Wanita pada umumnya ingin selalu tampak muda dan bebas kerutan atau keriput. Mulai dari krim kulit paling mutakhir sampai suntik botox pun terkadang rela dilakukan bebas kerutan dan tampak muda. Tetapi apakah anda tahu kalau ternyata mendapatkan kulit muda dan bebas kerutan itu mudah dan dapat anda lakukan setiap hari? Dan hal-hal dibawah ini bisa dilakukan oleh pria juga loh..

Posisi Tidur
Tidur di posisi tertentu dalam waktu lama dapat membentuk “garis tidur” – yaitu kerutan yang terbentuk di lapisan atas kulit dan tidak langsung hilang saat anda bangun. Tidur menghadap samping, dapat membuat guratan di pipi dan dagu, tidur tengkurap akan membuat alis anda berkerut. Jadi supaya tidak berkerut, maka tidurlah telentang

Makan Ikan
Salmon (dan ikan2 perairan dingin lainnya) adalah sumber protein, salah satu pembentuk kulit yang baik. Ikan ini juga sumber dari asam lemak omega-3. Asam lemak ini akan memberikan nutrisi kepada kulit dan menjaganya tetap muda, kenyal, dan membantu mengurangi kerutan.

AHA!
AHA atau Alpha-hydroxy acids adalah asam alami yang terdapat dalam buah-buahan seperti apel, jeruk, anggur, bahkan tebu dapat mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit, sehingga menyamarkan pori-pori, garis halus, dan kerutan di permukaan, terutama di sekitar mata. AHA yang lebih ‘kuat’ dapat membantu produksi kolagen. Tetapi penggunaan AHA dapat membuat kulit anda lebih sensitive terhadap matahari, jadi jangan lupa juga gunakan tabir surya setiap hari. Selain dikenal sebagai AHA, zat ini juga dikenal sebagai glycolic acid.

Pakai Kacamata, bila perlu
Untuk yang gemar mengerutkan mata saat membaca atau melihat, coba cari kacamata untuk membantu anda. Membuat ekspresi muka yang sama terus menerus dapat melelahkan bagi otot muka anda dan membentuk guratan di permukaan kulit. Lama-lama guratan ini akan menjadi kerutan, Jadi, gunakan kacamata bila anda membutuhkannya. Lagipula anda masih bisa tampil modis dan menghindari kerutan dengan menggunakan kacamata.

Air? No!
Kenapa jangan air? Sering mencuci muka dengan air kran dapat mengurangi kelembaban dan minyak alami di kulit yang dapat mencegah kerutan. Bila sabun muka anda tidak mengandung pelembab, lebih baik ganti dengan pembersih muka berbentuk krim atau gel.

VIT. C
Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan vitamin C dapat menambah produksi kolagen, melindungi kulit dari kerusakan karena UVA dan UVB, mengurangi flek hitam dan warna kulit tidak merata dan mengurangi kemerahan. Tetapi anda harus menggunakan jenis vitamin C yang tepat. Untuk mengurangi kerutan dapat memakai jenis L-ascorbic acid. Atau anda bisa melihat pada bahan kosmetik dengan nama ascorbyl palmitate.

Kedelai..kedelai..
Kedelai dapat memperbaiki kulit anda bahkan melindunginya. Penggunaan kedelai pada kulit atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen dapat membantu melindungi, bahkan menyembuhkan, dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Selain itu kedelai juga meningkatkan kepadatan dan struktur kulit dan menyamarkan perbedaan warna kulit.

Yum..yum..
Sekali minum, kulit dan hati jadi senang! Ditemukan bahwa cokelat yang mengandung epicatechin dan catechin, dua antioksidan yang cukup tinggi, mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Juga meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, menjaga cairan pada kulit, dan membuat kulit terlihat dan terasa halus.

Jangan lupa dasarnya!
Bila anda benar-benar ingin terlihat lebih muda, mulailah dari dasar. Mungkin anda sudah sering mendengar saran-saran dibawah ini, tetapi memang penting kok.

Hindari paparan sinar matahari:

  • Gunakan tabir surya
  • Pakai pakaian yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari
  • Kurangi, atau kalau bisa jangan merokok
  • Gunakan pelembab

Selain itu anda juga harus lebih rileks dalam menghadapi stress di pekerjaan dan di rumah, tetap optimis dan berpikir positif. Kalau anda punya resep ampuh untuk bebas kerutan, ayo bagikan ke kami untuk kami kumpulkan dan sebarkan kembali.

You may also like

Leave a comment