Saya penderita hiv

Answered

Dok saya positif hiv umur saya 29 saya udah disuruh dokter minum ARV saya coba minum jam 11 Mlm setelah saya minum kepala saya pusing perut saya mual smpe pagi akhirnya saya minum susu beruang baru terasa enk badan saya saya divonis positif hiv dri tgl 3 maret 2017 saya hanya 1 minum ARV smpe skrg saya ga berani lagi minum ARV berapa lama kan saya akan bertahan hidup apakah dampak yg akan timbul klw saya ga minum ARV

1 answer

Salam mas/mbak, pada awal mengkonsumsi ARV memang muncul efek samping yang tidak menyenangkan bahkan pada beberapa orang bisa mengganggu aktivitas rutin sehari-hari. Namun itu adalah proses adaptasi tubuh terhadap pengobatan dan keluhan yang muncul sering bersifat personal, tidak semua mengalami keluhan yang sama. Nanti efek samping tersebut akan menghilang seiring berjalannya waktu. 
Dampak bila anda tidak mengkonsumsi ARV lagi maka akan menyebabkan sistem imun akan turun dengan cepat sehingga akan menyebabkan berbagai infeksi mudah menyerang. Hal tersebut tentu menurunkan kualitas hidup anda. 
Mengenai berapa lama anda dapat bertahan, tergantung jenis infeksi apa yang menyerang.
Saran saya sebaiknya anda kembali mengkonsumsi ARV. Carilah layanan HIV yang membuat anda nyaman dan dapat berdiskusi dengan dokter yang merawat dalam waktu yang cukup seperti di klinik Angsamerah.

#1
  1. Anonymous August 1, 2017
    Halo mas/mbak anonymous, Saya juga adalah ODHA dan Agustus nanti tepat satu tahun saya hidup dengan HIV. Pada awal saya di diagnosa saya lsg konsumsi ARV Dan Alhamdulillah hingga hari ini saya masih sehat, saya produktif dan bahkan saya traveling. Saya nggak ingat saya HIV hingga ketika waktunya saya minum ARV di jam 10 Malam sebelum tidur setiap hari dan seumur hidup saya atau hingga nanti obat HIV akhirnya ditemukan. Kuncinya, hidup sehat dengan makan sehat, olahraga teratur, bersosialiasi dan tetap produktif dan berfikiran positif terhadap diri sendiri dan sekitar. Pada awal saya minum ARV saya tidak ada efek samping, hanya kleyengan, itu karena saya selalu jaga jarak makan ke minum ARV minimal 1jam sesudah dan sebelum. Selama tuhan masih kasih kesempatan, manfaatkan lah mas/mba. Jangan menyerah dan tetap Semangat!
  2. Salam mas/mbak, terimakasih sudah berbagi. Semoga tetap sehat dan tetap semangat.
  3. Anonymous August 6, 2017
    Assalamu'alaikum, saya mau bertanya. Sayang sering meminum atau memang sisa makan abang saya yg sakit, dan tadi dia melakukan test darah dan urine. Disitu menampilkan di kolom hiv antibody reactive 23,23 apakah itu terinfeksi hiv? Jika itu benar apa saya juga ikut terinfeksi?
  4. Salam mas/mbak, infeksi HIV tidak menular melalui aktivitas sosial seperti makan minum bersama, menggunakan peralatan makan yang sama. Mengenai hasil tes, bila angka tersebut lebih tinggi dari batas nilai rujukan maka artinya positif. Namun bila angka tersebut di bawah nilai rujukan artinya negatif.
  5. Anonymous August 18, 2017
    Salam mas/mbak saya juga odha dan sudah setahun saya mengkonsumsi arv. Awal saya minum juga ada banyak efek samping seperti kleyengan, mual, maag kambuh terus, apalagi saya juga terkena infeksi opurtunis tb paru yang obatnya membuat saya selalu muntah. Tapi karena mindset saya adalah untuk hidup bahagia. Saya pede aja karena banyak odha diluar sana yang masih bisa melakukan aktivitas layaknya bukan odha. Alhamdulillah sekarang saya sehat dan kembali fit dan gak merasakan efek samping lagi. Saya sekarang makan juga seperti saya normal dahulu sblm terkena hiv. Yang penting survive, don't go to pitfall again, minum arv dan bahagia
  6. Salam mas/mbak, terimakasih sudah berbagi. Semoga tetap sehat dan semangat
  7. Anonymous November 3, 2017
    Halo, saya mau bertanya..dua hari yang lalu, saya jalanin test hiv..tapi hasilnya belum ku ambl, krna takut. Berdasarkan sumber di google, gejala gejala yang sy alami hampir sama kaya gejala awal hiv. Seperti kelelahan, keringatan d malam hari, flu, batuk dan nyeri sendi..tapi saat saya d rawat inap d rumah sakit, dokternya blg kalo saya kena hepatitis A, sampai di ambil darah saya. Stlh diberikan obat, saya ga punya gejala itu lagi..apakah mungkin saat itu aaya terkena hiv, dan dokter salah memberitahukan soal penyakit itu? Saya takut terkena hiv sejujurnya :(
  8. Salam mas/mbak, sebaiknya anda mengambil hasil tersebut dan berkonsultasi mengenai hasilnya. Saya tidak dapat menyimpulkan apapun tanpa melihat hasil pemeriksaan. Jadi sekali lagi silahkan anda berkonsultasi mengenai hasil tes HIV anda. Tidak usah takut karena hasilnya belum tentu seperti bayangan anda.
  9. Salam mas/mbak, sebaiknya anda mengambil hasil tersebut dan berkonsultasi mengenai hasilnya. Saya tidak dapat menyimpulkan apapun tanpa melihat hasil pemeriksaan. Jadi sekali lagi silahkan anda berkonsultasi mengenai hasil tes HIV anda. Tidak usah takut karena hasilnya belum tentu seperti bayangan anda.
  10. Anonymous December 14, 2017
    Salam hangat kakSy jg odha, sudah satu tahun lebih berstatus odha. Dan terapi arv baru 10 bulan. (Atripla)Kenapa tiap setelah 2 jam minum arv kepala berat bngt ya?.Padahal udah lama terapi arv dan melewati masa2 sulit di awal terapi arv.Apalagi sy kerja berat kaya orang normal pada umumnya.Butuh temen sharing juga nih. Wa 085XXXXX
  11. Salam maas/mbak, memang salah satu efek samping atripla adalah pusing, sakit kepala. Bantu dengan berolahraga ringan, beri jarak sekitar 2 jam dari makan, dan minum pada malam hari menjelang tidur. Harus diingat bahwa ARV harus diminum di jam yang sama untuk memperkecil kemungkinan virus menjadi resisten atau kebal. Silahkan bagi mereka yang ingin berbagi bisa melakukan komunikasi untuk saling mendukung.
  12. Anonymous January 15, 2018
    halo saya juga odha, efek samping arv atripla yg saya konsumsi juga sama seperti teman2. kepala saya suka pusing dan juga lemas. semua itu saya lawan karena saya percaya saya akan baik baik saja, jadi utk tmn2 semuanya tetap semangat yah.
  13. Salam mas/mbak, efek samping akan bisa ditoleransi seiring berjalannya waktu. Semangat dan salam sehat.
  14. Anonymous January 25, 2018
    Halo dok saya sudah minum arv. Tp ada beberapa kali saya lupa padahal awal2 saya rutin. Menurut dokter saya harus bagaimana? Apakah akan menjadi resisten?
  15. Salam mas/mbak, penggunaan ARV memang harus tepat waktu. Bila tidak memang ada kemungkinan resisten. Sebaiknya anda memasang alarm dengan baik dan meminta orang yang anda percaya untuk mengingatkan. Untuk saat ini teruskan saja dan rutin untuk kontrol setiap 6 bulan.
  16. Anonymous 5 days ago
    slamt mlm dok..sy mengandung 4bulan dan kmren bru menjalani tes lab ternyata baru diketahui klau hasilny positif hiv.apa yang harus sya lakukan dok?
  17. Salam mas/mbak, bila anda terdiagnosa HIV positif langkah selanjutnya adalah memulai pengobatan. Awalnya mencari infeksi oportunistik atau infeksi yang muncul akibat sistemkekebalan tubuh yang turun. Bila ada maka perlu dilakukan pengobatan infeksi tersebut terlebih dahulu. ARV baru diberikan setelah pengobatan terhadap infeksi tersebut sudah stabil.

Please login or Register to Submit Answer

You may also like