Question #25190

views

1630

Apakah jika sering begadang dapap memperlambat pembentukan antibodi?

mau tnya.tolong bgt d jawab...saya tes hiv pada 3bulan duaminggu setelah peristiwa beresiko.dan hasilnya vct negative. tp pola hdup saya setiap mlm jarang tidur..apakh itu mempengaruhi hasil tes...apakah jika sering begadang dapap memperlambat pembentukan antibodi?apakah sering begadang dapat memperpanjang masa jendela?saya melakukan tes 3bln lbh 2 minggu.hasilnya vct negative.tp ada gejala hiv yg saya pernh bca sperti pembengkakan KGB.tolong jwb.pliss.mksh

Answer

Saya akan menjawab pertanyaan mas/mbak.
Benar begadang akan mempengaruhi kekebalan tubuh. Jadi bila sering begadang dan kurang istirahat, seseorang akan mudah sakit. Tetapi tidak mempengaruhi masa jendela. Yang mempengaruhi masa jendela adalah kontak beresiko terakhir. Begadang juga tidak mempengaruhi test tetapi jumlah virus dan antibodi yang terbentuk. Jadi bila sudah melewati masa jendela dan hasil test non reaktif berarti hasilnya memang tidak tertular virus HIV.
Kelenjar getah bening membesar tidak hanya disebabkan virus HIV. Ada banyak penyebabnya. Bisa karena infeksi atau keganasan. Untuk lebih jelasnya apa penyebab kelenjar getah bening anda, sebaiknya temui dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana dokter mendiagnosa keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.