Bau Badan ehmmm… ehm.. ?

Siap Sedia Melawan Aroma Tubuh Yang Mengganggu

Coba bayangkan, bagaimana rasanya ketika Anda sedang berada dalam satu ruang sempit bersama teman Anda, tiba-tiba tercium aroma yang super menyengat di hidung Anda. Selidik punya selidik, ternyata aroma tersebut datangnya ternyata dari ketiak Anda!

Apa yang akan Anda lakukan di situasi tersebut? Minta maaf pada teman di samping  Anda? Berusaha menutup mulutnya agar tak menyebar luaskan berita tak sedap tersebut? Sungguh tak terbayangkan jika kita mendengar komentar semacam “Si A itu cantik sekali tapi bau ketek“.

Aroma tubuh yang tak sedap memang mengganggu. Kepercayaan diri jadi buyar, pertemanan bisa rikuh, dan lain sebagainya. Sumber aroma tak sedap yang dikeluarkan tubuh seseorang biasanya berasal dari produksi keringat yang berlebih di daerah ketiak dan kaki. Oleh karena itu, hal yang paling perlu dilakukan untuk menghilangkan aroma tubuh yang tak sedap secara efektif adalah dengan mengontrol sumbernya.

Ada beberapa cara yang dapat kita coba untuk menghilangkan aroma tubuh yang tak sedap. Yuk intip caranya!

1. Seka keringat sesering mungkin

Salah satu penyebab aroma tubuh tak sedap adalah adanya keringat berlebih yang menumpuk. Keringat menciptakan kondisi lembab pada kulit sehingga menjadi tempat pertumbuhan yang baik untuk bakteri. Apalagi bila daerah kulit tersebut tertutup rapat oleh pakaian dan tidak terpapar oleh udara luar.

Bakteri yang menempati kulit di daerah tersebut akan mengeluarkan senyawa yang menimbulkan aroma tubuh tak sedap. Oleh karena itu, menyeka keringat sesering mungkin dengan tisu, sapu tangan, atau handuk kering bertujuan mencegah bakteri penyebab aroma tubuh tak sedap tinggal dan bersarang. Bye bye to aroma tak sedap!

2. Pakai baju yang dapat menyerap keringat dengan baik

Salah satu penyebab dari aroma ketiak yang tidak enak adalah karena adanya bakteri serta sel mati yang ada di ketiak. Untuk menjaga diri dari hal itu misalnya dengan mengenakan pakaian yang bersih dan berbahan katun. Hal ini akan membantu kulit Anda untuk bisa lebih bernafas.

3. Mandi dengan menggunakan sabun anti bakteri

Mandilah secara teratur di pagi dan sore hari dengan menggunakan sabun anti bakteri. Sabun ini mengandung senyawa aktif triclosan yang dapat membantu membunuh kuman/ bakteri yang menempel pada kulit tubuh.

Mengingat sifat sabun antibakteri yang cenderung membuang kulit kering, disarankan juga untuk memakai losion setelah mandi. Hal ini akan membantu menjaga kulit Anda tetap lembut dan menghilangkan aroma tubuh tak sedap Anda.

4. Ganti kaos kaki Anda setiap hari

Pastikan Anda mengganti kaos kaki Anda setiap hari untuk menghilangkan sumber aroma tak sedap dari kaki. Kaos kaki yang tidak diganti akan membuat kaki lembab dan menjadi tempat pertumbuhan yang ideal bagi bakteri dan jamur. Akibatnya, dapat aroma tak sedap yang mengganggu. Selain itu, pastikan kondisi kaki kering kering setiap sebelum memakai kaos kaki dan sepatu.

5. Rendam kaki pada larutan garam

Kaki merupakan salah satu sumber aroma tubuh yang tidak sedap. Hal ini karena ada bakteri atau jamur yang menempel di sela jari kaki. Untuk membersihkannya, coba rendamlah kaki Anda dalam air hangat yang diberi campuran garam. Lakukan kegiatan ini saat sore hari, setelah selesai melakukan aktivitas harian.

Merendam kaki dalam larutan garam akan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab bau. Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah menjaga kaki Anda tetap dalam kondisi kering dan tidak mudah lembab.

6. Gunakan anti perspirant

Sebelum Anda beraktivitas, gunakan anti perspirant pada tubuh Anda terutama pada ketiak dan sela jari kaki. Sekilas anti perspirant mirip dengan deodoran, tetapi ternyata keduanya memiliki kandungan yang berbeda.

Anti perspirant mengandung bahan aktif terutama zat aluminium yang dapat menghambat pengeluaran keringat. Sementara deodoran memiliki kandungan yang hanya bersifat menyegarkan dan memberi keharuman pada tubuh Anda.

Sekarang ini telah banyak produk deodoran yang juga merangkap sebagai anti perspirant. Oleh karena itu, cermatilah deodoran yang Anda pilih untuk dipakai sehari-hari.

7. Memakai sari lemon

Selain wanginya yang menyegarkan, sari lemon juga bermanfaat sebagai anti bakteri. Dalam sari lemon terdapat senyawa khusus yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit penyebab aroma tubuh tak sedap. Cara memanfaatkan sari lemon untuk mecegah aroma tubuh tak sedap adalah:

  • Ambil 1 buah lemon dan ambil sarinya.
  • Oleskan sari lemon terutama di bagian ketiak dan sela jari kaki.
  • Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini 2 hari sekali untuk menghilangkan aroma tubuh tak sedap secara permanen.

8. Memakai soda kue (baking soda)

Soda kue memiliki banyak manfaat. Selain untuk membuat kue dan menjadi bahan pembersih, soda kue juga dapat dipakai untuk menghilangkan aroma tak sedap. Soda kue ampuh menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab aroma tubuh tak sedap.

Penggunaan soda kue sebagai pencegah aroma tak sedap adalah dengan:

  • Ambil 1 sendok teh soda kue
  • Campurkan dengan 1 sendok teh sari lemon.
  • Oleskan campuran tersebut pada area tubuh yang sering mengeluarkan keringat berlebih terutama di daerah ketiak.
  • Diamkan selama 5-10 menit (jangan digosok).
  • Bilas dengan menggunakan air besih.

Lakukan cara ini sekali sehari secara rutin sebelum mandi selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Siap mencoba?

9. Makan sayur-sayuran hijau

Klorofil dalam sayuran hijau dapat membantu menghilangkan aroma tubuh tak sedap. Kandungan klorofil dalam sayuran seperti bayam, kangkung, dan seledri dapat menjadi deodoran alami yang efektif untuk menghilangkan aroma tubuh tak sedap.

Selain itu, Anda juga dapat meminum air rebusan daun seledri untuk mendapatkan efek yang lebih ampuh dalam menghilangkan aroma tubuh tak sedap. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh seledri yang telah dicincang halus ke dalam 1 gelas air panas dan aduk selama 5 menit, kemudian minum setelah air terasa hangat.

10. Batasi asupan makanan tertentu

Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya aroma tubuh yang kurang sedap. Makanan tersebut meliputi bawang, petai, jengkol, daging merah, dan makanan kaleng dengan kandungan gula yang tinggi. Selain itu, minuman berkafein juga dapat menimbulkan aroma tubuh tak sedap. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang besar dan terlalu sering.

11. Hindari stres

Stres dapat memicu keluarnya keringat berlebih oleh kelenjar keringat (apokrin) yang dapat menyebabkan aroma tubuh tak sedap. Perasaan cemas dan marah yang terus menerus juga memicu kelenjar tersebut. Oleh karena itu, hindarilah stres dan lakukan hal-hal yang dapat membuat Anda lebih rileks. Anda dapat melakukan meditasi selama 15 menit setiap harinya dan juga olahraga yoga. Manajemen stres yang baik akan membantu mengatasi masalah aroma tubuh tak sedap.

12. Berkonsultasi dengan dokter

Jika seluruh cara di atas telah Anda lakukan dan Anda tetap memiliki aroma tubuh tak sedap disertai keringat yang berlebih, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga ahli lainnya. Masalah aroma tubuh tak sedap bisa merupakan penanda kondisi medis yang serius. Beberapa kondisi seperti hiper-reaksi dari kelenjar tiroid dapat menyebabkan Anda mengeluarkan keringat secara berlebihan.

Selain itu, mungkin saja aroma tubuh tak sedap berhubungan dengan kelainan bromhidrosis yaitu suatu kondisi di mana seseorang memiliki aroma tubuh tak sedap yang menyengat. Dokter akan memberikan beberapa ramuan anti perspiran dengan level tertentu dalam mengatasi aroma tubuh tak sedap Anda.

Segera hubungi dokter Anda bila ada hal yang perlu dikonsultasikan. Kami di Klinik Angsamerah selalu siap membantu Anda.

Dihimpun dari berbagai sumber

Artikel Terkait

Tampil Muda Bebas Kerutan

Ini dia penyakit yang banyak mengintai orang saat mudik

Pengaruh Rokok pada Kehamilan

Demam, Gejala atau Penyakit?

Waspada dengan gangguan kesehatan yang sering dialami di musim kemarau

Risiko Masalah Jantung Pada Orang Muda

Previous
Next

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.