Question #25991

views

319

Artikel hoax seputar hiv

Salam, dokter. Saya wanita 22 tahun. Ingin menanyakan,

bagaimana pendapat dokter mengenai artikel - artikel seputar HIV yang kadang kurang bisa dipertanggung jawabkan isinya? Mengingat banyak sekali penderita hiv yg mungkin mencari informasi terlebih dahulu di internet sebelum melakukan tes VCT. Ada yg berpendapat bahwa tes VCT memiliki hasil yg tidak akurat. Atau pengobatan ARV yg sebenarnya tidak efektif untuk penderita hiv. Informasi2 semacam ini yang kemudian membuat pembaca menjadi bingung, termasuk saya. Sehingga memunculkan kekhawatiran tersendiri dan mempengaruhi aktivitas sehari hari. Jadi, informasi yg sebenarnya itu yg seperti apa dok? Mohon pencerahannya dokter.

Terimakasih.

Answer

Salam mbak, memang di dunia maya banyak sekali informasi dari berbagai macam hal. Namun sulit untuk memastikan kebenarannya bila tidak memiliki dasar pengetahuan dari sesuatu yang ingin kita ketahui. Oleh karena itu sumber yang terbaik adalah Journal pengetahuan yang baik seperti CDC, NJEM, Elsevier, dan yang lainnya. Atau bahan yang berasal dari badan kesehatan dunia (WHO) atau kemerterian Kesehatan. 
Bila sulit memahami bahan tersebut tentu sebaiknya menemui dokter yang berpengalaman di bidang tersebut. Pada kasus ini dokter di layanan HIV.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.