenjar yang simetris berdiameter lebih dari 1cm dalam setiap kelompok, jadi tidak harus besar sekali.
  • Berlangsung lebih dari satu bulan
  • Tidak ada infeksi lain yang menyebabkannya. Oleh karena itu perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk menyingkirkan penyebab lain.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening bersifat tidak sakit, tidak merah
  • Kelenjar getah bening yang membengkak simetris (kiri-kanan sama)

Bila ada pertanyaan lebih lanjut dan membutuhkan konsultasi silahkan datang ke klinik angsamerah.

#1
  1. Anonymous January 1, 2017
    Dok apakah pembengkakan kelenjar getah bening dileher sudah pasti gejala hiv ataua ada penyakit lain yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening
  2. Anonymous January 1, 2017
    Dok yang dimaksud dua kelenjar yang simetris itu kaya gimana
  3. Anonymous January 1, 2017
    Dan tidak ada infeksi lain maksudnya apa?
  4. Salam mas/mbak, pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh keadaan lain seperti infeksi di daerah sekitar kelenjar bening. Contohnya bila sedang sakit gigi atau infeksi telinga atau sedang batuk pilek maka kelenjar getah bening sekitar leher akan membesar. Selain itu pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan infeksi TBC dan tumor dari kelenjar getah bening sendiri. Pembesaran yang simetris maksudnya sisi kanan dan sisi kiri sama-sama membengkak dan berukuran kurang lebih sama.Untuk pembesaran kelenjar getah bening pada HIV harus disingkirkan penyebab lain, seperti infeksi, tumor, TBC
  5. Anonymous January 6, 2017
    Jadi untuk mengetahui secara pasti pembengkakan KGB pada hiv itu harus dengan tes darah ya dok, biar akurat.?
  6. Salam mas/mbak, untuk mengetahui penyebabnya pembesaran kelenjar getah bening disebabkan oleh HIV tidak hanya dari pemeriksaan darah. Ada pemeriksaan lain yang menyingkirkan penyebab lain. Misalnya dengan biopsi.
  7. Anonymous January 9, 2017
    Maksud dari pemriksaan lain yang menyingkirkan penyebab lain apa dok? Maaf dok sya kurang mengerti
  8. Salam mas/mbak, seperti dijelaskan di atas, banyak jenis pemeriksaannya. Itu sebabnya tidak bisa dilakukan sendiri dan tidak bisa di kira-kira. Dokter akan meraba kelenjar tersebut, melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG, pemeriksaan darah, biopsi, X-ray, MRI. Karena penyebab pembesaran kelenjar getah bening banyak, tidak hanya HIV.
  9. Anonymous May 1, 2017
    Salam dok, saya demam menggigil sakit kepala selama 2 hari stlh hari ke 2 sakit menelan air liur(kelenjar mmbesar pd bawah telinga diraba agak sakit) riwayat 11 hari sblm demam melakukan hubungan intim dgn terapis pijat menggunakan kondom, apa kh resiko infeksi hiv dok
  10. Anonymous August 22, 2017
    dok apakah kelenjar simetris itu muncul bersamaan atau berbarengan ?
  11. Salam mas, sakit menelan bisa disebabkan infeksi virus seperti mumps, flu, atau bakteri. Jadi sebaiknya anda tetap melakukan tes di minggu ke 12 setelah paparan. Kelenjar getah getah bening membesar karena reaksi kekebalan tubuh maka kejadiannya tentu bersamaan.
  12. Anonymous August 29, 2017
    Dok saya terkena kelenjar getah bening .. sudah 2 minggu ini terasa sakit bgt dok .. bdan selalu anget dok .. kalau malam kdang gerah .. klo pagi kedinginan dok .. kmren batuk tapi batuk nya itu bukan terus terusan dok ntar batuk trus berhenti trus batuk lagi gtu trus dok 3 mingguan trus saya beli wood yg batuk kering batuk nya udah jarang banget dok .. trus berat badan saya turun drastis dok dri pertama sakit udh trun sekitar 9% dok .. apakah saya terkena hiv dok? Bsk saya mau test vct dok .. bagaimana klo hasil nya poasitif dok,
  13. Salam mas/mbak, keluhan yang anda alami saat ini tidak hanya disebabkan oleh infeksi HIV saja namun bisa karena TB atau infeksi saluran nafas lain. Bila memang disebabkan oleh HIV, maka langkah selanjutnya anda dipersiapkan untuk minum ARV agar kualitas hidup anda dapat terjaga dengan baik sama seperti orang tidak terinfeksi.
  14. Anonymous September 1, 2017
    iya dok .. saya kena hiv tapi obat di berikan minggu depan .. dan apakah kelenjar saya bisa saya nanti bisa sembuh dok kalau sudah minum arv .. atau ada obat nya sendri dok?
  15. Obat yang diberikan pada orang dengan HIV/AIDS terdiri dari rejimen khusus (ARV-antiretroviral) yang berfungsi untuk menekan pertumbuhan virus. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi sakit lain yang memerlukan pengobatan khusus. Bila tidak ditemukan penyakit lain, maka tatalaksananya cukup dengan menggunakan ARV (obat antiretroviral).
  16. Anonymous September 3, 2017
    Iya dok saya ada kelenjar ini .. badan saya lemas .. kalau jalan saya sempoyongan dok .. soal nya selasa saya baru pemeriksaan dok
  17. Salam mas/mbak, ikuti saja prosedur pemeriksaan yang ada karena itu akan mempersiapkan anda minum obat. Bila saat ini ada keluhan lemas dan sempoyongan akan terlihat penyebabnya dari pemeriksaan tersebut. Namun juga bisa muncul karena sebab psikis. Semangat, semoga anda bisa menjalaninya dengan baik
  18. Anonymous September 12, 2017
    Dokter.. bisakah obat de nature menghambat terdeteksinya antibody atau antigen p24?
  19. Salam mas/mbak, tidak ada yang mengganggu pemeriksaan antibodi terhadap HIV kecuali pada gangguan sistem kekebalan itu sendiri seperti pada keadaan setelah kemoterapi pada kanker, kekurangan gizi yang sangat parah.
  20. Anonymous 6 days ago
    dok saya mau tanya.saya berhubungan intim tidak memakai kondom seminggu yang lalu. terakhir saya vct itu hasilnya negatife, apabila pasangan saya negative juga apakah saya bisa terinfeksi hiv? dan akhir akhir ini leher dan bawah ketiak saya ada benjolan kecil tapi cuman di bagian kanan, apa itu termasuk gejala hiv ?
  21. Anonymous 5 days ago
    Dokter, sy melakukan anal sex dgn kondom tgl 20 juli 2017 tp saya ragu takut cairan masuk melalui longgarnya kondom saya karna sy tak bs ereksi lama dan akirnya di kocok pakai tangan sampai terasa panas.waktu di kocok itu sy masih dlm kondisi tak ereksi dan takutnya cairan anal masuk waktu pengocokan tsb. Sehari setelahnya saya merasa dlm kemih terasa gatal sampai 3 hr sembuh.Seminggu setelah hub sexual tsb saya tes hiv hasilnya negatif dan saya berobat kuatir gonore dan saya br berobat stlh tes tsb dan dikasih obat utk diminum 5hari tp gak tau nama obatnya karna ga ada labelnya. Saya juga beli obat herbal(klo gak salah yg kandungannya sirih merah,brutawali,bawah putih,kumis kucing,sambiloto,daun5jari,kencur) utk konsumsi krglebih 10hr. Apakah hal tersebut mempengaruhi windows period?
  22. Anonymous 5 days ago
    Dokter. Jika tidak terpengaruh pada antibody. Apakah antigen p24 dpt.dipengaruhi?
  23. Anonymous 4 days ago
    Dokter. Ditunggu jawabannya
  24. Hubungan seks tanpa kondom yang dianggap berisiko menularkan HIV adalah bila salah satu pasangan berstatus HIV positif, atau status HIV nya tidak diketahui. Bila kedua pasangan sama-sama berstatus negatif, maka tidak ada penularan HIV yang terjadi. Pembesaran kelenjar getah bening pada HIV biasanya melibatkan kelenjar di hampir seluruh bagian tubuh. Bila kelenjar getah bening yang membesar hanya di satu lokasi, perlu dipikirkan penyebab lain selain HIV.
  25. Konsumsi antibiotik maupun obat herbal tidak memengaruhi window period (masa jendela pada HIV). Pemeriksaan HIV perlu dilakukan setelah melewati bulan ketiga bila pasangan tidak dietahui status HIV nya, atau bila pasangan terbukti positif HIV.

Please login or Register to Submit Answer

You may also like