Angsamerah Living World

Mall adalah salah satu pilihan orang untuk bersantai dan mencari kebutuhan bagi dirinya. Terlebih pada akhir minggu mall sering dipadati oleh pengunjung, baik untuk bersantai dengan keluarga atau teman.

Kesehatan reproduksi merupakan suatu kebutuhan dari semua orang. Namun jarang ada yang merasa perlu secara khusus datang untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan. Angsamerah melihat peluang bahwa mall bisa juga digunakan sebagai tempat untuk edukasi untuk membangkitkan kesadaran mengenai kesehatan reproduksi. Disaat orang sedang berbelanja, bersantai, mereka mendengarkan informasi kesehatan.

Bekerja sama dengan Living World Alam Sutra, Angsamerah mengadakan talkshow dengan tema “Aku dan Kesehatan Reproduksiku” dengan mengangkat topik HPV, HIV dan sifilis dan mengundang narasumber Dr. Adiyana Esti dari klinik Angsamerah, Suksma Ratri seorang wanita karir dan orang dengan HIV (ODHIV) dan Rahayu Hartini ibu rumah tangga yang juga seorang ODHIV dan dimoderatori oleh Rory Asyari, pembawa berita dari sebuah stasiun televisi.

Ketiga topik tersebut merupakan isu yang cukup penting namun kurang menjadi perhatian atau masih menjadi stigma di masyarakat. Seperti pentingnya melakukan vaksinasi HPV dan pap smear sebagai cara untuk mengurangi risiko dan deteksi dini kanker mulut rahim.

HIV merupakan isu kesehatan yang memiliki stigma paling besar. Hoax yang beredar dalam isu ini pun cukup banyak. Diskriminasi yang dialami oleh orang dengan HIV pun sering terjadi. Padahal menurut data berdasarkan jenis pekerjaan, ibu rumah tangga menduduki posisi paling tinggi di Indonesia. Hal ini diperkuat dari cerita 2 orang narasumber yaitu, Suksma Ratri dan Rahayu Hartini yang berbagi bagaimana mereka tertular HIV dan perjuangan mereka hingga saat ini.

Sifilis sering salah kaprah dengan gonorrhea padahal keduanya memiliki gejala yang berbeda. Sifilis merupakan infeksi menular seksual yang juga dapat menyerang organ tubuh yang lain seperti otak, tulang. Selain itu sifilis juga bisa menyebabkan gangguan kehamilan seperti cacat janin sampai kematian janin.

Acara talkshow ini direspon cukup baik oleh pengunjung mall. Dilihat dari ketika sesi acara tanya jawab, ada banyak pertanyaan yang dilontarkan. Bahkan ketika acara talkshow usai, masih banyak yang ingin berbincang dengan para nara sumber yang hadir. Begitu pula yang mengikuti tes di booth Angsamerah. Kegiatan ini juga diliput oleh media elektronik.

Artikel Terkait

Kenali Gejala Sifilis Khusus Wanita Hamil, Waspada Bisa Berdampak ke Bayi
Kasus Kanker Serviks Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia
Penderita HIV/AIDS di Indonesia Makin Tinggi, Tapi Bukan dari Kalangan Pekerja Seks

Artikel Terkait

Kesehatan Reproduksi dan HIV Di Tengah Ketidaktahuan dan Sorotan Prioritas

The Return of The Living Dead

The Penis Book 2, Chapter 7

Sirkumsisi/Sunat Pria dewasa penting untuk jaga kesehatan loh!

Infertilitas Pada Pria

Jarang Dibahas Tapi Mungkin Terjadi

Joining Forces on a Regional Level

The Proud Ones

The Penis Book, Chapter 9

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.