Author

Mengubah Diri Ketika Bekerja Dengan BOSS yang Menciutkan Hati

Pagi ini saya berhadapan dengan perempuan cantik dan potensial. Soal cantik, banyak orang bisa menilai, tetapi potensial dari mana saya tahu? Ia adalah seorang yang punya prestasi di tempat kerja A,B,C. Bahkan ditempat kerjanya sekarang ia berprestasi sehingga ia diangkat sebagai manajer membawahi beberapa proyek yang menurutnya sulit dan menantang. Ia mendapatkan boss baru, karena boss lama dipindahkan ketempat lain. Apa yang terjadi? Boss baru menganggap dia tak kompeten.

Peristiwa seperti ini dapat terjadi pada siapa saja. Berat kaki melangkah kerja ketika hal diatas kita alami. Melihat boss berlalu apalagi dihadapan maka itu sudah menurunkan rasa percaya diri, yang mempengaruhi motivasi kerja dan ini berarti akan menurunkan juga capaian potensi seseorang. Hubungan boss dan staffnya adalah relasi yang dapat meningkatkan atau menurunkan produktivitas kerja dan membuat suasana kerja maupun suasana hati orang disekitarnya terimbas. Bahkan mungkin dapat berdampak pada keluarga di rumah.

Pada kenyataannya dihargai oleh boss merupakan salah satu kunci untuk mencapai kinerja puncak dan kebanggan atas kariernya. Rasa dihargai boss akan bertimbal balik menghargai boss, dan ini merupakan rasa kolegialitas antar tim kerja yang solid. Jika berpikir boss tidak suka kita, sulit melakukan imbal balik ini. Lagi pula akan menggerus rasa percaya diantara keduanya, suatu cedera besar dalam saling mempercayai dan kerja tim dapat sangat terganggu oleh komunikasi serta kerjasama yang buruk.

Adakah cara memperbaiki hubungan? Ini beberapa tips dari sisi psikologik:

  1. Tengoklah persamaan pikiran dengan boss, minat dan tujuan bersama dalam pekerjaan ini. Diskusikan dan fokuskan, ini akan membuat koneksi lebih mudah, dengan memfokuskan diri terbangun jembatan yang menghubungkan pemikiran.
  2. Ketika saat bersama ada yang baik, coba perhatikan,faktor pembuat suasana baik. Berpandangan positif akan banyak menolong, meski ketidak sukaan akan membuat penilaian menjadi sebaliknya.
  3. Tafsirkan dengan positif, runutkan kembali peristiwa yang membuat enak. Susun ulang peristiwa yang membuat nyaman.
  4. Kontak mata. Melakukan kontak mata dengan orang yang tidak disukai memang tidak mudah. Coba nilai apa yang terjadi dalam relasi anda dengannya.
  5. Saat kita tidak menyukai seseorang, kita cenderung tidak berbicara dengannya. Mencoba menyapa dengan kata-kata umum yang ringan, semisal apa kabar, selamat pagi, mungkin akan membuat suasana lebih nyaman.
  6. Menyampaikan pujian pada orang yang tidak disukai bukanlah hal mudah, namun akan banyak menolong. Pujilah hal-hal yang baik dari boss, baru kemudian tanyakan bilamana posisi boss pada saya ,apa yang anda lakukan?
  7. Disekitar anda, ada orang yang mudah merefleksikan sesorang dan mengembalikan perkataan anda. Katakan pada orang ini tentang pola pikir boss anda yang baik, sehingga ia dapat menyampaikannya pada boss anda dengan segera. Pantulan cermin akan segera terasa.
  8. Ketika pantulan cermin kebaikan terpantul pada anda, anda serasa mendapat dukungan dan anda dapat mendorong minat kerja anda yang lebih baik.
  9. Anda dapat membangun hubungan baik dengan siapapun, terbukti anda memperoleh kesempatan bekerjasama dengan banyak orang, pada banyak proyek. Mengapa sekarang menjadi tidak berjalan? Masih ada kesempatan itu mengubah situasi dengan membalikkan yang buruk menjadi baik dalam persepsi anda. Ubahlah persepsi.
  10. Jika boss anda tidak professional atau kasar, maka bagian lain yang lebih diatasnya dapat membantu. Mintalah bantuan mereka dengan mengutarakan hal yang dapat diperbaiki.

Pada akhirnya, tak ada yang kekal. Bila mungkin anda dapat meminta untuk tidak bekerja dalam proyek kerja bersamanya lagi. Anda sudah belajar dari situasi ini dan meningkatkan kemampuan adaptasi anda. Agar prestasi anda lebih mudah melejit, terpikir untuk berjalan bersama mereka yang sehaluan dan seirama.

Artikel Terkait

Selingkuh

Alasan Gadis Suka Yang Jauh Lebih Tua (Gerontofilia) ?

Mental Illness Among Inmates in Correctional Facilities

Gangguan panik: ketakutan hebat dan ancaman kematian

Bahagia & Percaya Diri

Semuanya Ada di Otak Lewat Sang Pemancar Saraf

Quiz

QUIZ – Nomophobia

Sebelumnya
Selanjutnya

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.