Angsamerah Articles Matahari

Mata(hari)

Di tulisan yang lalu, kita bicara mengenai cara melindungi kulit dari sengatan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV). Ternyata, sinar UV tidak hanya berbahaya bagi kulit tapi juga untuk mata. Maka penting sekali bagi kita, terutama yang sering beraktifitas di luar ruangan untuk senantiasa menjaga kesehatan mata dengan menggunakan sunglasses atau kaca mata hitam.

Kaca mata hitam bukan semata urusan fesyen. Kaca mata hitam yang dipilih dengan seksama bisa memberikan perlindungan yang berarti bagi mata kita. Karena paparan langsung sinar matahari ke mata dapat menimbulkan masalah kesehatan serius, termasuk luka bakar yang terasa nyeri, bahkan katarak. Sumers dan William Brown dari Departemen Oftalmologi, Klinik Mayo, Amerika Serikat, memberikan penjelasan mengenai efek matahari terhadap mata.

1. Kulit

Kelopak mata tersusun atas lapisan kulit yang demikian tipis. Paparan berulang terhadap sinar UV (belum lagi hitungan tak terhingga saat mata mengernyit menghindari silau) dapat menyebabkan kulit keriput dan bintik hitam. Ditambah lagi adanya kemungkinan terjadi kanker kulit di sekitar mata.

2. Sklera

Sklera merupakan bagian mata yang berwarna putih. Dengan adanya paparan sinar matahari, dapat menyebabkan timbulnya suatu kondisi yang disebut pinguekula. Pinguekula adalah penebalan konjungtiva (bagian mata yang tipis dan melapisi sklera). Hal ini tampak sebagai bintik kuning yang menonjol pada mata. Meski dianggap tidak berbahaya bagi daya penglihatan, adanya pinguekula berisiko untuk mengalami iritasi maupun peradangan.

Selain pinguekula, konjungtiva dapat mengalami penebalan sehingga tampak seperti daging tumbuh menutupi bagian putih mata, yang disebut pterigium. Nah kondisi ini bila dibiarkan dapat mengganggu penglihatam.

3. Iris

Iris adalah bagian mata yang berwarna. Beruntunglah bagi kita yang memiliki warna iris cokelat atau hitam, karena orang dengan warna iris ini memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami degenerasi makula dibandingkan orang bermata biru. Maka orang dengan warna mata cerah sangat dianjurkan untuk melindungi matanya dengan kaca mata hitam.

4. Retina

Sebagai bagian mata yang terletak di lapisan paling belakang, retina sangat sensitif terhadap cahaya. Salah satu bagian retina bernama makula, yang berfungsi untuk penglihatan detil dan lurus. Seiring usia, makula dapat mengalami degenerasi atau penurunan fungsi yang menyebabkan penglihatan kabur atau bahkan blind spot (kehilangan penglihatan di titik tertentu). Beberapa studi menunjukkan bahwa degenerasi makula berhubungan dengan paparan sinar UV.

5. Lensa

Untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata, diperlukan pengaturan oleh struktur yang dinamakan lensa. Lensa terletak di balik iris dan berwarna bening. Bila mengalami kekeruhan, kondisi ini dikenal dengan nama katarak. Sinar UV dihubungkan dengan kejadian beberapa macam katarak berdasarkan informasi dari dr. Brown. Semakin sering kita menggunakan kaca mata hitam, maka semakin lama katark bisa ditunda.

6. Kornea

Kejadian yang paling sering menimpa kornea adalah luka bakar akibat sinar matahari. Keluhan berupa mata terasa seperti berpasir, berlanjut menjadi nyeri hebat, dan bahkan kebutaan sementara. Meski tidak menimbulkan kerusakan jangka panjang, tetap saja luka bakar kornea menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan kaca mata hitam Anda saat beraktifitas di luar ruangan.

Referensi

Laura Shocker on What You Don’t Know About Sunglasses Could Hurt You – Huffington Post

Artikel Terkait

Penyakit sehabis hujan

Cara Melawan Obesitas (bagian 2)

Keloid

Alcohol Liver Disease

Sunglasses

Mengenal Penyakit Pengentalan Darah

Sebelumnya
Selanjutnya

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.