Question #25777

views

2955

Apakah sudah aman saya?

Dok, sy pria umur 25 thn. Pada 22 April 2016 saya beresiko karena pernah menjilat Alat kelamin wanita pekerja. Setelah itu saya sudah tidak pernah melakukan hubungan lagi krn ketakutan akan hal tsb. Kemudian tanggal 28 July 2017 muncul indikasi spt keringat dingin pd malam hari selama seminggu, paha lemas bergantian, pikiran tdk fokus, dan muncul bercak merah tapi di dalam kulit (tidak menonjol dan tidak gatal), serta oral hairy / lidah jamur pd lidah. Kemudian sy melakukan test VCT di puskesmas tggl 3 Agustus 2017 dan hasilnya non reaktif, kemudian tggl 30 Agustus di RSUP dan hasilnya non reaktif, kemudian tggl 14 September di Lab prodia dan hasilnya negatif. Apakah saya perlu melakukan test lg? Saya berencana ingin melakukan test VCT lg di bulan awal November 2017.. Kondisi saya sekarang saat ini masih tdpt oral hairy di lidah tidak mengganggu dan tidak ada sariawan, bercak merah2 di dalam kulit (tdk begitu terlihat dan tdk gatal) serta bibir yang terasa kering terus, spt ingin dibasahin terus. Kira2 virus apa ya ini dok ? Saya berencana menikah pada thn 2018, sy takut kalo tiba2 pasangan saya terkena? Apakah sudah aman 100% atau perlu menunggu bbrp bulan lagi? Trima kasih

Answer

Selamat siang. Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Melihat kejadian aktivitas seks 22 April 2016, berarti sudah lewat window period. Pertama hanya dengan menjilat alat kelamin dan tidak terjadi penetrasi alat kelamin, resiko tertularnya sangat kecil atau tidak ada. Selain itu asumsi penanya sudah tidak melakukan perilaku beresiko lagi sesudahnya, artinya pemeriksaan tanggal 3 Agustus 2017, jauh melewati window period, yang artinya harusnya saat itu hasil non reaktif sudah hasil akhirnya.
Pemeriksaan sesudahnya di PSUP, lab Prodia hanya sebagai konfirmasi bahwa memang hasilnya non reaktif yang artinya tidak adanya virus HIV dalam tubuh penanya.
Gejala lain yang timbul, bisa memang karena ada penyakit, tapi bisa juga karena kekhawatiran yang berlebihan bukan karena ada virus HIV dalam tubuh penanya.. Menurut saya VCT dibulan November 2017 sudah tidak perlu lagi. Dan bila mau menikah tahun 2018 harusnya tidak jadi masalah, sebab virus tidak ada dalam tubuh penanya, kecuali dari awal hingga nanti 2018 penanya sempat melakukan hubungan intim tanpa gunakan pengaman.
Demikian jawaban saya, semoga ini dapat membantu. Salam angsamerah.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.