Ini dia penyakit yang banyak mengintai orang saat mudik

Mudik sudah menjadi ritual wajib orang Indonesia di kala Hari Raya tiba. Jarak dan waktu panjang yang harus ditempuh untuk menuju kampung halaman tak menjadi penghalang. Tak jarang, beberapa penyakit pun mengintai para pemudik Indonesia.

Menempuh jarak yang jauh, menghabiskan waktu berjam-jam atau bahkan lebih dari 24 jam di perjalanan, bisa membuat kekebalan tubuh Anda menurun karena kurang tidur. Ditambah lagi, saat mudik Anda sering menggunakan fasilitas umum dan kontak dengan banyak orang, yang artinya Anda terpapar banyak kuman. Akibatnya, tubuh pun lebih mudah terserang penyakit infeksi. Ada beberapa penyakit yang mengancam orang saat mudik, yaitu:

1. Infeksi saluran pernapasan
Hal ini biasanya terjadi karena saat mudik Anda akan kontak dengan banyak orang, berdesak-desakkan, dengan kondisi kekebalan tubuh yang sedang menurun.

2. Diare
Kuman diare bisa berpindah dari pegangan bus, WC umum atau kran di kamar mandi umum.

3. Infeksi saluran kemih
Gangguan ini biasanya lebih banyak terjadi pada wanita, karena wanita memiliki saluran kemih yang lebar, lurus dan pendek. Infeksi saluran kemih terjadi karena sering menahan buang air kecil, serta fasilitas air yang kurang baik.

Agar tidak mudah terserang penyakit, daya tahan tubuh harus dijaga. Hal yang paling cepat dan mudah menyebabkan menurunkan daya tahan tubuh adalah kurang tidur. Kurang tidur lebih mudah menurunkan daya tahan tubuh ketimbang makanan. Disamping itu, untuk menjaga kesehatan disarankan menjaga kebersihan, menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker ditempat padat orang, memilih makan yang baik (panas, bersih, dan matang) serta mempelajari situasi penyakit didaerah tujuan tertentu.(SS)

Selamat kembali ke kota dan bersiap untuk kembali beraktifitas!

Sumber
detik.com
kompas.com

Artikel Terkait

Stroke

Penyakit Pasca Lebaran

Apakah Saya Mengalami Usus Buntu?

ODHIV Boleh kok Berpuasa

Nyeri Saat Berkemih

Feromon

Sebelumnya
Selanjutnya

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.