Author

Dr. Mangatas Manalu, Sp.PD

Angsamerah Articles Seribu satu kegunaan garam

Seribu satu kegunaan garam

Garam memang bumbunya kehidupan. Tapi ternyata, garam benar-benar memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan kita, tak hanya sekedar memberi rasa. Berikut manfaat garam yang bisa kita aplikasikan dengan mudah dalam kegiatan sehari-hari.

Manfaat Garam Untuk Kecantikan

1. Pembersih Wajah
Selain bermanfaat untuk tubuh, garam juga bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah sebagai pembersih wajah. Caranya campurlah 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh minyak zaitun dalam mangkuk kecil. Setelah itu, gunakan campuran garam dan minyak zaitun tadi sebagai pembersih dengan memijat lembut di daerah sekitar wajah dan leher. Garam berfungsi sebagai pembersih untuk mengangkat make up dan kotoran tebal pada wajah. Setelah itu cucilah wajah dengan sabun cuci muka, dan bilas hingga bersih.

2. Merawat Kulit Berminyak
Garam juga bermanfaat untuk mengurangi minyak pada wajah. Caranya, Isilah botol spray kecil dengan air hangat dan tambahkan 1 sendok teh garam. Kemudian, semprotkanlah pada wajah, keringkanlah dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk.

3. Mata Lelah
Jika suatu saat mata anda terasa lelah, tidak salahnya mencoba tips ini. Caranya larutkan 1/4 sendok teh garam dengan 1/2 liter air hangat, dan basuhkan larutan air garam pada mata yang lelah. Jika ingin menghilangkan sembab pada mata, larutkan 1 sendok teh garam dengan 1 liter air hangat, dan celupkan kapas pada mata sahabat Angsamerah sambil berbaring dengan rileks.

4. Eksfoliator
Sehabis mandi dan pada saat kulit masih dalam keadaan basah, ambil segenggam garam dan gosokkan secara lembut dan perlahan pada seluruh kulit tubuh. Manfaatnya akan meluruhkan sel kulit mati dan membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

Garam bagi Kebugaran Tubuh

1. Mandi
Garam bisa digunakan untuk berendam, dan rasanya seperti ketika kita berenang di laut. Masukkan secangkir garam dapur ke air dalam bak mandi Anda. Harumkan dengan minyak esensial atau herbal kering kesukaan Anda. Merendam tubuh ke dalam air garam dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan meminimalisir rasa pegal pada otot dan sendi.

2. Scrub
Garam mengandung eksfolian alami yang dapat menghaluskan kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, cobalah untuk menggunakan scrub garam. Siapkan seperempat cangkir garam dan setengah atau tiga per empat cangkir minyak almon atau wijen. Campurkan keduanya dan tambahkan 20 tetes minyak esensial favorit Anda untuk memberikan aroma. Gunakan seperti ketika Anda menggunakan scrub pada umumnya.

3. Masker
Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, tak ada salahnya untuk menggunakan masker garam. Jenis masker ini dapat mengurangi peradangan kulit, menyeimbangkan kadar minyak, dan mempercepat penyembuhan kulit dari jerawat. Larutkan satu cangkir kecil garam ke dalam air hangat. Lalu, masukkan tiga sendok makan madu murni. Campurkan semuanya. Setelah itu, oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

4. Deodoran
Garam dapat membunuh bakteri penyebab bau. Untuk itu, garam sangat berguna jika dibuat deodoran. Namun, jika Anda baru saja mencukur bulu pada ketiak Anda, jenis deodoran ini akan memberikan rasa sengatan kecil pada pori-pori kulit Anda.

5. Pasta gigi
Pasta gigi yang terbuat dari garam ternyata lebih baik daripada jenis pasta gigi lainnya. Sebab, garam memiliki sifat antibakteri. Campurkan baking soda dan garam dapur dengan takaran 3 banding 1. Anda dapat membuatnya dalam bentuk bubuk atau pasta. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial beraroma mint atau cengkeh. Ini hanya membutuhkan cara yang sederhana, mudah, murah, dan efektif.

6. Obat kumur
Berkumur dengan air garam dapat menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Memang ada banyak jenis obat kumur di luar sana, namun jenis obat kumur ini lebih sehat dan lebih baik bagi tubuh. Obat kumur garam tidak mengandung bahan kimia jahat. Selain itu, obat kumur garam cukup efektif untuk membunuh bakteri pada mulut Anda. Jangan lupa untuk menambahkan satu atau dua tetes minyak esensial peppermint atau spearmint jika Anda ingin mendapatkan rasa segar seperti mint.

7. Pembersih hidung
Anda harus rutin membersihkan hidung untuk meningkatkan pernapasan dan mengurangi risiko alergi atau infeksi sinus. Masukkan air ke dalam neti pot dan tambahkan sedikit garam laut. Tuangkan ke dalam lubang hidung sambil memiringkan kepala agar air dapat memasukki rongga hidung. Tundukkan kepala Anda ke bawah dan miringkan kepala ke sisi yang lain.

8. Perawatan luka
Sifat antimikroba dalam garam menjadikannya sebagai salah satu pengobatan yang efektif untuk luka kulit. Apabila luka Anda mengalami pendarahan, tunggu hingga darah tidak keluar sama sekali. Setelah itu, gosokkan garam ke luka. Ini dapat membersihkan luka dari kuman bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.

Artikel Terkait

Chikungunya dan Musim Hujan

Puasa Ramadhan dan Kesehatan

Smartphone for Smart People?

Tampil Muda Bebas Kerutan

Ini dia penyakit yang banyak mengintai orang saat mudik

Berobat ke Google, Hati-hati Salah Diagnosis Penyakit Lambung !

Sebelumnya
Selanjutnya

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.