Question #25291

views

532

Apakah saya perlu tes hiv ?

Selamat siang dok...saya ingin bertanya dok
Jadi gini...bulan februari 2016 saya tidak sengaja menyentuh darah seseorang tp saya juga tidak begitu yakin apakah saya benar2 menyentuh darah tersebut...yang kemudian jari saya itu langsung saya gunakan untuk makan (tanpa sendok). Saya juga tidak tahu apakah darah seseorang tsb terinfeksi hiv atau tidak. Tapi yang jelas setelah kejadian itu saya koq merasa frustasi sendiri..takut jngan2 darah yang mungkin tersentuh jari saya tsb dan mngkn juga telah masuk ke dalam tubuh saya krn waktu itu saya makan lngsung dengan jari2 saya...mungkin darah tsb telah terinfeksi hiv.
Apakah saya harus tes hiv dok...dan saya harus tes ke mana yg dijamin kerahasiaannya dan keakuratannya ?
Terima kasih

Ny. X

Answer

Salam ibu. memang darah menjadi media penularan HIV pada kulit atau mukosa yang tidak utuh atau memiliki luka sekecil apapun. Dan pemeriksaan darah menjadi satu-satunya cara mengetahui apakah seseorang terinfeksi HIV atau tidak. Jadi bila ibu ingin tahu apakah terinfeksi atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih saat ini sudah lewat masa jendela dari situasi tersebut.
Ibu bisa mencoba klinik angsamerah bila menginginkan hasil yang akurat dan rahasia. Namun fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan HIV seharusnya memiliki test yang akurat juga dan merahasiakan hasil yang didapat dari pemeriksaan.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.