Question #25714

views

1393

Apakah saya bisa kena hiv

Selamat sore dokter...
Dok bulan agustus sampai september saya pacaran dengan seseorang dan selama pacaran saya pertama kali melakukan yang nama nya hubungan seksual. Dan hal itu saya lakukan dengan dia tanpa kondom. Kemudian saya putus dari dia dan sampai saat ini saya tidak pernah melakukan hal itu lagi. Suatu saat saya tau bahwa dulunya sebelum pacaran dengan saya kalau dia adalah seorang Gay. Saya takut akan HIV. Akhirnya saya menanyakan status HIV dia. Dan bulan januari 2017 dia menunjukan hasil tes HIV nya yang negatif.
Dok saya takut sekali akan penyakit HIV, apakah saya bisa terkena HIV karna berhubungan seksual dg dia tidak pakai kondom.  Dan apakah saya harus tes HIV walaupun dia negatif hiv dan saya seumur hidup hanya melakukan hal beresiko itu dengan orang tsb.
Terimakasih dok...

Answer

Selamat siang. Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Melakukan hubungan seks tanpa kondom memang beresiko terinfeksi HIV, sebab hingga saat ini kondom bisa proteksi seseorang dari terinfeksi HIV.
Hasil test yang negatif harus dipastikan apakah pasangan anda sudah lewat window periode atau belum saat melakukan test. 
Mengingat anda pernah melakukan  perilaku beresiko dengan pasangan anda tsb. saat itu, anjuran saya anda juga test HIV agar anda tahu status HIV anda.
Semoga tanggapan saya ini membantu. Salam angsamerah

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.