Question #25083

views

8569

Apakah arti dari hasil 0,5 non reaktif anti hiv?

Halo dok, saya mau bertanya sebentar sekitar 2 bulan yang lalu saya melakukan hubungan intim dengan seseorang, kita ber2 sepakat untung menggunakan kondom, tapi ada dimana saat bergesekan alat kemaluannya (penis) sempat masuk sedikit tetapi hanya di bagian opening / mulut anal saya. apakah itu termasuk tindakan beresiko? setelah 2 bulan kemudian, kelenjar getah bening saya yang di bawah mulut ada terasa sakit, lalu saya segera untuk cek HIV di rumah sakit terdekat. Hasilnya 0,5 non reaktif skala dari tes tersebut ( <1 non-reaktif dan >1 reaktif). yang saya ragukan, apakah test dari hasil 0,5 non reaktif itu mengartikan bahwa saya dalam fase beresiko virus hiv? dan apakah angka tersebut dapet naik lagi jika saya test ulang? mohon di jawab ya dok saya sangat khawatir sekali. Terima Kasih

Answer

Halo,
hubungan seks yang dilakukan meski tanpa melibatkan penetrasi kelamin (baik ke kelamin maupun ke anus) memiliki risiko penularan HIV. Hal ini dikarenakan penis sudah mengeluarkan cairan sebelum terjadi ejakulasi, yang disebut sebagai precum (cairan pre-seminal). Virus HIV bisa hidup dalam cairan ini, sehingga meskipun risikonya kecil, penularan HIV melalui kontak dengan cairan precum dapat terjadi.
Hasil tes HIV yang Anda lakukan menunjukkan hasil non reaktif. Terdapat berbagai macam jenis alat tes HIV dengan metode dan cara baca yang berbeda pula. Tes HIV yang Anda lakukan 2 bulan setelah melakukan hubungan seks berada dalam suatu periode yang disebut periode jendela penularan HIV. Periode jendela secara umum dikatakan sebagai masa 3 bulan setelah paparan terhadap kemungkinan infeksi HIV. Masa tiga bulan ini adalah masa paling awal biasanya untuk dapat mendeteksi apabila seseorang terinfeksi virus HIV. Meski risiko penularan yang Anda miliki kecil, ada baiknya Anda tetap melakukan tes HIV ulang satu bulan yang akan datang untuk memastikan status HIV.
Salam sehat.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.