Question #25308

views

2253

alergi atau gejala hiv ?

Selamat pagi dok, saya seorang pria berusia 23 tahun. Sudah sebulan lalu saya mengalami gejala muncul ruam di kuli sampai hari ini. Saya melakukan aktivitas sex dengan kondom. tetapi, setelah saya ketahui di akhir aktivitas ternyata kondom saya sobek dan saya tidak menyadari akan hal itu. Saya konsultasikan dengan dokter untuk masalah ruam ini dan diagnosa hanya karena alergi dingin karena memang ruam saya muncul di pagi hari atau di malam hari. Ruam saya gatal dan sudah keluar sebelum saya melakukan kegiatan sex terkahir, terhitung 3 minggu lalu dok. Hanya setelah melakukan aktivitas sex, ruam saya menjadi lebih banyak di bagian tubuh seperti perut, paha, tangan, lengan, dan muka. Terkadang area di muka menjadi bengkak tertentu seperti di bibir atau mata, dok. Saya pikir ini hanya laergi, tetapi saya juga merasakan sakit tenggorokan dan batuk di malam hari, perasaaan gelisah di malam sehingga munculnya keringat di malam hari, dan nyeri otot setelah berenang. Tetapi saya tidak terkena demam yang tinggi. Pola tidur saya juga tidak teratur selama beberapa tahun ini dok dan sering begadang sampai sekarang.

Tolong dok, penjelasan antara alergi dingin dengan hiv. mungkin saja saya salah mengira ini hanya alergi atau memang ini hanya alergi karena pola hidup saya yang tidak sehat. Jika memang adanya indikasi saya terkena virus, saya siap untuk menjalani tes yang ada dok.
Terimakasih.

Answer

Salam mas, mohon maaf saya tidak bisa mendiagnosa berdasarkan cerita saja. Harus melihat dan memeriksa.
Kondom yang robek memang berpotensi terjadi penularan karena di area yang robek menjadi tidak terlindungi.
Untuk menjawab kegelisahan mas lebih baik dilakukan pemeriksaan test HIV. Bila anda mengalami alergi, perlu juga dilakukan test alergi untuk melihat penyebabnya sehingga bisa dihindari. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.