Metode tes Hiv

Answered

Dok saya ingin bertanya mengenai tes HIV yang ada di Indonesia, dok sebulan yang lalu saya terpajan, dan apakah ada metode tes yang dapat dilakukan dibawah 3 bulan meskipun dengan biaya lebih dok, saya mendapatkan informasi bahwa di Australia dan Thailand terdapat metode tes dengan waktu 17 hari atau Nucleo acid tes (NAT), adakah metode sejenis ini di Indonesia dok ? Karena tak sanggup saya menunggu waktu begitu lama dok 3-6 bulan dengan metode rapid test & ELISA, Ini sangat mengganggu pikiran, kejiwaan, produktivitas dan kehidupan saya, setelah saya membaca beberapa di blog ini, saya mendapatkan informasi bahwa tes CMIA setelah 4 minggu sedikit banyak dapat memprediksi antibodi pada tes di bulan ke 3 nanti apakah benar dok ? Dan apakah tes PCR sama dengan tes NAT di thailand dok ? Dimanakah saya dapat melakukan tes PCR dokter ? Dan adakah tes sejenis NAT di Indonesia dokter ? Terimakasih.

1 answer

Salam mas/mbak, belum ada tes yang dalam memastikan orang tidak terinfeksi sebelum masa jendela dilewati. NAT sudah ada di Indonesia namun sifatnya hanya sebagai uji tapis, tidak digunakan sebagai pemeriksaan rutin untuk menegakkan diagnosa mengingat prosesnya memakan waktu yang cukup lama, biaya pemeriksaan cukup mahal, tidak semua fasilitas kesehatan memiliki alat ini. Selain itu pemeriksaan ini sering memberikan interpretasi salah yang lebih tinggi dibanding pemeriksaan yang lain. Sehingga memerlukan pembanding dengan tes yang lain. Begitu pula dengan pemeriksaan PCR virus HIV juga tidak digunakan untuk menegakan diagnosa karena prinsip kerja yang mirip dengan NAT. 
 
Untuk mendapat layanan untuk pemeriksaan PCR anda bisa mendatangi layanan HIV di rumah sakit terdekat atau ke klinik Angsamerah. 

#1
  1. Anonymous 7 days ago
    Mau tanya hasil tes yg baru saya jalani. CD4 absolut= 219 sel/ul, CD4 % =9.9%. CD8 Absolut 1.602 sel/ul, CD8 % = 72.21%. RASIO CD4 : CD8 = 0.14 artinya apa ya dok. Mohon penjelasannya. Terima kasih

Please login or Register to Submit Answer

You may also like