Author

Dr. Eka Viora, Sp.KJ

Angsamerah Articles Bicara seks pada anak dan remaja dalam keluarga

Bicara Seks Pada Anak Dan Remaja Dalam Keluarga

Pembicaraan tentang seks memang tidak mudah bila dilakukan antara orangtua dengan anak. Seringkali kedua belah pihak menghindari pembicaraan tentang seks. Mungkin saja hal ini disebabkan oleh budaya dan norma dalam masyarakat kita. Padahal bila pembicaraan tentang seks dalam keluarga dihindari, baik sengaja ataupun tidak, anak akan bingung dan cenderung mencari informasi dari tempat lain yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

Anak dan remaja membutuhkan bimbingan dan masukan mengenai seks dan perilakunya, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang sehat dan sesuai tentang hal tersebut. Setiap tahap perkembangan anak, pastinya hal yang ditanyakan akan berbeda-beda. Hal ini dikarenakan rasa ingin tahu dan pemahaman mereka tergantung dari usia dan kematangan berpikir mereka. Bertambahnya umur anak, semakin detail pertanyaan yang diajukan. Orangtua harus mampu melihat kebutuhan dan rasa ingin tahu anak.

Pembelajaran dengan bertanya kepada dokter, tenaga kesehatan lainnya, ataupun menggunakan buku dengan gambar dapat memudahkan orangtua menjelaskan kepada anak. Harus diingat bahwa sangat penting membicarakan tanggung jawab dan konsekuensi yang didapat dari berhubungan seksual. Isu penting yang harus dibicarakan adalah tentang perasaan anak-anak mengenai seks, kehamilan, dan infeksi menular seksual. Dengan membicarakan hal ini dapat membantu anak dan remaja memutuskan apa yang terbaik untuk mereka tanpa merasa tertekan.

Komunikasi yang terbuka dan informasi yang akurat dari orangtua cenderung meningkatkan penundaan remaja atau dewasa awal untuk berpikir kembali untuk berhubungan seks. Hal yang dapat anda terapkan dalam pembicaraan seks dengan anak anda antara lain:

1. Menciptakan suasana yang nyaman dan tanpa kritikan untuk diskusi
2. Gunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan enak didengar oleh anak atau remaja anda
3. Coba cari tahu tingkat pemahaman dan pengetahuan anak atau remaja anda
4. Tetaplah gunakan humor dan katakan kepada anak atau remaja anda bahwa anda juga tidak nyaman membahas masalah ini
5. Hubungkanlah seks dengan cinta, kedekatan, perhatian, dan rasa hormat kepada diri sendiri dan orang lain
6. Ungkapkan nilai dan norma yang anda pegang tentang seks
7. Bantu anak anda melihat sisi baik dan buruk dari suatu keputusan
8. Diskusikan pentingnya tanggung jawab dari pilihan yang ada dan keputusan yang dibuat

Dengan menggunakan komunikasi yang terbuka, jujur, dan berkelanjutan tentang tanggung jawab, seks, dan pilihan, orangtua dapat membantu anak atau remaja belajar tentang seks dalam cara yang sehat dan positif. Anak atau remaja juga akan terbuka dengan orangtua tentang aspek-aspek kehidupan mereka.

Selain itu, membicarakan seks dengan anak atau remaja akan membantu mereka untuk:

1. Mengerti tentang tubuh mereka dan cara kerjanya
2. Mengerti perubahan fisik, emosi dan sosial yang terjadi pada masa pubertas dan kehamilan
3. Mencari informasi dan dukungan yang tepat saat terjadi masalah seperti kehamilan yang tidak terencana dan terkena IMS

Sebagai orangtua, kita tidak ingin anak kita mendapatkan “buah” dari keputusan yang salah dan minimnya pengetahuan. Sehingga sangatlah penting untuk berdiskusi dengan anak anda tentang seks segera. Berdiskusi tentang seks, bukan berarti orangtua menyetujui perilaku yang dibicarakan. Oleh karena itu, seperti yang dituliskan diatas, orangtua harus mengungkapkan nilai yang dianut, dan realitas yang ada. Sehingga anak atau remaja anda akan terus meminta waktu untuk berdiskusi dan membuat keputusan yang lebih baik. Jadi, apakah anda, orangtua, sudah siap berdiskusi dengan anak anda?

Referensi

www.aacap.org
www.sexualhealth.com

Artikel Terkait

Lari dan Seks: Indikator Hidup Sehat

Have you heard about Anal Pap Smear?

Bagaimana aku tahu kalau terinfeksi Klamidia dan Gonore

Godzilla

The Penis Book, Chapter 3

Apa saja sich Pilihan Paket Premarital Health Check Up di Angsamerah?

Tentang Pendidikan Seks Bagi Anak

Sebelumnya
Selanjutnya

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.