Perlukah Mengkonsumsi Suplemen Tambahan di masa Pandemi?

Sejak pandemi COVID-19 mewabah di Indonesia, banyak beredar informasi yang menyebutkan berbagai makanan/minuman yang bisa dikonsumsi untuk mencegah penularan virus tersebut. Tidak sedikit juga orang-orang yang menjadi lebih ekstra dalam menjaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi berbagai jenis suplemen atau multivitamin. Meskipun demikian, WHO pernah menyatakan bahwa tidak ada makanan atau suplemen yang dapat mencegah atau menyembuhkan infeksi COVID-19. Tidak salah jika Sahabat mengonsumsi suplemen/multivitamin untuk menjaga kekebalan tubuh di masa pandemi, namun konsumsi dalam jumlah yang sangat besar atau mega dosis dalam waktu lama juga bisa berbahaya bagi tubuh, loh!

Penting untuk diingat bahwa suplemen/multivitamin sama sekali tidak dapat menggantikan diet seimbang yang sehat. Tujuan utama dari multivitamin adalah untuk memenuhi nutrisi yang kurang. Multivitamin atau suplemen tambahan tidak dapat memberikan serat atau rasa dan kenikmatan makanan yang menjadi kunci untuk diet yang optimal. Namun, multivitamin dapat memainkan peran penting ketika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi melalui diet saja.

Bila Sahabat tidak yakin dengan asupan vitamin dan mineral, Sahabat perlu melakukan konsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk menentukan vitamin atau mineral yang kurang. Bila ada obat-obatan atau kondisi khusus yang memerlukan perawatan lebih lanjut dengan dokter, sampaikan vitamin atau suplemen yang sedang dikonsumsi agar dapat dinilai interaksi dengan obat yang akan diberikan.

Sahabat dapat mempertimbangkan untuk mengkonsumsi multivitamin tambahan jika:

  • Hanya makan makanan terbatas atau nafsu makan yang buruk sehingga hanya mampu makan dalam jumlah yang sangat sedikit.
  • Sedang melakukan diet ketat.
  • Memiliki kondisi yang mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi (misalnya radang usus, atau setelah operasi saluran pencernaan).
  • Sedang mengalami peningkatan kebutuhan nutrisi (misalnya pada ibu hamil).
  • Sangat sibuk dan tidak bisa makan makanan seimbang setiap hari.

Di sisi lain, Sahabat mungkin tidak memerlukan multivitamin tambahan jika:

  • Sudah makan dengan baik dan dalam jumlah cukup tetapi merasa lelah sepanjang waktu (periksa ke dokter untuk mencari kemungkinan penyebab lainnya).
  • Sudah makan makanan yang cukup baik tetapi ingin meningkatkan kesehatan.

Referensi

https://www.hsph.harvard.edu

Artikel Terkait

Senyum sehat tanpa karang gigi

Keloid

Ragam Makanan Pencegah Kanker

Mengapa Orang Dewasa pun Perlu Imunisasi?

Sunglasses

Cara Melawan Obesitas (bagian 2)

Previous
Next

Buat janji dokter sekarang

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.