Question #25112

views

650

Apakah harus tes ulang lagi?

Mlm dok sy Gunawan sy mau tanya  tadi sy tes Lab di puskesmas poli ims dan sy tdk tes darah cm di ambil   semple DAri mulut Mr P sy trz alhamdulillah hasilnya Negatif 2 minggu lalu sy berhubungan dgn tmn wanita sy utk yg pertama krna sy merasa takut krna dosa yg sy lakukan sy jd gelisah aplagi sy tdk menggunakan pengaman tp pas dijelaskan hasil tes Lab Nya sy tnya kpd org labnya apakah hrs tes ulang lagi katanya tdk perlu krna hasilnya bagus,  trz sy blng kan sy baru 2 mnggu lalu, apa virusnya sdh bs terlihat dia blng sdh aplgi sdh 2 mnggu sdh bs,  3 hr saja sdh terlihat bakterinya,utk tanda" 2 mnggu ini alhamdulillah sy normal" saja dok,  sy mohon pencerahanya dok ap benar sy tdk usah teslab lg krn sy dengar" 3 bln kuman atau virus hiv Baru bs klihatan terimakasih dok Slmt mlm

Answer

Hai Gunawan,
berdasarkan cerita yang Anda sampaikan, sepertinya Anda berharap dilakukan tes HIV oleh petugas di poli IMS. Tes HIV dilakukan menggunakan sampel darah yang diambil dari pembuluh darah vena kemudian dilihat reaksi antibodi dan antigennya.
Kemungkinan besar tes yang Anda lakukan di poli IMS dengan sampel dari mulut kelamin Anda adalah untuk melihat adanya infeksi menular seksual seperti gonorrhea. Infeksi bakteri yang terlihat dalam 3 hari pasca berhubungan seksual adalah bakteri yang menyebabkan keluarnya cairan kekuningan dari kelamin. Jika Anda tidak memiliki keluhan tersebut, maka Anda tidak mengalami infeksi menular seksual, dalam hal ini gonorrhea.
Bila Anda menginginkan untuk diperiksa status HIV nya, Anda perlu mengatakan secara spesifik tes yang ingin Anda lakukan pada petugas. Hal ini karena tidak semua puskesmas memiliki fasilitas untuk mendeteksi HIV, sehingga bisa saja Anda kemudian dirujuk ke layanan lain yang lebih lengkap.
Tes ulang untuk memeriksa status HIV dilakukan bila orang tersebut sedang berada dalam periode jendela. Artinya, orang tersebut melakukan cek HIV kurang dari 3 bulan setelah terpapar dengan kemungkinan infeksi HIV. Hasil tes non reaktif perlu dikonfirmasi dengan melakukan tes ulang 3 bulan setelah melakukan tindakan yang berisiko.
Informasi mengenai periode jendela dapat Gunawan baca di laman berikut: http://blog.angsamerah.dev2/?s=hiv+periode+jendela
Salam sehat.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.