Question #25796

views

4718

arv dan tbc ( gatal dan timbul benjolan)

malam dok,
5 bln yg lalu saya memulai minum obat arv.. selama 2 minggu tidak trjadi reaksi apa2, namun waktu itu demam saya dan batuk2 tdk sembuh. setelah dilakukan serangkaian cek up, saya trdiagnosa tbc dan memulai utk minum obat tbc dgn jenis rifamphisin, inh, ethambutol dan pyrazinamid tp baru 4 hari minum obat tbc, timbul gatal2 disertai benjolan kemerahan dan mual2 hingga muntah.. akhirnya saya kembali ke dokter serta dirujuk utk melepas semua obat yg saya minum. setelah itu saya di tes hepatitis A, B dan C dan puji syukur semua negatif... lalu saya kembali memulai minum obat tbc nya dgn 3 jenis obat secara bertahap yaitu rifamphisin, inh dan ethambutol.. lalu obat tsb menimbulkan reaksi alergi yg cukup parah berupa gatal dan timbul benjolan kemerahan ditubuh saya. tp saya tdk trlalu pedulikan kembali. 3 minggu kemudian saya kembali memgonsumsi obat arv jenis fdc.... namun reaksi alergi tsb masih ada, tp saya tdk mau ambil pusing.. setelah pengobatan tbc saya masuk dalam tahap lanjutan, saya hanya diberikan tipe riphampisin dan inh dan bln ini akan memasuki bln ke5 saya. namun sering mengalami alergi tsb. walaupun tdak separah diawal2 diawal konsumsi obat tbc dan fdc. dan sudah beberapa hari ini saya mengkonsumsi obat anti alergi des loratadhine dan kl gatal sekali saya minum levocetrizine (sesuai dgn resep dokter kulit)
1. apakah obat2an seperti desloratadine dan levocetrizine dapat mengganggu kinerja dari obat arv dan tbcnya dok ? karena jujur saja jawaban yg diberikan oleh dokter kulit tsb katanya tdk trjadi kontradiktif tapi saya lihat dia ada keraguan dlm menjawabnya waktu saya tanyakan.
2. bisakah saya minum obat alergi tsb jika hanya gatal saja tapi kl tidak gatal, ya tdk saya minum ? krn saya khawatir kl nantinya akan trjadi resistensi obat.

3. saya akan melakukan medical check up rutin tahunan dr ktr. seperti tes darah lengkap dan tes urine. apakah nantinya akan ada positif palsu urine saya dok ?

4. jika nanti saya dinyatakan sembuh dr tbc, apakah ketika saya rontgen paru2 akan ketauan pernah trkena tbc ?

terima ksih dok

Answer

Salam mas/mbak, memang kadang obat TB dan ARV memberikan reaksi kemerahan sementara pada kulit. Bila dokter spesialis kulit menyatakan reaksi tersebut bisa diatasi dengan obat alergi, jadi sebaiknya tetap diteruskan. 

  1. Obat alergi desloratadine dan levocetirizine tidak mengganggu kerja ARV dan TB. Anda dapat bertanya juga pada dokter spesialis paru dan dokter yang meresepkan ARV untuk anda. 
  2. Kedua obat alergi tersebut memiliki efek kerja yang panjang. Anda bisa memilih salah satu untuk di konsumsi. Bila anda merasa keluhan yang ada tidak terlalu mengganggu bisa saja anda menghentikan obat alergi tersebut.
  3. Tes apakah yang anda maksud? Bila tes narkoba memang ada beberapa obat yang memberikan positif palsu terhadap suatu zat napza. Namun anda bisa menyampaikan obat yang anda minum pada petugas yang memeriksa. Namun tidak selalu positif palsu tersebut muncul. Anda bisa memeriksakan urine anda terlebih dahulu untuk melihat kemungkinan yang muncul. Bila hasilnya memang positif maka mintalah surat keterangan dari dokter yang merawat anda mengenai hal ini.
  4. Bila pengobatan sembuh sempurna tanpa meninggalkan bekas luka di paru-paru tentu tidak akan ada tanda anda pernah terinfeksi paru. Tetapi bila ada bekas luka dari infeksi tersebut maka ada jaringan parut (scar) di paru-paru yang terlihat. 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.