Question #27248

views

440

Batuk Flu & Corona Virus

Siang, aku kemaeen baru cek VL dan CD4.
Aku mau tanya, aku nih kondisi lagi batuk dan agak pilek, tenggorokan gatal tapi tidak sakit nelen. Dengan kondisi skg dimana2 orang khawatir akan Corona, saya sbnrnya jadi was2, apa saya perlu cek Corona atau gak? Apa sebaiknya saya bedrest dulu dalam beberapa hari? Dan kapan saya harus merasa untuk cek ke RS? Dan apakah skg semua yg batuk pilek berati suspect Corona?
Tapi semisal saya harus cek, apa pihak RS harus saya beritahu kalau saya positif HIV dan minum ARV? Saya bingung, mohon pencerahanya.

Terima kasih

Answer

Salam mas/mbak, tidak semua gejala batuk, pilek dan sakit tenggorokan akan didiagnosa sebagai infeksi COVID-19. Adanya riwayat kontak atau datang dari atau tinggal  di zona merah, area yang paling banyak penderita COVID-19, menjadi perhatian khusus karena ada kemungkinan terinfeksi. Ada berbagai kriteria untuk menentukan seseorang terinfeksi COVID-19 ini. 
Bila memang anda harus periksa, memang sebaiknya terbuka mengenai status HIV dan pengobatannya agar bisa diberikan penanganan yang lebih tepat terkait interaksi obat yang mungkin diberikan.
 

Buat janji dokter sekarang

Artikel Populer

Memahami hasil Pap Smear

Bagaimana Dokter Mendiagnosa Keputihan?

Seks, Seksual dan Seksualitas

HIV dan Nutrisi

Kondom Wanita

Demam, Gejala atau Penyakit?

Sebelumnya
Selanjutnya

Hubungi Kami

Silahkan gunakan formulir ini kapan saja untuk menghubungi kami dengan pertanyaan, atau untuk membuat janji.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp atau telepon pada jam klinik di +62 8111 368 364.