The Penis Book, Introduction

The Penis Book

The Penis Book, Chapter 1

The Singer Not The Song

The Penis Book, Chapter 2

Moby Dick

The Penis Book, Chapter 3

Godzilla

The Penis Book, Chapter 4

Gentlemen Prefer Blondes

The Penis Book, Chapter 5

Mandingo

The Penis Book, Chapter 6

The River of No Return

The Penis Book, Chapter 7

Diamonds Are Forever

The Penis Book, Chapter 8

Dr. Jekyll and Mr. Hyde

The Penis Book, Chapter 9

The Proud Ones

The Penis Book, Chapter 10

The Incredible Journey

The Penis Book, Chapter 11

Pocketful of Miracles

The Penis Book, Chapter 12

Tea and Sympathy

The Penis Book

The Penis Book 2

Angsamerah Penis Book Pocketful of Miracles-4

Pocketful of Miracles

The Penis Book, Chapter 11

Pocketful of Miracles adalah sebuah film drama komedi garapan Frank Capra tahun 1961 yang dibintangi aktris hebat Bette Davis yang Berjaya sejak muda hingga sepuh, dan Glenn Ford, aktor pria yang sering jadi sparring partner bintang-bintang Hollywood terkenal seperti Rita Hayworth. Cerita filmnya luar biasa. Bombastis tapi menghibur. Seorang nenek miskin penjual apel memiliki langganan seorang bandit dermawan yang percaya bahwa apel si nenek selalu membawa keberuntungan baginya. Si bandit lewat berbagai peristiwa diselamatkan dari pembunuhan karena membeli apel si nenek, dan karirnya mulus menanjak ke atas dari kelas teri menajdi kelas tuna, semacam mafia dengan bisnis illegal yang makmur. Suatu hari si nenek tak berjualan apel, sehingga si bandit budiman ini mencari-cari keberadaan si nenek. Ternyata si nenek sedang berduka karena putri semata wayangnya yang tinggal di luar negeri mau berkunjung. Lho? Rupanya si nenek selama ini selalu mengelabui putrinya, berpura-pura menjadi wanita ningrat yang kaya. Kini, putri tercinta datang bersama tunangan dan calon besan dari golongan aristocrat, hendak minta restu nenek untuk kawin. Tentu nenek takut rahasianya bahwa ia hanya seorang gembel belaka akan terbuka, si putri mendapat malu dan merasa ditipu lalu mencampakkannya. Nah, si bandit budiman, mendengar kisah nenek, tersentuh hatinya. Maka ia dengan segala cara berusaha menolong si nenek. Segala cara adalah segala cara, termasuk yang paling sinting sekalipun…melatih dan mendandani bandit-bandit dan pelacur-pelacur kota untuk bertingkah laku bagai bangsawan ningrat dan pejabat-pejabat penting guna mengelabui tamu-tamu si nenek… Film ini kemudian diadaptasi Jacky Chan pada tahun 1989 dengan judul Miracles aka Mr Canton and Lady Rose, memenangkan berbagai penghargaan di Asia, dan sampai sekarang masih dianggap film Jacky Chan terbaik.

Yang akan kita bicarakan adalah sejenis Pocketful of Miracles juga. Tentu saja judulnya dibuat bombastis supaya menarik.

Ya, kita akan bicara mengenai kantung yang bergantung disela-sela paha seorang pria. Kantung ajaib berisi dua telur yang terus dierami namun tak juga menetas. Kantungnya disebut kantung zakar, meskipun bukan mengantungi sang zakar itu sendiri, namun kedua telur yang disebut buah zakar.

Buah zakar atau Testis adalah benda keramat pria yang diciptakan demi kelangsungan keturunannya. Testis memproduksi sperma dan hormon testoteron dari saat seorang pria menginjak masa pubertas hingga ia dewasa. Pada masa seorang pria masih dalam kandungan ibu, testis dibentuk dalam rongga perut, yang bersama berkembangnya sang janin bergerak turun dari ke lokasinya di kantung zakar. Sesaat sebelum ia lahir, seharusnya letak kedua testis sudah ada dalam kantungnya. Bekas saluran turunnya testis itu kemudian menutup.
Besar buah zakar bervariasi, demikian pula kantungnya. Sebagaimana manusia, buah zakar dan kantungnyapun beragam dalam besar, ada yang buahnya kecil tapi kantungnya besar, ada yang serasi sama-sama besar (atau sama-sama kecil) dan ada juga yang kantungnya kecil namun buahnya besar sehingga memberi kesan sesak. Warnanyapun bermacam-macam, namun biasanya cenderung lebih gelap daripada kulit bagian tubuh lain.

Mengapa ia begelantungan bak buah, hingga dijuluki buahnya sang zakar? Karena suhu yang lebih rendah dalam kantung itu, sekitar 1,5-2oC di bawah suhu tubuh, diperlukan untuk proses pembuatan sperma atau spermatogenesis.

Proses spermatogenesis sendiri dimuai pada masa pubertas. Proses ini diaktifkan oleh hormone testosterone. Spermatozoa diproduksi di tubulus seminiferus. Setiap tubulus diisi sel, yang mengalami proses pematangan dari spermatogonium yang berturut-turut kemudian menjadi spermatocyte primer, spermatocyte sekunder, spermatid dan akhirnya menjadi spermatozoa selama 72 hari. Spermatozoa yang matang dihantar ke epididymis,dan pangkal vas deferens dalam waktu 9-14 hari. Spermatozoa disimpan pada epydidimis dan pangkal vas deferens.

Angsamerah Penis Book Pocketful of Miracles 1

Kantung zakar memiliki sifat elastis dan otomatis. Bila suhu sedang gerah-gerahnya, kantung akan menggantung santai, memungkinkan testis menyejukkan diri. Semacam Air Conditioner alami. Sebaliknya bila suhu dingin, kantung akan mengkerut dan mengangkat testis mendekati tubuh supaya hangat. Jadi suhu dalam kantung tetap terpelihara.

Angsamerah Penis Book Pocketful of Miracles 2

Itulah sebabnya pemakaian celana ketat tidak dianjurkan bagi mereka yang membutuhkan kesuburan untuk meneruskan keturunan. Sebaliknya, bagi mereka yang sangat subur sehingga setiap tahun menambah tebal kantung dokter ahli kebidanan, pemakaian celana ketat dianjurkan sekali. Kontrasepsi pria alami. Pakailah celana menurut kebutuhan, demikian anjuran saya sendiri. Bila mode celana yang sedang popular mengharuskan memakai celana ketat hingga testis nyaris melejit, pertimbangkan dulu apakah anda masih harus meneruskan garis keturunan anda baik pada masa kini maupun masa depan. Jadi pertimbangkan lagi tawaran untuk membintangi film Superman, yang memakai celana dalam merah ketat, meskipun memakainya diluar celana.

Bagaimana dengan orang yang berbiji tunggal? Karena manusia, bukan kelapa, hal ini tentu harus ditinjau sebabnya. Apakah memang ia ditakdirkan demikian, atau disebabkan oleh suatu kelainan yang disebut Kriptokismus. Kriptorkismus adalah terhentinya proses penurunan satu atau kedua testis di suatu tempat antara rongga perut dengan kantung zakar.

Angsamerah Penis Book Pocketful of Miracles Cryptorchidism

Kriptokismus memiliki angka kejadian sekitar 3,4% hingga 5-6% pada saat bayi lahir. Pada bayi prematur angkanya mencapai 17%, sedangkan pada bayi dibawah 2000 gram mencapai 100%. Hal ini dapat diterangkan karena testis turun ke kantung zakar pada umur 7 bulan kehamilan atau 28 minggu. Ada 10% kasus dimana bahkan kedua testis tidak turun, dan 3-4% bahkan tak ditemukan adanya testis. Celakanya, keluhan testis tidak turun biasanya timbul karena pengamatan dari orangtua atau dokter belaka, dan bukan karena rasa nyeri. Jadi, karena bergantung dari pengamatan, telitilah buah zakar anak anda yang baru lahir. Bila tampak rata dan kecil, tidak membulat dan nampak dua tonjolan pada kantung, kriptokismus patut dicurigai.

Pada banyak kasus testis masih bisa turun sampai umur 6 bulan. Bila ridak juga turun setelah umur 6 bulan harus dilakukan pemberian hormon HCG. Jika testis tidak turun sampai umur dua tahun sebaiknya dilakukan penurunan testis dengan bantuan tindakan bedah.

Kriptokismus dapat menyebabkan ketidaksuburan atau infertilitas, dan keganasan atau kanker. Selain itu kelainan ini dapat menyebabkan torsi testis (testis terpelintir) dan hernia inguinalis atau scrotalis (turun berok istilah awamnya).

Biji tunggal juga dapat dijumpai pada mereka yang apes saat menderita gondongan atau mumps, juga menderita orchitis atau radang testis. Pada situasi ini, biasanya testis yang meradang kemudian rusak dan hancur terserap tubuh, sehingga tinggal satu biji tersisa.

Keganasan pada testis yang disebut seminoma dapat juga menjadikan seorang berbiji tunggal. Seminoma atau kanker pada tubulus seminiferus, membuat dokter mengajukan pertimbangan untuk mengangkat testis yang terserang dan meninggalkan testis yang sehat, karena dikuatirkan kanker menjalar.

Sementara penyebab lain testis tunggal adalah kelainan bawaan atau sejak dalam kandungan memang hanya terbentuk satu testis. Penyebabnya sangat bervariasi, salah satunya, menurut pengakuan seseorang pada saya, adalah bila sang ibu mengkonsumsi LSD. Sisa laskar Flower generation atau hippies? Bisa jadi!

Artikel Terkait

Buat janji dokter sekarang

Benign Prostatic Hypertrophy

Pembesaran Prostat

Kandidiasis

Andropause

Pesona Mulai Memudar?

Have you heard about Anal Pap Smear?

Layanan kesehatan seksual dan reproduksi bagi pria

The Rocky Horror Picture Show

The Penis Book 2, Menu

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.