Question #25603

views

7533

Akurasi rapid test hiv setelah 1 bulan tindakan beresiko

halo,
tanggal 7 april yang lalu saya melakukan hubungan beresiko dengan seorang terapis spa yaitu oral seks tanpa pengaman. lalu tepat seminggu kemudian saya merasakan beberapa gejala hiv seperti tidur berkeringat, pegal pada daerah dengkul  dan gatal-gatal. Pada tanggal 11 mei kemarin saya memberanikan diri untuk test rapid hiv dan hasilnya non-reaktif, yang saya ingin tanyakan adalah:
1. Apakah tes tersebut akurat? atau saya harus mengulangi tes tersebut?
2. Apakah gejala hiv berlangsung secara bersamaan atau perlahan? karena seminggu ini saya mengalami gejala pilek seperti hidung tersumbat dan sariawan

Terima Kasih

Answer

Salam mas, keluhan yang anda rasakan bisa juga terjadi saat mengalami infeksi virus flu, alergi yang bersifat seluruh tubuh, dan yang lainnya. Benar sekali bila anda memberanikan diri untuk melakukan test karena hanya dengan test dapat diketahui apakah seseorang terinfeksi virus HIV.
Tes tersebut tentu akurat pada saat itu. Bila anda menginginkan hasil terbaik tentu perlu untuk melakukan test di minggu ke 12 setelah perilaku berisiko tersebut.
Gejala HIV hampir tidak muncul di awal infeksi. Lebih banyak yang tidak mengalami keluhan apa-apa. Bila muncul, gejalanya sangat umum dan mirip dengan infeksi penyakit lain. Jadi tidak dapat dipastikan tanpa test HIV. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.