Kelenjar getah bening HIV

Answered

permisi dok mau tanya. Dalam kasus HIV seperti apa pembengkakan kelenjar getah beningnya ? Besar kah bengkak nya ?
Terimakasih

1 answer

Terima kasih pertanyaannya mas/mbak, saya akan mencoba menjawab pertanyaannya
Pembengkakan kelenjar getah bening pada infeksi HIV :

  • Melibatkan sedikitnya dua kelompok kelenjar getah bening;
  • Sedikitnya dua kelenjar yang simetris berdiameter lebih dari 1cm dalam setiap kelompok, jadi tidak harus besar sekali.
  • Berlangsung lebih dari satu bulan
  • Tidak ada infeksi lain yang menyebabkannya. Oleh karena itu perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk menyingkirkan penyebab lain.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening bersifat tidak sakit, tidak merah
  • Kelenjar getah bening yang membengkak simetris (kiri-kanan sama)

Bila ada pertanyaan lebih lanjut dan membutuhkan konsultasi silahkan datang ke klinik angsamerah.

#1
  1. Anonymous January 1, 2017
    Dok apakah pembengkakan kelenjar getah bening dileher sudah pasti gejala hiv ataua ada penyakit lain yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening
  2. Anonymous January 1, 2017
    Dok yang dimaksud dua kelenjar yang simetris itu kaya gimana
  3. Anonymous January 1, 2017
    Dan tidak ada infeksi lain maksudnya apa?
  4. Salam mas/mbak, pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh keadaan lain seperti infeksi di daerah sekitar kelenjar bening. Contohnya bila sedang sakit gigi atau infeksi telinga atau sedang batuk pilek maka kelenjar getah bening sekitar leher akan membesar. Selain itu pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan infeksi TBC dan tumor dari kelenjar getah bening sendiri. Pembesaran yang simetris maksudnya sisi kanan dan sisi kiri sama-sama membengkak dan berukuran kurang lebih sama.Untuk pembesaran kelenjar getah bening pada HIV harus disingkirkan penyebab lain, seperti infeksi, tumor, TBC
  5. Anonymous January 6, 2017
    Jadi untuk mengetahui secara pasti pembengkakan KGB pada hiv itu harus dengan tes darah ya dok, biar akurat.?
  6. Salam mas/mbak, untuk mengetahui penyebabnya pembesaran kelenjar getah bening disebabkan oleh HIV tidak hanya dari pemeriksaan darah. Ada pemeriksaan lain yang menyingkirkan penyebab lain. Misalnya dengan biopsi.
  7. Anonymous January 9, 2017
    Maksud dari pemriksaan lain yang menyingkirkan penyebab lain apa dok? Maaf dok sya kurang mengerti
  8. Salam mas/mbak, seperti dijelaskan di atas, banyak jenis pemeriksaannya. Itu sebabnya tidak bisa dilakukan sendiri dan tidak bisa di kira-kira. Dokter akan meraba kelenjar tersebut, melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG, pemeriksaan darah, biopsi, X-ray, MRI. Karena penyebab pembesaran kelenjar getah bening banyak, tidak hanya HIV.
  9. Anonymous May 1, 2017
    Salam dok, saya demam menggigil sakit kepala selama 2 hari stlh hari ke 2 sakit menelan air liur(kelenjar mmbesar pd bawah telinga diraba agak sakit) riwayat 11 hari sblm demam melakukan hubungan intim dgn terapis pijat menggunakan kondom, apa kh resiko infeksi hiv dok
  10. Anonymous August 22, 2017
    dok apakah kelenjar simetris itu muncul bersamaan atau berbarengan ?
  11. Salam mas, sakit menelan bisa disebabkan infeksi virus seperti mumps, flu, atau bakteri. Jadi sebaiknya anda tetap melakukan tes di minggu ke 12 setelah paparan. Kelenjar getah getah bening membesar karena reaksi kekebalan tubuh maka kejadiannya tentu bersamaan.
  12. Anonymous August 29, 2017
    Dok saya terkena kelenjar getah bening .. sudah 2 minggu ini terasa sakit bgt dok .. bdan selalu anget dok .. kalau malam kdang gerah .. klo pagi kedinginan dok .. kmren batuk tapi batuk nya itu bukan terus terusan dok ntar batuk trus berhenti trus batuk lagi gtu trus dok 3 mingguan trus saya beli wood yg batuk kering batuk nya udah jarang banget dok .. trus berat badan saya turun drastis dok dri pertama sakit udh trun sekitar 9% dok .. apakah saya terkena hiv dok? Bsk saya mau test vct dok .. bagaimana klo hasil nya poasitif dok,
  13. Salam mas/mbak, keluhan yang anda alami saat ini tidak hanya disebabkan oleh infeksi HIV saja namun bisa karena TB atau infeksi saluran nafas lain. Bila memang disebabkan oleh HIV, maka langkah selanjutnya anda dipersiapkan untuk minum ARV agar kualitas hidup anda dapat terjaga dengan baik sama seperti orang tidak terinfeksi.
  14. Anonymous September 1, 2017
    iya dok .. saya kena hiv tapi obat di berikan minggu depan .. dan apakah kelenjar saya bisa saya nanti bisa sembuh dok kalau sudah minum arv .. atau ada obat nya sendri dok?
  15. Obat yang diberikan pada orang dengan HIV/AIDS terdiri dari rejimen khusus (ARV-antiretroviral) yang berfungsi untuk menekan pertumbuhan virus. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi sakit lain yang memerlukan pengobatan khusus. Bila tidak ditemukan penyakit lain, maka tatalaksananya cukup dengan menggunakan ARV (obat antiretroviral).
  16. Anonymous September 3, 2017
    Iya dok saya ada kelenjar ini .. badan saya lemas .. kalau jalan saya sempoyongan dok .. soal nya selasa saya baru pemeriksaan dok
  17. Salam mas/mbak, ikuti saja prosedur pemeriksaan yang ada karena itu akan mempersiapkan anda minum obat. Bila saat ini ada keluhan lemas dan sempoyongan akan terlihat penyebabnya dari pemeriksaan tersebut. Namun juga bisa muncul karena sebab psikis. Semangat, semoga anda bisa menjalaninya dengan baik
  18. Anonymous September 12, 2017
    Dokter.. bisakah obat de nature menghambat terdeteksinya antibody atau antigen p24?
  19. Salam mas/mbak, tidak ada yang mengganggu pemeriksaan antibodi terhadap HIV kecuali pada gangguan sistem kekebalan itu sendiri seperti pada keadaan setelah kemoterapi pada kanker, kekurangan gizi yang sangat parah.
  20. Anonymous September 13, 2017
    dok saya mau tanya.saya berhubungan intim tidak memakai kondom seminggu yang lalu. terakhir saya vct itu hasilnya negatife, apabila pasangan saya negative juga apakah saya bisa terinfeksi hiv? dan akhir akhir ini leher dan bawah ketiak saya ada benjolan kecil tapi cuman di bagian kanan, apa itu termasuk gejala hiv ?
  21. Anonymous September 14, 2017
    Dokter, sy melakukan anal sex dgn kondom tgl 20 juli 2017 tp saya ragu takut cairan masuk melalui longgarnya kondom saya karna sy tak bs ereksi lama dan akirnya di kocok pakai tangan sampai terasa panas.waktu di kocok itu sy masih dlm kondisi tak ereksi dan takutnya cairan anal masuk waktu pengocokan tsb. Sehari setelahnya saya merasa dlm kemih terasa gatal sampai 3 hr sembuh.Seminggu setelah hub sexual tsb saya tes hiv hasilnya negatif dan saya berobat kuatir gonore dan saya br berobat stlh tes tsb dan dikasih obat utk diminum 5hari tp gak tau nama obatnya karna ga ada labelnya. Saya juga beli obat herbal(klo gak salah yg kandungannya sirih merah,brutawali,bawah putih,kumis kucing,sambiloto,daun5jari,kencur) utk konsumsi krglebih 10hr. Apakah hal tersebut mempengaruhi windows period?
  22. Anonymous September 14, 2017
    Dokter. Jika tidak terpengaruh pada antibody. Apakah antigen p24 dpt.dipengaruhi?
  23. Anonymous September 15, 2017
    Dokter. Ditunggu jawabannya
  24. Hubungan seks tanpa kondom yang dianggap berisiko menularkan HIV adalah bila salah satu pasangan berstatus HIV positif, atau status HIV nya tidak diketahui. Bila kedua pasangan sama-sama berstatus negatif, maka tidak ada penularan HIV yang terjadi. Pembesaran kelenjar getah bening pada HIV biasanya melibatkan kelenjar di hampir seluruh bagian tubuh. Bila kelenjar getah bening yang membesar hanya di satu lokasi, perlu dipikirkan penyebab lain selain HIV.
  25. Konsumsi antibiotik maupun obat herbal tidak memengaruhi window period (masa jendela pada HIV). Pemeriksaan HIV perlu dilakukan setelah melewati bulan ketiga bila pasangan tidak dietahui status HIV nya, atau bila pasangan terbukti positif HIV.
  26. Anonymous September 28, 2017
    Article yg per ah saya baca di the body.com bahwa ada kasus hiv tidak terdeteksi anti body namun positiv HIV. Apakah itu hal itu ada pembenaranya bu. Masalahnya saya sudah 4 tahun periksa HIV tp hsilnya reaktive. Akan tetapi gejala klinis selalu ada yaitu sariawan mulai dari sep.2016 srmenjak saya melakukan tindakan beresiko hingga saat ini yg silah berganti dari bibir lidah hingga rongga mulut 2-4 titik dan sekarang ada benjolan kecil di bawah daun telinga saya di sertai sakit kepala dan berat badan saya sudah berangsur mulai menurun.Apa yang harus saya lakukan?
  27. Anonymous September 28, 2017
    Sorry September 2013
  28. Salam mas/mbak, pemeriksaan HIV berdasarkan antibodi terhadap virus HIV jadi bila hasilnya reaktif artinya ada antibodi yang muncul bereaksi terhadap virus HIV yang ada dalam tubuh dengan kata lain positif HIV. Jadi sebaiknya anda memeriksakan lebih lanjut untuk persiapan minum obat ARV untuk meningkatan kualitas hidup, menurunkan gejala akibat penurunan sistem kekebalan tubuh akibat infeksi virus HIV. Silahkan temui dokter di klinik layanan HIV yang anda percaya untuk mendapatkan ARV.
  29. Anonymous September 29, 2017
    Maaf sepertinya saya salah, maksud saya adalah sudah 4 tahun rutin periksa hiv dengan rapid test antibody tapi hasilnya NONREAKTIVE akan tetapi gelaja klinis selalu ada sariawan yg silih berganti, semenjak ti dakan beresiko, sakit kepala hilang timbul saat malam. Apa kah mungkin, ada benjolan dibawaj daun telinga sudah 2 minggu ini. Apakah kemungkinan hiv? Tapi tidak ada anti body?
  30. Pada orang yang terinfeksi HIV, maka hasil pemeriksaan antibodinya akan menunjukkan hasil reaktif. Bila Anda sudah melakukan tes secara rutin, dan tidak terpapar faktor risiko baru, maka kemungkinannya kecil Anda terinfeksi HIV.Keluhan seperti sariawan berulang disertai dengan sakit kepala yang tak kunjung sembuh masih bisa disebabkan oleh kondisi medis lain atau stressor mental tertentu yang mememngaruhi kondisi fisik seseorang.Alangkah baiknya bila Anda memeriksakan diri ke dokter untuk keluhan Anda, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tambahan lain yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis Anda.Salam sehat.
  31. Anonymous October 5, 2017
    dok saya mao tanya saya terkena gonore..siap it pass kena gonore aq ada demam tapi demam cuma malam demam gtw tinggi atau gx..siap itu paginya aq coba test berak keluar air gitu...tapi kira kira ada 1minggu gitu kdng keluar air kdng feses lembek....siap itu aq coba test tahan kencing karena aq masi gejala kencing nanah...siap aq coba test tahan kencing dia sakit ke lambung kayak mao mual..gitu tapi g muntah.. siap itu sebulan aq test ambil anti hiv masi non reaktivw..siap itu aq baca di google katanya ada randang tenggorokan jafi aq test k dokter tht untuk cek tenggorokan aq katanya aq kena randang tenggorokan tapi aq randang makan nelan ya g sakit. cuma memang kdng pagi tidur haus minta ampun. sampai tenggorokan dan batuk malam cuna 1 hari aja..siap itu..katanya g bole rokok dan minum es. siap itu pada saat 1bulan setelah seks bresiko aq timbul bintik kayak jerawat..di punggung katanya dokter spesialis kulit aq jerawat punggung cuma napa ya. bintiknya kalaw aq pegang siap itu aq garuk kasi pecah. timbul di sebelah...jadi hitam ntr. siap itu timbul lagi. apakah memang itu jerawat atau tanda gejala infeksi hiv......bengkak gejala getah bening aq. g ada..cuma kdng pagi aq bangun kdng ada sakit sakit di leher. di kaki. aq cuna bntr aja..kata dokter di test 3 bulan aja...dan domkter bilang g pa apa tu jerawat punggun jangan digaruk... cuma kalaw digaruk dia g nyebar. kalaw garuk malah ke sebelah lagi. tapi hanya punggung sampibg g k tengah. kanan dan kiri punggung aja..yang kiri d sembuh tinggal jejak... tingfal 1 bulan 2 minggu lagi..aq ambil anti hiv. aq ufa ambil anti hiv dengan 2 metode dan 3 metode masi non reactive.dan anti herpes sifilis sama gonore semua negatif....kata dokter spesialis aq katanya jangan takut.. apakah nie tanda gejala hiv....aq sangat takut soalnya. ..ambil test 3 bulan..nie 1 bulan aq sembuh gonore dan..skrng. .g ada demam..cuma ada sariawan cuma d sembuh....karena cuaca daerah aq sangat panas aq kurang minum air kata dokter cuma punggung jerawat aq masi lom hilang.. .masi perawatan..sebagian d hilang sebgaian masi merah.....apakah nie gerjala hiv tolong balas
  32. Anonymous October 5, 2017
    dokter spesialis bilang ke aku..kalaw orang terkana gejala hiv tu bengkak bengkak. jadi dia suru aq g usa takut. dengan jerawat punggung katanya. siap itu dia suru aqbanyak makanan bergixi dan jangan buat seks bresikk dan siap itu aq kemarin ada ke konseling disana ada pasien positif hiv aq ada bicara sama fia..cuma beda 3 bangku dia...bicara..apakaha aq bisa tertular..aq sangt takut tapu aq hanya bicara. ..g sampai sentuhan atau apapun. pass bicara disana mulut aq masi sariawan...apakah bida tertular..aq bicara mah tu pasien positif hiv kata konseling tifak bisa kalaw hanya bicara
  33. Anonymous October 5, 2017
    1 bulan setelah seks bresikk aq ambil masi non rraktive siap itu beberapa minggu timbul bintik kayak jerawat..aq pergi ambil lagi anti hiv masi non reactive itu aku pakai 3 metode ambil masi non reactive kata dokter ambil 3 bulan aja
  34. Salam mas/mbak, bila anda terinfeksi gonore maka harus mendapatkan pengobatan. Mengenai infeksi HIV sebaiknya anda mendatangi fasilitas kesehatan yang memiliki layanan HIV agar mendapatkan konseling dan penjelasan yang baik. Memang hasil terbaik pemeriksaan HIV adalah 12 minggu dari pajanan terakhir.
  35. Anonymous October 6, 2017
    @ dr. Gina anindyajatiBila Anda sudah melakukan tes secara rutin, dan tidak terpapar faktor risiko baru, maka "kemungkinannya kecil Anda terinfeksi HIV" Keluhan seperti sariawan berulang disertai dengan sakit kepala yang tak kunjung sembuh Maksudnya seperti apakah. Kog kemungkinan ter infeksi,.?
  36. Anonymous October 8, 2017
    Dok saya pernah tidak sengaja memakai sikat gigi pemakai hiv . tetapi sebelumnya saya bilas dengan air bersih dan menggunakan odol . apakah bisa terinfeksi dok dengan kondisi seperti itu ? Terimakasih dokter gina
  37. Salam mas/mbak, maksud tidak terpapar risiko baru adalah tidak ada lagi aktivitas berisiko tertular HIV 3 bulan sebelum tes. Rutin pemeriksaan maksudnya melakukan screening secara berkala untuk mengetahui status HIV.

    Pemakaian sikat gigi tidak berpotensi menjadi media penularan.
  38. Anonymous October 11, 2017
    Dok mohon pencerahan dan penjelasan, ciri ciri kelenjar getah bening di leher ketika akan muncul itu sperti apa ? Apakah ada gejala awal ketika kelenjar getah bening akan muncul. Soalnya ini leher saya kadang pegal, nyeri ringan, dan kadang nyeri di tengkuk kepala.Dan ini di dekat rambut jarak skitar 4 jari ada 2 benjol berjejer tipis tapi seperti jerawat, ketika saya garuk2 jdi perih jadi merah agk lecet. Benjolan kecil muncul selasa 10/10/2017 pagi haru stelah bngun tidur.Kebetulan malamnya saya agak demam greges, dan hari ini 11/10/2017 masih demam jugaMohon pencerahan nya dok.TerimakasihKebetulan ini saya sdh 2 hari demam tapi tidak flu.
  39. Kelenjar getah bening dapat membesar pada berbagai kondisi bukan hanya pada HIV, misalnya saat sedang mengalami infeksi saluran nafas atau radang tenggorokan. Kelenjar getah bening terletak tersembunyi di antara otot leher, berdampingan dengan pembuluh darah, sehingga pembesarannya tak tampak dari luar kecuali pada kasus lanjut, akan tampak seperti benjolan yang menonjol dari dalam leher. Bila benjolan yang Anda temukan letaknya di permukaan kulit, besar kemungkinan itu bukan kelenjar getah bening. Bisa saja benjolan tersebut merupakan kulit yang terinfeksi atau gigitan serangga atau hal lainnya. Jika Anda merasa tidak yakin, lakukan pemeriksaan langsung ke dokter sehingga dapat ditentukan langkah apa yang perlu diambil. Semoga jawaban ini dapat mencerahkan dan memberi kejelasan bagi Anda. Salam sehat.
  40. Anonymous October 19, 2017
    Dok saya ingin nanya,virus hiv yang menular melalui penis apakah melewati lubang di ujung kepala penis ataukah dari dinding2 batang penis(dalam kondisi tidak ada luka) ?
  41. Virus HIV terdapat dalam caian kelamin yang keluar melalui saluran di penis.
  42. Anonymous November 23, 2017
    Dok saya mau tanya, pembesaran kelenjar getah bening pada HIV benar seperti yang dokter katakan? Harus 2 sisi misalnya leher kanan dan kiri dan berlangsung lebih dari 1 bulan?
  43. Anonymous November 23, 2017
    Dan apakah simestris yang dimaksud itu misalnya harus bengkak pada leher kanan dan kiri? Atau simetris asalkan 2 sisi misalnya yg kanan di leher dan yang kiri di bawah daun telingan. Terimakasih dok mohon penjelasannya
  44. pembesaran kelenjar getah bening pada HIV biasanya terjadi di seluruh tubuh, simetris kanan dan kiri. Hal ini berhubungan dengan serangan virus HIV yang memengaruhi sistem kekebalan seluruh tubuh. Untuk menegakkan diagnosis HIV, tidak bisa hanya berdasarkan gejala pembengkakan kelenjar getah bening saja. Bila Anda merasa berisiko, sebaiknya Anda datang ke fasilitas pemeriksaan HIV terdekat untuk melakukan pemeriksaan darah.
  45. Anonymous November 25, 2017
    Dok kalau demam bagaimana? Apa semua yang terinfeksi HIV akan mengalami demam menggigil?
  46. Salam mas/mbak, tidak semua orang yang terinfeksi HIV akan demam. Begitu pula demam belum tentu disebabkan oleh HIV.
  47. Anonymous November 28, 2017
    Demam khas hiv bagaimana ya dok dan berapa lama ya biasanya
  48. Salam mas/mbak, demam pada HIV tidak khas. Mirip dengan demam pada penyakit kronis.
  49. Salam mas/mbak, demam pada HIV tidak khas. Mirip dengan demam pada penyakit kronis.
  50. Anonymous December 1, 2017
    Apakah hiv dapat diawali dengan tb kelenjar. Seperti batuk batuk yang lama dan bengkak diketiak, memerah, dan mengeluarkan nanah
  51. Anonymous December 9, 2017
    Bantu jawab agan diatas ya..Pada org hiv atau immunocompromised akan mudah terkena TB karena sistem imun yg lemah. TB pd HIV biasanya akan mudah menjadi TB diseases atau TB dg gejala klinis sedangkan jika pd org yg imun baik atau imunokompeten tetap bs terinfeksi TB namun biasanya hanya TB infection atau infeksi saja dn tidak menimbulkan klinis karena sistem imun yg kuat. Pada pasien TB dengan HIV akan mudah terkena TB ekstra pulmonal atau TB diluar paru karena TB menyebar lewat darah (hematogen spread) dan bisa menjadi tb otak, tb tulang, tb mata, tb kelenjar getah bening, tb sistem saraf dll. Sehingga jika anda merasa memiliki resiko HIV segeralah periksakan diri anda ke klinik VCT. Karena infeksi HIV yg disertai infeksi TB maka TB akan mempercepat pemburukan HIV atau dengan kata lain akan mempercepat utk memasuki fase AIDS dan infeksi TB dapat mengganggu bahkan menggagalkan mengobatan ARV pada tingkat yg parah. Sehingga biasanya pengobatannya akan dilakukan terapi utk TB dulu barulah dimulai terapi utk HIVnya. Kurang lebih seperti itu yaa mas/mbak. Hanya membantu menjwb mohon dikoreksi oleh dokter ya.. Terimakasih
  52. Anonymous December 11, 2017
    Selamat malam .. dok saya ingin bertanya tentang keluhan saya yang saya alami selama ini , bulan juli lalu tepat nya tgl 13 juli 2017 saya melakukan faktor beresiko tanpa pengaman/kondom , lalu ke esokan hari nya saya mulai merasa lemas" serta demam ringan , dan 2 minggu kemudian saya langsung jatuh sakit/drop dengan kelenjar getah bening saya mulai membengkak di beberapa bagian tubuh saya mulai dri selangkangan , perut,ketiak, dan leher ,, serta demam , sakit kepala , badan terasa lemas tanpa sebab , ruam kulit di tubuh , nyeri sendi dan otot , berat badan menurun , muncul keringat di telapak tangan dan kaki serta keringat berlebihan di malam hari , batuk berdahak , diare sesekali , terkena radang berulang ,gejala ini saya rasakan hingga 3 - 4 minggu , lalu setelah itu kondisi gejala saya mulai menghilang sedikit demi sedikit , dan sekarang sudah hampir 6 bulan gejala yang masih sering saya rasa kan , sakit kepala , badan tiba" lemas , batuk berdahak , dan keram di telapak kaki serta tangan dan pembengkakan kelenjar nya pun belum ada yg mengecil malah bertambah dan ada yg makin membesar , lain hal lagi .. saya setelah melakukan faktor beresiko langsung melakukan VCT di 2 minggu pertama setelah faktor beresiko dan hasil nya NON REACTIV , lalu di minggu ke 5 / satu bulan setelah faktor beresiko melakukan tes lagi dan hasil nya masih NON REACTIV , dan terakir 90 hari atau pas 3 bulan setelah saya melakukan faktor beresiko melakukan tes lagi dan hasil nya tetap NON REACTIV , dan ahli VCT nya pun bilang hasil ini sudah valid , tpi saya masih bingung knp kelenjar saya belum sembuh , membengkak terkadang rasa nyeri , kira" penyakit apa yang saya derita dok .. sekian dan terimakasih .. salam sejahtra ...
  53. Anonymous December 11, 2017
    Dan yang saya tau orang terkena HIV itu gejala nya baru muncul sekitar 1/5 sampai sepuluh tahun setelah sistem kekebalan tubuh di lemah kan oleh virus , apa benar dok .. saya tau ini dri para penderita nya
  54. Anonymous December 11, 2017
    Kalo hasil lab dan juga konselor VCT/dokter sudah menyatakan bahwa hasil tes anda valid dan anda dinayatakan bebas dari virus. Terus anda masih tidak percaya. Lalu anda mau percaya sama siapa? Itu semua muncul karena rasa bersalah dalam diri anda sendiri, belajarlah memaafkan diri sendiri dan rubahlah perilaku anda lebih baik lagi. Memang benar gejala virus baru akan timbul dalam waktu sampe tahunan, tapi virus it sdh bisa dideteksi dlm rentang waktu 3 bulan terhitung dari paparan beresiko. Jika setelah 3 bulan dari paparan beresiko anda tes dan non reaktif, ya itu sudah valid anda tidak terinfeksi virus itu, dan tidak akan berubah menjadi reaktif jika anda tidak melakukan aktifitas beresiko lagi setelahnya.
  55. Anonymous December 11, 2017
    Tpi waktu 90 hari itu apa pas kk buat hasil tes 3 bulan .. soal nya saya pas di hari yang ke 90 setelah berhubungan beresiko kak
  56. Anonymous December 11, 2017
    Tes nya maksut saya kak
  57. Anonymous December 12, 2017
    Yah.. itu benar sekali jika teman anda penderita hiv jika gejala nya baru muncul karena sudah mau memasuki tahpa aids..orang dengan imun tubuh yang kuat dapat bertahan sampai 8tahun tapi jika imunnya lemah mungkin hanya 5 tahun mungkin bisa dibawah 5tahun dikarenakan imun awal sebelum terinfeksi sudah rendah.jadi walaupun gejalanya muncul 5 tahun kemudian tetapi alat test darah bisa mendeteksi dalam 3 bulan setelah peristiwa beresiko...menurut depkes dan who hasil test hiv setelah 3bulan lebih dinyatakan valid.jika anda test pas dihari ke 90 sangat amat kecil sekali hasil test hiv nya untuk berubah..jika memang anda terinfeksi hasil anda mungkin indeterminated maka perlu dilakukan test pengulangan 1bulan kemudian dengan metode berbeda atau dengan metode western blot sebagai metode konfirmasi.jadi..tenangkan diri jika memang masih resah lakukan pengulangan 1bulan kemudian jika anda masih meragukan hasilnya...
  58. Anonymous December 12, 2017
    Tpi kira" hasil saya ini menurut kk sudah berepa persentase akurat nya ..
  59. Anonymous December 12, 2017
    Saya menggunakan metode rapid test aja kak ..
  60. Anonymous December 12, 2017
    Bantu jwb ya, jika anda tetal merasa tidak yakin dengan hasil test tersebut anda bisa melalukan test ulang 1 bulan setelahnya dan jika msih non reaktif berarti anda tidak terinfeksi tp hasil test 3 bulan setalah paparan/perilaku yang dianggap beresiko sudah valid utk membuktikan anda terinfeksi atau tidak
  61. Anonymous December 12, 2017
    Pemeriksaan menggunaan rapid,elisa dan metode lainnya sangatlah akurat,jika anda masih meragukan hasilnya anda dapat mengulang dengan metode lainnya sebulan kemudian.jadiii...silahkan anda melakukan pengetestan ulang di lab2 yang terpercaya seperti angsa merah.hasil yg akurat adalah hasil yang sudah melewati window period 3bulan setelah melakukan beresiko.
  62. Salam mas/mbak sekalian, pada infeksi HIV bisa terkena berbagai macam infeksi yang dikenal dengan infeksi oportunistik, salah satunya adalah TB.
    TB bisa menyerang seluruh organ tubuh. Tergantung pada kuman TB tersebut singgah dan membuat tempat infeksi. Untuk menentukan apakah seseorang terinfeksi TB pada HIV positif lebih sulit karena tidak khas. Akan banyak pemeriksaan yang dilakukan.
    HIV memang memperburuk TB begitu pula sebaliknya.
    Prinsip penanganan HIV adalah obati dulu infeksi oportunistiknya sampai stabil baru diberikan ARV.

    Pembengkakan kelenjar getah bening, demam, nyeri otot bisa disebabkan oleh penyakit lain jadi sebaiknya anda memeriksakan diri untuk mencari penyebab keluhan anda tersebut. Memang benar gejala HIV dapat muncul sejak minggu ke 4 sampai 10 tahun kemudian namun pemeriksaannya dapat dilihat 12 minggu setelah perilaku berisiko tertular terakhir.
    Pemeriksaan di laboratorium swasta atau pemerintah, klinik layanan HIV dapat dipercaya hasilnya karena menggunakan alat yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah.
  63. Anonymous December 18, 2017
    saya mau tanya dok?apakah ada kasus di angsa merah kalau tes 1 bulan pertama setelah prilaku beresiko hasilnya non reaktif trus pas tes di bulan ke 3 hasil nya bisa berubah jd reaktif??apakah hasil 1 bulan sudah bisa jd patokan?berpa persen tingkat ke akuratannya?
  64. Anonymous December 18, 2017
    Saya punya pembengkakan di 3 tempat dok leher kanan dan leher kiri dan bawah rahang, dulu saya pemakai behel apa kah itu pengaruh dok?
  65. Anonymous December 18, 2017
    Apa kah 3 kelenjar bengkak bisa di katakan HIV dok? Pembesaran kelenjar tidak cenderung kadang bisa mengecil atau membesar
  66. Salam mas/mbak, untuk menentukan HIV hanya dengan pemeriksaan darah. Tidak hanya berdasarkan keluhan saja. Pemeriksaan fisik diperlukan untuk mencari infeksi oportunistik. Jadi silahkan untuk melakukan tes. Mengenai hasil tes berubah setelah minggu ke 12 bisa terjadi karena pembentukan antibodi memang di rentang waktu tersebut.
  67. Anonymous December 25, 2017
    Dok saya mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di bagian selangkangan paha saya, lalu tubuh saya itu lemah letih lesu dan pegal linu serta lidah saya memutih dan saya terkena diare.Apakah saya terkena penyakit hiv dok?
  68. Salam mas/mbak, pembengkakan kelenjar getah bening bisa disebabkan banyak hal. Begitu pula keluhan anda yang lain. Untuk itu silahkan anda memeriksakan diri untuk mencari penyebab dan penanganannya. HIV hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan darah bukan dari gejala yang muncul.
  69. Anonymous January 2, 2018
    Dok kepala saya akhir" ini terasa berat namun tidak sakit, apakah ini termasuk gejala hiv?
  70. Anonymous January 2, 2018
    Itu kayaknya gejala kolesterol mba/mas.Jangan terlalu mudah mengasosiasikan apa yg anda rasakan dg HIV gan...
  71. Anonymous January 3, 2018
    Dok katanya kalau sakit kepala tiap malam jg ternasuk gejala hiv ya?
  72. Anonymous January 5, 2018
    selamat pagi dok, saya juga pernah mengalami kelenjar getah bening di leher kanan saya tp hanya berlangsung 2 hari, tp di tengkorak kiri belakang saya jg terdapat tonjolan spt benjol dan berlangsung agak lama -+ 1 bulan, posisinya tidak simetris dgn kgb saya yg di kanan dan sangat keras spt tulang, berbeda dgn kgb saya yg kanam yg agak lunak dan bergerak mengikuti gerakan leher, apakah itu kelenjar getah bening hiv? saya tidak pernah melakukan kegiatan beresiko dok hanya french kiss dan menghiaap payudara
  73. Anonymous January 5, 2018
    selamat pagi dok, saya juga pernah mengalami kelenjar getah bening di leher kanan saya tp hanya berlangsung 2 hari, tp di tengkorak kiri belakang saya jg terdapat tonjolan spt benjol dan berlangsung agak lama -+ 1 bulan, posisinya tidak simetris dgn kgb saya yg di kanan dan sangat keras spt tulang, berbeda dgn kgb saya yg kanam yg agak lunak dan bergerak mengikuti gerakan leher, apakah itu kelenjar getah bening hiv? saya tidak pernah melakukan kegiatan beresiko dok hanya french kiss dan menghiaap payudara
  74. Suatu keluhan fisik bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis, tidak selalu HIV. Untuk menentukannya maka perlu dilakukan pemeriksaan secara cermat oleh dokter, sehingga Anda perlu datang dan berkonsultasi dengan dokter supaya dapat ditentukan masalah apa yang sebenarnya terjadi pada Anda dan bersama bersepakat mengenai solusinya. Semoga jawaban ini dapat membantu Anda sekalian untuk mengambil langkah terkait kondisi kesehatan masing-masing.
  75. Anonymous 4 days ago
    dok saya mau bertanya apakah orang yang positif hiv memiliki gejala pembengkakakan kelenjer getah bening?saya tdak pernah terjadi pembengkakakan gtah bening dok..tp saya dulu pernah melakukan hal beresiko.cuma saya pernah demam,flu,sariawan dan gatal tapi cuma sebentar2 dok habis t sembuh.cuma sekarang setelah 1 tahun saya dan istri saya sama2 batuk dan radang tenggorokan dok?batuk sudah 2 mnggu?apakah itu tanda hiv dok?
  76. Anonymous 4 days ago
    tambahan dok saya sudah pernah tes darah hiv kisaran wktu 3 bulan setelah prilaku..tp saya ragu apakah 2,5 bulan atau sudah 3 bulan lebih dan hasil nya non reaktif?apakah saya hrus tes lagi dok?krna batuk istri saya tdak mau sembuh walaupun sudah ke dokter dan minum obat dokter.btuknya tidK berdahak?
  77. dr. Adiyana Esti Staff 1 day ago
    Salam mas, pembengkakan kelenjar getah bening adalah salah satu tanda saja. Tidak semua orang dengan HIV positif akan mengalaminya. Begitu pula sebaliknya. Orang dengan pembesaran kelenjar getah bening belum tentu HIV positif. Batuk yang lama, juga bisa menjadi tanda HIV namun orang dengan batuk lama belum tentu HIV. Orang dengan HIV juga belum tentu batuk lama. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi HIV atau tidak adalah dengan pemeriksaan darah. Sebaiknya anda berkonsultasi lagi dengan dokter mencari penyebab batuk tersebut.
  78. Anonymous 20 hours ago
    Hallo dok. Saya mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di leher sebelah kiri dan dibawah rahang lebih dari 1 bulan.awal awal keringat malam, namun sekarang tidak. Saya sudah sempat di tangani oleh dokter beliau menyatakan saya kena TB kelenjar. Namun paru paru saya normal. Saya juga batuk batuk kering hampir 3 minggu terutama ketika berbicara. Saya belum melakukan tes lebih lanjut lagi untuk membuktikan diagnosa dokter terkait tb kelenjar tersebut. Saya khawatir jika ini juga gejala hiv. Karena saya sudah pernah melakukan dengan beberapa pacar saya dan pacar saya jg sudah melakukan dengan beberapa orang. Apakah memungkinkan gejala tersebut awal dari hiv?

Please login or Register to Submit Answer

You may also like