Question #27354

views

384

Ayah saya mengidap HIV

Halo dok, saya mau bertanya. Saya menemukan fakta bahwa ternyata papa saya mengidap HIV. Di keluarga saya hanya mama yang tahu kondisi papa. Tapi saya dan kakak sebenarnya sudah tau setelah curiga papa selalu minum obat dari lemari, dan kamar ortu sering dikunci, hingga saya memutuskan memberi tahu kakak dan bersama2 ke kamar ortu dan mencari obat tersebut dan tahu bahwa itu jenis obat ARV. Pertanyaannya, menurut dokter perlukah kami menanyakan keadaan papa sebenarnya ke mama atau kami harusnya bersikap seolah tidak tahu apa-apa. Jujur saya sedih melihat papa saya yang sulit tidur tiap malam, kini beliau sudah terlihat banyak kehilangan berat badan. Selain itu papa adalah perokok berat. Selama ini sudah sering melarang beliau merokok krn tau bahayanya seperti apa, tapi beliau tidak mau berhentii. Apakah juga ada saran terkait pola hidup seorang HIV perokok berat? Saya ingin rasanya membantu papa untuk bilang tidak apa-apa, bahwa kami selalu mendukungnya. Saya sedih mengingat betapa pekerja kerasnya papa saya dan tidak pernah sekalipun mengeluh dihadapan kami dan betapa saya melihat besarnya cinta mama ke papa dengan selalu bersama setia disisinya, selalu sabar dan selalu bertahan. Saya hanya berharap umur yang panjang dari papa dan mama saya hingga saya bisa membanggakan mereka dalam karir dan kehidupan saya nantinya. Saya ingin mereka bahagia dalam hari tua mereka. Saya scrolling membaca beberapa pertanyaan dan jawaban. Salute untuk ODHA dan para dokter angsamerah. Pesan teruntuk ODHA tetap semangat, kalian kuat! Tuhan selalu mengasihi dan ingat bahwa keluarga anda dan orang2 terdekat anda selalu mengasihi anda. Kiranya Tuhan selalu menguatkan kita semua terutama di situasi pandemi saat ini! Terimakasih.

Answer

Salam mas/mbak, terima kasih semangat anda bagi para ODHIV di manapun mereka berada, semoga anda juga tetap sehat dan semangat. 
ODHIV yang sudah melakukan pengobatan dengan benar, memiliki peluang seperti orang tidak dengan HIV. Beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu pola hidup bersih dan sehat dengan rutin berolah raga, makan makanan bergizi, istirahat cukup, kurangi rokok, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. 
Ada kalanya ODHIV belum bisa menerima statusnya karena rumor yang beredar di luaran. Perlu dukungan seluruh keluarga untuk membantu penerimaan ini agar mereka tidak menstigma diri sendiri. Bantu dengan memberikan berbagai informasi yang benar. 
Semoga ayah anda tetap sehat dan berumur panjang.

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Previous
Next

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.