masa jendela HIV

Answered

dok sya mw tnya
apa virus HIV bisa terdeteksi dgan waktu 3blan …. tpi knp ada yg bilang 6blan ya dokkk …. saya jde ragu atas tes yg sya lalukan dri perbuatan beresiko sya 4bln yg lalu … sya lalukan tes hiv sdah lbih dri 4blan yg lalu dok . dgan hsil non-reaktif dok … ap hasil sdah akurat ….

1 answer

Selamat sore. Terima kasih untuk pertanyaan yang diajukan. Menanggapi pertanyaan yang diajukan dapat saya jelaskan bahwa masa pembentukan antibodi terhadap hiv adalah 3 bulan setelah terpapar dengan virus HIV. Yang dicari dalan rapid test adalah antibody terhadap virus HIV. Perlu juga diketahui bahwa pembentukan antibodi antara satu orang dg orang lain berbeda. Ada yang terbentuknya cepat dan ada yang lambat. Bila pasien jelas beresiko tertular HIV, karena selalu berhubungan seks tanpa proteksi atau punya partner yang terinfeki HIV maka diperkirakan resiko orang yang akan periksa juga besar, baiknya melewati 6 bulan post window periode periksa lagi untuk memastikan hasil memang negatif. 
Untuk Penanya bila merasa dirinya beresiko tinggi, agar lebih pasti baiknya periksa HIV lagi. Tapi bila dirasa resiko tertular kecil, karena partnernya hy melakukan hubungan seks dengan Penanya dan rutin cek HIV dan selalu gunakan kondom waktu hubungan seks maka pemeriksaan melewati window periode, 4 bulan, hasil negatif adalah hasil finalnya.
demikian penjelasan saya, semoga ini dapat menenangkan Penanya.
 

#1
  1. Anonymous January 8, 2016
    " Perlu juga diketahui bahwa pembentukan antibodi antara satu orang dgorang lain berbeda. Ada yang terbentuknya cepat dan ada yang lambat"terbentuknya virus hiv cepat butuh beberapa bulan dok ... dan jikalambat terbentuk nya hiv butuh beberapa bulan dok apa dengan 3bulanckup .... jadi tes yg saya lakukan sudah akurat ya dok ...
  2. Anonymous January 9, 2016
    Menurut kemenkes sih 3-12 minggu cmiiw
  3. Anonymous January 11, 2016
    Selamat siang.. Ya guideline dari Kemenkes adalah 3 bulan. Jadi test yang dilakukan sudah lewat dari 3 bulan, berarti hasil akhirnya sudah negatif. Semoga dimasa yang akan datang bila ingin intimacy, gunakan pengaman.Salam Angsamerah.
  4. Anonymous December 30, 2016
    Apakah penis dikocok sama psk dan pegang puting susunya dapat terkena HIV?
  5. Anonymous January 11, 2017
    Haii
  6. Anonymous January 11, 2017
    sore doksaya mau bertanya pada tangal 31 oktober saya melakukan sex dengan seorang cewek menggunakan kondom dari awal sampai selesai dan tidak oral sex dan blowjob kemudian saya test hiv pada tanggal 9 desember dan 9 januari kemudian cewek yang patner sex dengan saya juga saya bawain test pada tanggal 17 desember dengan hasil test saya dan patner sex saya adalah non reaktif saya test di vct menggunakan rapid rest.menurut dokter berapa besar presentasi saya test pasa 71 hari tersebut apakah sudah di bilang hampir akurat atau tidak.dan
  7. Salam mas, bila kedua pihak non reaktif atau tidak memiliki virus HIV maka tidak ada risiko penularan HIV. Terlebih bila menggunakan kondom dengan baik. Jadi hasil test anda sudah bersifat final. Yang perlu diperhatikan adalah infeksi menular seksual yang lain
  8. Anonymous February 9, 2017
    Dok saya berperilku terakhir tanggal 31 oktober.melakukan test sebanyak 3 kali yakni 6 minggu pasca 41 hari.10 minggu pasca 71 hari.kemudian 15 minggu pasca 99 hari.dan semuanya non reaktif.apakah saya harus test lagi dok???apakah hasil ini sudah akurat
  9. Salam mas/mbak, bila test yang dilakukan sudah melewati 12 minggu dari perilaku seksual berisiko maka hasilnya bersifat hasil akhir. Jadi sudah cukup jelas.
  10. Anonymous March 13, 2017
    salam dokter. sy ingin bertanya, sy penah melakukan ujian hiv cmia (ag/ab) pada hari ke 24, 72, 90, 120 dan 141 hari pada pendedahan. kesemuanya negative. tapi yang merunsingkan saya, bagai mana yang keadaan samapi 6 bulan window period?
  11. Salam somebody, 141 hari sudah cukup melewati window period. Jadi sudah dapat menentukan apakah anda terinfeksi atau tidak. Namun dari hasil pemeriksaan tersebut anda tidak terinfeksi
  12. Anonymous May 6, 2017
    Salam dokter, begini dok tgl 8 Februari 2017 saya ML dengan menggunakan kondom terus 86 hari kemudian tepatnya tgl 5 Mei 2017 saya tes VCT di puskesmas dengan rapid test dan hasilnya non reaktif, menurut dokter masih bisa dianggap kemungkinan terinfeksi atau sudah tidak? Terima kasih dokter
  13. Salam mas, hubungan seks menggunakan kondom menurunkan risiko penularan HIV. Bila hari ke 86 dilakukan test HIV maka hasilnya dapat diterima sebagai hasil akhir bahwa anda saat ini tidak terinfeksi HIV.
  14. Salam mas, hubungan seks menggunakan kondom menurunkan risiko penularan HIV. Bila hari ke 86 dilakukan test HIV maka hasilnya dapat diterima sebagai hasil akhir bahwa anda saat ini tidak terinfeksi HIV.
  15. Anonymous May 29, 2017
    O.. begitu ya dok, tapi gini dok 3 bulan lagi rencana saya mau tes dengan rapid test lagi yang kedua kalinya jadinya genap 6 bulan dari peristiwa beresiko. Apakah hasil tes yang kedua nantinya akan tetap non reaktif dok?
  16. Salam mas, berdasarkan cerita anda maka bila anda melakukan test kembali pada bulan ke 6 setelah tindakan berisiko tertular HIV maka hasilnya tidak akan berubah.
  17. Anonymous July 25, 2017
    salam dokter,saya melakukan tidakan beresiko 45 hari yang lalu,dan saya baru melakukan rapid test terhadap pasangan beresiko setelah 4 hari dari tindakan beresiko dan semua hasilnya negative. apakah saya beresiko untuk terkena virus hiv dok terima kasih
  18. Anonymous July 25, 2017
    dan saya juga baru melakukan test pada hari ke 44 dan hasilnya negative apakah masih beresiko dok?
  19. Salam mas/mbak, bila anda tidak menggunakan kondom saat hubungan seks dan pasangan anda terinfeksi HIV atau infeksi menular seksual lain maka anda berpotensi tertular. Pemeriksaan HIV sebaiknya melewati masa jendela terpanjang yaitu 12 minggu setelah aktivitas tertular HIV terakhir.
  20. Anonymous August 4, 2017
    Malam dr..saya melakukan sex bebas sudah 9/10 tahun.. istri saya sudah berhubungan dgn saya 5 tahun, sudah dicek istri saya negatip.. apakah saya jg negatip dr?
  21. Salam mas, saya tidak dapat menentukan status IMS anda tanpa melakukan pemeriksaan. Bisa pada suatu kasus salah satu pasangan tidak tertular.
  22. Anonymous October 22, 2017
    Dok saya berhubungan bersiko dgn wanita yg baru saya kenal tanpa pengaman,Trus dua bulan dari kejadian saya demam terus cacar air, dan gejala umumnya saya rasain semua, bahkan ada OHL di lidah saya, kemudian saya dua kali tes hiv, pertama 2,5 bulan setelah kejadian dan kedua 100 hari setelah kejadian, keduanya negative, akan tetapi sampai saat ini setelah 3 bulan lebih semenjak cacar air saya msh merasakan gejalanya, pusing, mudah lemas, pegel, nyeri otot dan sendi, tenggorokan kering gk nyaman dan ada sariawan di lidah,, menurut dokter gimana ya ?Saya stres dan depresi dgn keadaan ini,
  23. Salam mas, menurut saya silahkan anda mendatangi fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan HIV untuk melakukan tes dan konseling setelah minggu ke 12 dari aktivitas seksual yang berisiko tersebut untuk mengetahui status HIV anda dan memeriksakan segala keluhan yang anda rasakan tersebut.
  24. Anonymous October 25, 2017
    Dok setelah melakukan aktivitas tanpa pengaman dgn psk sy melakukan tes hiv di minggu ke 3,bulan ke 3, bulan ke4,bulan ke 6 dan bulan ke 12 semua nr ,apakah perlu di lanjutkan lagi pemeriksaannya? Bagaimana cara memeriksa hpv bagi seorang pria yg belum menunjukkan gejala hpv setelah 14 bulan ? Apakah sudah pasti bebas dari hpv dok ?
  25. Salam mas, bila sudah tidak ada lagi aktivitas berisiko yang anda lakukan maka hasil tersebut sudah cukup. Untuk pemeriksaan HPV bisa menggunakan genotyping virus HPV. Seringkali virus HPV juga tidak menunjukkan gejala jadi tidak ada gejala belum tentu tidak memiliki virus HPV.
  26. Anonymous October 27, 2017
    Genotyping hpv di anggsa merah biayanya brp dok ? Hasilnya bisa brp menit keluar ?
  27. Anonymous October 28, 2017
    Genotyping proses pemeriksaannya bagaimana dok?
  28. Salam mas, pemeriksaan HPV genotyping memerlukan waktu sekitar 7 hari kerja. Bahan yang digunakan adalah usap area yang diperiksa. Mengenai harga dapat dilihat pada tautan berikut http://angsamerah.com/clinic-foundation-price atau di http://angsamerah.com/clinic-price
  29. Anonymous November 4, 2017
    Saya sudah tes di bulan ke 4 dari perilaku beresiko dgn metode CMIA dan hasilnya non reactif,, apakah sudah valid dok ?
  30. Anonymous November 7, 2017
    Dok.tolong dijawab
  31. Salam mas/mbak, tes yang sudah dilakukan lewat dari 12 minggu dari aktivitas berisiko tertular terakhir dapat diterima sebagai hasil akhir.
  32. Anonymous December 1, 2017
    Dok, sy terkena go Krn perilaku beresiko pd tanggal 6 sept. Sy mengalami beberapa gejala seperti radang tenggorokan selama sebulan hingga dokter Spesialis THT kebingungan, sariawan di gusi yang berkepanjangan, keringat malam, nyeri otot dan sendi, serta ruam yang sangat amat banyak di bagian ketiak, lengan, bahu, belalang, punggung, dada dan wajah. Kemudian pd tgl 30 November, sy tes HIV rapid tes d Puskesmas setelah 12 Minggu (84 hari) pasca pajanan. Hasilnya non reaktif, yang ingin saya tanyakan apakah ini sudah termasuk akurat/final dok, mengingat ruam nya banyak.. mhn arahannya metode tes apa lagi yang perlu sy lakukan dan kapan waktu yang ideal untuk mendapatkan hasil yang akurat.
  33. Anonymous December 1, 2017
    Itu pemeriksaan pas di hari 84 ya? Terus konselor VCTnya bilang apa? Oia itu gejala2 masih timbul sampai sekarang?
  34. Anonymous 6 days ago
    Iya masih timbul.. sampe skrg pun masih radang.. ruam pun juga banyak
  35. Anonymous 6 days ago
    Konselor VCT nya di puskesmas bilang apa mas/mba?
  36. Anonymous 6 days ago
    Tidak bilang apa2, ini skrg mau coba rapid dulu lagi.. pasrah
  37. Anonymous 6 days ago
    Dokternya mana ya. Mhn sarannya dong
  38. Anonymous 6 days ago
    Kalo menurut dokter disini, pemeriksaan selepas 84 hari itu sudah sangat valid, dan sudah tidak akan berubah lagi hasilnya. Kemungkinan itu gejala2 krn GO dan kecemasannya saja
  39. Anonymous 6 days ago
    Hari ini tes lagi aj, hari ini pas di hari yang ke 90 ya. Tes di angsamerah aj atau di St Carlo. Hasilnya sharing lagi ya disini.Mudah2an mas atau mbaknya sehat2 aj ya
  40. Anonymous 6 days ago
    Klo go alhamdulillahh sdh bersih mulai tiga bulan dulu, skrg sy sdh dua bulan infeksi sinus dan radang tenggorokan, sekitar 200 pil sdh sy minum buat radang tenggorokan dari dokter, tp tak mempan.. ditambah ruam yang banyak.. 84 hari non reaktif rapid tes.. skrg hari ke 91, mau coba rapid dulu
  41. Anonymous 5 days ago
    Gimana hasil tesnya hari ini di hari ke 91 mas/mba???
  42. Anonymous 5 days ago
    Hasil alhamdulillahh non reaktif, cuma masih kurang yakin Krn gejalanya banyak bangt.. kyk ruam dan radang yg blm sembuh
  43. Anonymous 5 days ago
    Alhamdulillah...Konselornya bilang gimana pak?Yakinkan diri pak, itu adalah hasil yang final, gejala penyakit ruam radang dll itu hanya penyakit biasa, muncul akibat kecemasan dan stress aj. Terapi minum madu dan air anget pak waktu pagi bangun tidur terus olahraga
  44. Anonymous 5 days ago
    Melihat gejala klinis yang ada disarankan tes 3 bulan lagi... Krn sensitivitas nya kan 99,5 %. Ada kemungkinan 0,05 % katanya..
  45. Anonymous 5 days ago
    Untuk radang sy bukan krn stress kyknya.. soalnya dokter spesialis THT bilang radangnya luar biasa..
  46. Anonymous 5 days ago
    Namun satu hal yang tak boleh terlupakan.. harus banyak bersyukur dulu.. alhamdulillahh
  47. Anonymous 5 days ago
    Tapi katanya kemungkinan 0.5 persen itu untuk orang yang punya kelainan imunitas, lupus, terapi kanker, dan sedang minum obat ARV. Karena info yang saya dapat, belum pernah ditemukan hasil tes pasca 3 bulan berubah setelah 6 bulan selagi tidak ada faktor resiko yang baru.
  48. Anonymous 5 days ago
    Owhh.. terima kasih atas tambahan infonya mas...Mungkin ibu dokter ada masukan dan arahan.. sangat diharapkan masukannya
  49. Anonymous 5 days ago
    Assalamualaiku. Mau nanyak. Tes VCT di Angsa Merah aman gak ya (dari segi klinis dan kerahasiaannya)? Hari Sabtu bisa tes VCT gak? buak dari Jam berapa sampai jam berapa? Sama biayanya berapa ya?
  50. Anonymous 5 days ago
    Tenangkan diri gan...untuk pms lain2nya biasanya mengeluarkan ruam2 pada sekujur tubuh seperti sifilis..biasanya ada ruam bulat2an yang muncul di swluruh badan...biasanya di telapak tangan dan telapak kaki...setelah itu ruam akan mengering dan terkelupas...coba di periksakan sifilisnya dan go juga dengan laboratorium...GO tidak bisa dilihat secara klinis...biasanya hanya dengan hasil lab bisa tau masih muncul bakteri diplococcus gram negative +....untuk bakteri2 lainnya seperti coccus dan bakteri gram negative batang adalah flora normal..terkecuali terdapat bakteri dalam jumlah yang cukup banyak...berarti anda terifeksi...untuk test hiv lakukan pengulangan 3bulan setelah 3 bulan pertama walaupun kemungkinan2nya sangat kecil sekali...Menurut who dan depkes hasil test setelah 3bulan lebih setelah beresiko adalah hasil yang valid...semoga membantu...
  51. Anonymous 5 days ago
    Terima kasih masukannya mas.. Untuk go sdh bersih.. untuk sifilis negatif. Iya mungkin hrs tenangkan diri...
  52. Anonymous 5 days ago
    hasil tes setelah 3 bulan itu sudah valid gan, jika mau mengulang pun gak harus nunggu setelah 6 bulan, bisa 4 bulan at 5 bulan berikutx untuk konfirmasi atau menenangkan perasaan agar nyaman aja. Lalu kenapa para konselor dll jika ada yg nyarankan tes konfirmasi harus 3 bulan berikutnya, itu mengingat alat tes itu gratis disubsidi pemerintah, sehingga utk menghemat dan efisiensi alat saja, dan mengingat masa jendela itu 3 bulan saja, sehingga konselor itu ingin mastikan aj 3 bulan sejak tes pertama sampe tes kedua itu agan kuat dan sudah merubah perilaku agar tidak beresiko kembali. Tapi bbrp konselor seperti di angsamerah dan YPI jika yang tes benar2 jujur dg pengakuan kapan aktifitas resiko terakhir dan itu sudah melewati 3 bulan, konselornya sudah tak akan menyarankan utk tes lagi, krn itu sudah valid, yg pntg perilaku sesudahnya itu dijaga dan dirubah lebih baik. salam sehat
  53. Anonymous 3 days ago
    Kalau boleh tau resikonya apa...menggunakan kondom sangat low risk...tidak ada pernah kejadian yang terinfeksi hiv dengan menggunakan konfom...terkecuali kondom bocor dan expired....dan penularannya dri wanita ke laki2 1:1000...penularannya sangat kecil...karena laki2 pemberi bukan penerima...tpi bukan tidak mungkin tuntuk tidak terinfeksi karena studi bandingnya jika tanpa kondom 1:1000 mngkin perilaku ke 1 maupun ke seratus bisa saja tertular pada perilaku pertama..hanya tidak pernah terjadi...terkecuali kalau anal seks seperti gay...mungkin bagian bottom yang lebih beresiko...begitu pun sebaliknya...semoga kekhawatiran agan bisa terbantu dengan ini...menggunakan kondom berarti agan aman...jika tanpa kondom...brrti high risk...saya termasuk golongan high risk dengan psk berkali2 dengan wanita berbeda kejadian ane hampir sama seperti agan...radang tenggorokan dan ruam di badan...siang menjelang sore badan terasa demam...agan poisis dijakarta apa did aerah gan...mungkin lebih baik di periksakan ke lab gan dengan 3 metode seperti di angsa merah gan...yang lebih terpercaya kualitas alatnya..
  54. Anonymous 3 days ago
    saya posisi di jogja gan.. saya minta pake kondom kok dan awalnya dia nawarin tanpa kondom, jd kyk kelihatan bangt mau nyebarin virus.. , dan aku ngelihat dengan mataku sendiri si perempuan pegang alat kelaminnya sebelum pegang kemaluanku, baru memakailan kondom.. ahirnya aku kena gonore,,, ruam itu bisa karena dua faktor, klo bukan krn sifilis, ya ruam hiv... katanya sich gitu. au sifilis negatif.. cek hiv 3 bulan juga negatif.. tapi ttp khawatir gan,,, kli cuma gonore nggk mungkin saya sampai sariawan 3 minggu, radang tengggorokan 2 bulan hingga dokter THT bingung mau obatin., infeksi sinus juga sampe kesumbat lubang hidung,,. ruam sangat amat anyak. di dada, wajah, belalang, pinggang dan pundak.. sampe vct bingung mau jelasin, saya juga pake metode eclia.. hasilnya negtif, tapi masih aja resah. krn katanya kalau masih dicurigai dgn gejala gejalanya maka perlu enam ulan untuk akurasi hasilnya
  55. Anonymous 22 hours ago
    Kalau begitu kemungkinan besar agan terkena virus parno...hehehe...dicoba aja gan...nananya parno kalau udah parah yanh kena parno akut gan..jdng sakit tenggorokan..ruam diwajah..pegal2 sendi ngilu...dan sakit kepala...cuman kalau pas dapet hasil NR gajala akan hilang sendirinya tapi kalau mulai parno lgi kambuh lgi penyakitnya gan...sabar ya gan...diulang lgi aja 3 bulan ke depan...hasil uda valid kok dengan catatan tidak mengulangi perbuatan beresiko...
  56. Anonymous 11 hours ago
    Slamat siang dok. Saya mau bertanya sekalian curhat. sejak tahun 2006 saya sudah melakukan hal yang beresiko HIV sampai terakhir awal bulan september 2017. setahun belakangan ini saya mulai khawatir kalau saya takut teinfeksi HIV. karena saya belum berani melakukan tes VCT akhirnya saya memutuskan mengkonsumsi obat herbal yang katanya bisa menyembuhkan HIV sejak Oktober 2016 dan sampai saat ini saya masih mengkonsumsi obat tersebut. Kemarin hari sabtu tgl 8 Desember 2017 saya memutuskan untuk tes VCT di Angsa merah dengan dokter Budi. dari Hasil tes Fisik dan Darah Alhamdulillah hasilnya Non Reaktif. pertanyaan saya Apakah obat Herbal yang saya konsumsi selama ini bisa mempengaruhi hasil tes HIV saya kemarin? Apakah hasil tes saya sudah Valid? Terima kasih sebelumnya
  57. Anonymous 10 hours ago
    Tidak mempengaruhi hasil hiv...dan tidak berpengaruh trhadap hiv...jika seseorang melakukan resiko alangkah baiknya jika melakukan test antibody hiv dalam darah di lab2 yang menyediakan layanan tersebut.jika terbukti anda hiv positive hanya terapi arv yang bisa menekan laju perkembangan hiv bukan herbal gan...walaupun agan terinfeksi tnp herbal atau dengan hebral...test antibody tetap menunjukan hasil yg tidak dipengaruhi oleh herbal..jangan terpengaruh oleh penjual obat2an herbal.karna banyak penjual obat2an herbal yang menipu..jika hasil non reaktive maka agan memang tidak terinfeksi hiv bukan karena oleh obat2an herbal gan...thanks...

Please login or Register to Submit Answer

You may also like